Soul Salon adalah tempat yang menginspirasi di mana desainer, merek, dan pemilik toko berkumpul dan berbagi semangat untuk desain dan mode yang berkelanjutan. Apakah kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan? Tentu saja tidak. Soul Salon telah mengubah visi ini menjadi kenyataan. Sebagai pameran perdagangan mode internasional di Amsterdam, pameran ini memiliki fokus khusus pada keberlanjutan dan berbagi tren masa depan industri. Acara ini diadakan setiap dua tahun yaitu bulan January dan July yang diselenggarakan oleh Dutch Sustainable Fashion Week.
Pada tanggal 21 dan 22 Januari 2018 beberapa bulan yang lalu, edisi kedua pameran dagang yang berbasis di Amsterdam tersebut berlangsung. Pameran ini berfokus pada tren masa depan dan mode berkelanjutan. Selain itu, pameran ini dirancang untuk menawarkan inspirasi pengecer mengenai perkembangan saat ini di pasar fashion dan ritel.
Informasi dan Latar Belakang dari Pameran Soul Salon
Acara ini lebih dari sekadar pameran fashion yang berfokus pada mode berkelanjutan.Acara ini juga menawarkan lebih dari sekadar pengalaman pameran dagang. Mereka akan memastikan Anda akan benar-benar terinspirasi oleh ‘tampilan di masa depan’ yang diberikan kepada Anda selama pameran. Tidak hanya di industri fashion, tetapi juga di bidang inspirasi bagaimana toko ‘hijau’ tersebut. Soul Salon tidak dapat diakses oleh konsumen tapi hanya untuk retailer dan pembeli profesional.
Sebagai inisiator yaitu The Dutch Sustainable Fashion Week, mereka memiliki jaringan besar terhadap daftar retailer, merek fesyen dan orang-orang penting lainnya dalam bisnis fashion berkelanjutan. Ini memungkinkan mereka untuk memperkenalkan acara ini pada tingkat tinggi dan terhubung dengan rekan-rekan yang lain.
Acara ini bertujuan menjadikan keberlanjutan sebagai tema penting bagi peritel fashion. Para retailer memainkan bagian penting dalam proses transformasi industri fashion menuju model bisnis yang lebih berkelanjutan. Namun, saat ini, mereka dibatasi pengaruhnya oleh beberapa faktor namun mereka yakin bahwa mode berkelanjutan akan berada di seluruh retailer terkemuka.
Apa Pesan Soul Salon Kepada Dunia?
Desain berkelanjutan mengikuti semua tren terbaru dan mereka ingin menginspirasi pengecer dalam bergerak menuju model bisnis yang berkelanjutan. Itulah sebabnya mereka melakukan penelitian tentang cara memberdayakan dan memengaruhi pilihan pengecer. Berdasarkan itu, mereka membuat pilihan kritis dan inventif tentang program pameran dagang, pilihan merek dan produk yang di sajikan.
Soul Salon berlangsung di Westergasfabriek, tempat yang juga menjadi tempat Amsterdam Fashion Week dan Amsterdam Denim Days. Pembicara tahun ini adalah: Ellen Mensink, pendiri Brightloops; Ellen Haeser, trendwatcher dan konsultan mode dan Chanel Trapman, seorang blogger mode.
Selain diskusi, terdapat diskusi panel yang mencakup Linnemore Nefdt, konsep mode melingkar dan konsultan desain; Lotte Schuurman, Fair Wear Foundation; dan Feico van der Veen, pendiri Polylana and Summit Company. Pada 21 Januari, Soul Salon telah menyelenggarakan Storytelling Awards sebagai bagian dari pameran dagang.
Lebih dari 100 merek fashion yang berkelanjutan telah dipamerkan di pameran Soul Salon, termasuk: Anitpode, By Biek, Elements of Freedom, Granny’s Finest, Hobo Shoes, Komodo, Miab Jewels, RioDesign, Swedish Stockings, dan Zazu Amsterdam.
Acara ini memulai debutnya pada bulan Juli 2017 dengan 60 merek yang berpartisipasi di dalam acara ini. Pameran dagang mode berkelanjutan didirikan oleh Cécile Scheele, yang juga menjabat sebagai Direktur Kreatif. Soul Salon diselenggarakan oleh Powering Sustainable Fashion, inisiator Dutch Sustainable Fashion Week dan Dutch Retail Experience Awards dan pemilik platform InspiringStories.nl, agensi Goodbrandz, dan konsultan MSL Fashion Forward. Sunguh acara yang menginspirasi dari para penggerak dalam dunia fashion yang makin marak di seluruh penjuru dunia.



