0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Penginapan Ramah Lingkungan adalah penginapan yang hampir semua menggunakan unsur alam dan penggunaan bahan daur ulang.

Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia. Kalimantan juga memiliki kelengkapan pada flora dan faunanya, ratusan ribu tumbuhan dan hewan yang dapat ditemui di Pulau Kalimantan ini. Karena memiliki hutan yang lebat serta banyak tumbuhan yang hidup dengan subur, Kalimantan juga menjadi paru-paru bagi dunia.

Pulau Kalimantan ini memiliki potensi tempat wisata yang menawarkan keindahan alamnya dibandingkan pulau-pulau lain di Indonesia. Apabila ingin berkunjung ke Kalimantan hendaknya memilih penginapan yang nyaman dan lebih menyatu dengan nuansa alamnya seperti berikut ini.

 

Samboja Lodge

Samboja Logde adalah salah satu  tempat yang pas untuk menginap dengan suasana alamnya yang sangat memukau. Penginapan ini berada di Balikpapan, Kalimantan Timur. Semua material bangunan yang digunakan Samboja Logde menggunakan kayu-kayu yang runtuh dari pohon.

Setiap kamar menghadap hutan, hutan tersebut adalah hutan konservasi orangutan. Terkadang pengunjung yang menginap beruntung karena dapat melihat orangutan bergelantungan diatas pohon. Penginapan ini juga menyuguhkan kegiatan alam, diantaranya interaksi langsung dengan beruang madu dan orangutan serta wild trekking.

Masuk ke dalam kamar, mata kita akan disuguhkan dengan berbagai arsitektur yang bernuasa khas suku Dayak. Selain bangunan yang terbuat dari kayu-kayu pohon, semua furniture yang berada dikamar terbuat dari kayu bekas yang didaur ulang.

Karena lokasinya penginapan ini terdapat di dalam hutan dan dekat dengan konservasi orangutan, penginapan tersebut memiliki klinik khusus hewan untuk menjaga serta melindungi beberapa hewan langka terutama pada orangutan. Pengelola penginapan juga menanam beberapa pohon buah dan tanaman bunga di sekitarnya.

Sebelum dibuka untuk umum, Samboja Logde hanya tempat penginapan yang disediakan untuk para peneliti dan relawan.Makanan yang disediakan di penginapan ini juga diambil dari hasil hutan Kalimantan.Untuk menginap di penginapan ini akan dikenakan biaya sebesar 1.550.000 – 3.000.000 /malam.

penginapan ramah lingkungan

Samboja Lodge

 

Maratua Paradise Resort

Jika Anda tidak begitu suka dengan pemandangan hutan belantara yang di sajikan oleh Samboja Logde, Anda bisa memilih penginapan bernuasa pemandangan tepi pantai atau tengah laut. Pemandangan tepi pantai atau tengah laut, ini akan Anda dapatkan di Maratua Paradise Resort.

Maratua Paradise Resort berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Bengunan dari Maratua Paradise Resort terbuat dari kayu ulin dan berbagai kayu pohon lainnya. Pengunjung yang datang akan disajikan pemandanga hamparan birunya air laut dan ikan-ikan yang berenang.

Di Maratua Pradise Resort pengunjung yang akan menginap bisa memilih antara dua pilihan kamar, yaitu tipe kamar yang berada di tepi pantai atau tipe kamar yang berada di tengah laut.

Tipe kamar di tepi pantai, Anda akan disuguhkan pemandangan sunset dan deburan ombak yang menghampiri ketika menjelang sore hari. Dan untuk tipe kamar tengah laut, Anda akan disuguhkan pemandangan hewan-hewan bawah laut, seperti ikan-ikan dan penyu.

Tidak jauh berbeda dengan Samboja Logde, Maratua Paradise Resort juga menggunakan furniture yang terbuat dari kayu-kayu pohon.

Untuk mengurangi penggunakaan air bersih, Maratua Paradise Resort  ini hanya penyediakan air payau untuk keperluan mandi dan mencuci. Untuk menu makanan, Maratua Paradise Resort juga menyediakan menu makanan hasil laut, dihasilkan dari kepulauan Derawan.

Kepulauan Maratua ini juga termasuk kepulauan yang memiliki keanekaragaman hayati terlengkap, setelah Raja Ampat. Untuk menginap di Maratua Paradise Resort Anda akan dikenakan biaya sebesar 900.000/malam.

Tidaklah mudah menjaga dan merawat alam ini, terutama untuk menyajikan pemandangan alam yang sesungguhnya pada sebuah penginapan. Karena perlu adanya dukungan dari warga dan pengunjung untuk selalu merawat dan menjaga yang ada di sekitar.

Kedua penginapan ramah lingkungan  tersebut bisa menjadi inspirasi untuk merencanakan liburan  eco-friendly  Anda jika  suatu waktu berencana berlibur ke pulau Kalimantan.

penginapan ramah lingkungan

Maratua Paradise Resort

 

Bagikan ini: