0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Dr. Anna Brismar adalah pendiri dan pemilik Green Strategy, sebuah perusahaan konsultan yang mengkhususkan diri dalam isu-isu circular dan keberlanjutan dari industri mode, pakaian dan tekstil dalam skala global.

 

Ia juga adalah pendiri dan pengembang dari Circular Fashion Framework dan pengembang dan pemilik platform online terkemuka circularfashion.com, yang merupakan platform pertama yang didedikasikan secara eksklusif untuk isu-isu circular dari fesyen, pakaian dan industri tekstil. Selain itu, ia adalah pendiri dan kepala Circular Fashion Network, jaringan internasional profesional yang bekerja dengan isu-isu circular dan keberlanjutan yang berkaitan dengan fashion, pakaian dan tekstil.

 

Sebagai kepala dan pemilik dari green strategy atau strategy hijau, Dr. Anna Brismar menawarkan layanan konsultasi berkualitas tinggi dan saran yang disesuaikan untuk merek fashion, perusahaan pakaian, rantai internasional, dan organisasi tekstil tentang cara mengembangkan, memajukan dan mengkomunikasikan perusahaan mereka secara keberlanjutan.

 

Anna Brismar Dan Latar Belakang Pendidikan

Secara keseluruhan, Anna memiliki lebih dari 15 tahun pengalaman sebagai konsultan dan peneliti di bidang lingkungan dan keberlanjutan. Sebelum mendirikan Strategi Hijau pada tahun 2012, Anna bekerja sebagai konsultan keberlanjutan untuk berbagai organisasi internasional, seperti Bank Dunia, Institut Air Internasional Stockholm Stockholm Environment Institute dan Parlemen Eropa. Selain itu, ia memiliki pengalaman penelitian internasional dari Stockholm Environment Institute di York, Inggris, dan Austria.

 

Anna memiliki gelar Ph.D. di bidang interdisipliner air, lingkungan dan pengembangan di Universitas Linköping, Swedia. Sebelum itu, ia mengambil gelar Master (MSc) Biologi di Stockholm University yang berfokus pada masalah sumber daya air di negara-negara berkembang.  Dalam beberapa tahun terakhir ia juga mempelajaari manajemen lingkungan dari berbagai universitas di Stockholm.

 

Anna Brismar dan Tiga Kondisi Dalam Dunia Fashion

Ia menegaskan bahwa sebagai konsumen kita dapat memengaruhi merek fesyen untuk maju ke arah yang lebih berkelanjutan. Ketika menghadapi sisi buruk dari industri fesyen, akan sangat mudah untuk merasa putus asa dan Anda ingin berteriak: “Apa yang harus kita lakukan?”.  Ia menyarankan untuk mengembangkan industri mode yang lebih berkelanjutan, baik produsen maupun konsumen perlu mengambil tindakan untuk mendukung praktik bisnis yang benar dengan mengubah pola pikir dan perilaku saat ini.

 

Pada dasarnya, tiga kondisi utama perlu diciptakan oleh perusahaan fesyen dan pakaian jadi untuk mendukung praktik konsumsi yang lebih berkelanjutan.

 

Pertama, konsumen harus diberikan pilihan untuk mengakses lebih banyak produk dan layanan yang lebih berkelanjutan dan melingkar. Idealnya, merek fashion harus menjual dan hanya menyediakan pakaian, aksesori, dan sepatu yang telah diproduksi dengan cara yang lebih berkelanjutan dan melingkar dari perspektif lingkungan, sosial dan etika.

 

Dalam praktiknya berarti produk-produk fashion yang telah dirancang, bersumber, diproduksi, diangkut dan dipasarkan secara keberlanjutan dan melingkar. Sebagai contoh, produk sebaiknya mengandung hanya bahan organik, biodegradable, dan dapat didaur ulang. Hindari menggunakan serat sintetis yang tidak dapat terurai.

 

Kedua, konsumen harus didorong untuk menyewa pakaian, aksesoris dan sepatu, atau membeli barang bekas, daripada membeli  barang yang baru diproduksi. Selain itu, konsumen harus diberikan pilihan untuk perbaikan dan barang-barang yang dibuat khusus berdasarkan pesanan. Pilihan untuk membeli fashion-on-demand saat ini hanya tersedia di beberapa toko di Swedia, tetapi kemungkinan besar akan menjadi penawaran bisnis utama di masa depan.

 

Ketiga, konsumen perlu diberi pengetahuan lebih dalam mengenai proses produksi dan rantai pasokan secara keseluruhan. Untuk tujuan ini, merek fashion harus bekerja untuk menciptakan transparansi yang jauh lebih besar sebagai bagian dari bisnis mereka. Misalnya, daftar pemasok dengan nama dan alamat pabrik harus dapat diakses secara online dan di toko-toko.

 

Perjuangannya dalam dunia fashion  yang berkelanjutan sehingga pada bulan April 2017, Anna Brismar dianugerahi penghargaan sebagai “Salah Satu dari 101 Profesional Keberlanjutan Paling Kuat di Swedia” oleh organisasi Swedia Aktuell Hållbarhet, sebuah platform berita pendidikan dan profesional tentang keberlanjutan di Swedia.

 

anna brismar anna brismar anna brismar anna brismar anna brismar

Bagikan ini:
error: Content is protected !!