0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

“I had just started working and one evening  I came back from one of the double shifts that I was doing. I had this wonderful lady who was choreoraphing my song, Saroj Khan. I came and said,” Uff, more work, Saroj.” Then she told me a very simple truth. She said – “Never say that. You should always be working because if  you are a worker and if you like work, you should never complain about too much work because it’s really worse when  you don’t have that. So, cherish it right now.”

Shah Rukh Khan –  Indian actor and television personality who works in Hindi films.

 

Beep.

“Bu Sarah, tolong check email ada turun PO   untuk satu store.

Saat membuka email dari distributor, mata saya terbelalak akan jumlahnya.

“Satu store tapi cabangnya banyak dan  cuma kasih deadline 3 hari dari tanggal turun PO, bu Sarah.”

 

Beberapa jam kemudian, another beep.

“Bu Sarah, barusan saya email PO tambahan. Total tiga premium stores ini kasih deadline 3 hari.”

 

Perasaan bahagia bercampur takut, pertanyaan di hati kecil terus berkecamuk, apakah mampu perusahaan baby seperti saya menghandle semuanya ?  Akhirnya  mengiyakan karena mereka sudah memberikan kepercayaan dan saya tidak boleh mengoyak trust tersebut.

 

Sejenak berdiri terpaku tidak tahu harus berbuat apa. Saat tersadar , saya berlari-lari memeriksa jumlah Dutch cultured butter yang telah selesai dibuat dan semua kelengkapan packaging.

 

Raut wajah panik saat mengetahui jumlah jar hanya tinggal beberapa box dan harus segera pick up stock baru ke pabriknya yang nun jauh di sana.   Keesokan sorenya, saat sedang packing, stock label ternyata tidak mencukupi. Saya segera memesan tambahan via ojek  instant sehingga bisa tiba esok hari.

 

Setelah  paket dibuka  ternyata salah print file. Mulai dari kepala pusing, kurang tidur, jam makan dua hari tidak teratur hingga rasa lelah dan stress menumpuk jadi satu.  Secepat kilat saya menghubungi seller-nya untuk complain karena deadline tinggal hitungan jam.

 

Setelah di check ternyata kesalahan pada staffnya dan  akan mengirimkan label baru free of charge sore ini, saya cukup membayar ojek instantnya saja.  Walau pun stress dan emosi melanda, saya tidak akan pernah abuse power, siapa pun bisa berbuat kesalahan, termasuk saya.  Label yang salah cetak saya  anggap sebagai ongkos belajar dalam stress management.

 

Sambil menunggu label datang, saya terduduk di lantai karena badan gemetar dipenuhi rasa letih. Walau pun semua pasukan sudah turun tetap saja saya  kelimpungan.

“Aduh Malik , PO turunnya bareng, jar sempat kurang  dan sekarang malah salah kirim label pas injury time. Maaf yah, kita semua jadi lembur sampai  malam.” Tak terasa air mata saya mengalir dari pelupuk mata dan semakin deras menetes.

 

Alhamdulillah bu Sarah, lebih baik capek karena kebanyakan order.” Malik tersenyum dan tetap penuh semangat walau pun peluh terlihat dari pelipisnya.

Sebaris kata yang keluar dari bibirnya membuat saya tiba-tiba teringat akan kisah saat  duduk menemani anak-anak surfing di salah satu pantai di Jawa.

 

Salah satu surfing coach terpaksa kembali ke kampung halamannya karena di Bali sepi, padahal sebelum pandemic ia adalah salah satu coach yang paling populer. Sekarang walau pun harga sudah diturunkan tetap tidak ada murid.

 

“ Mas, semoga pariwisata pulih yah dan bisa kembali ke Bali.”

“Iya bu, dulu saya sering complain kecapekan karena  pekerjaan menumpuk, tapi ternyata jauh lebih enak capek karena kerja daripada capek tidak ngapa-ngapain.”

 

Sepenggal kisah tersebut membuat saya tersentak untuk  berhenti  mengeluh. Bukankah segala rezeki yang ceruknya ingin diperbesar akan selalu datang  bersamaan dengan tantangan yang  juga diperbesar?

 

 

 

Jika lelah sebaiknya beristirahat sejenak, namun saya tidak boleh larut dalam keluhan. Ada lelah yang berharga bahkan dipuji oleh Allah  salah satunya adalah lelah dalam bersusah payah mencari nafkah.

 

Dear me, yakinlah bahwa bersama kelelahan yang tak ada habisnya  ada limpahan rezeki penuh berkah.  Saya juga tak boleh menawar jika rezeki datang  bersamaan bagaikan air bah. Tinggal bagaimana saya belajar untuk meninggikan kemampuan untuk menjemputnya hingga pada akhirnya rasa syukur akan selalu berkumandang di relung hati.

 

Complaining is not a strategy.You have to work with the world as you find it, not as you would have it be.”

Jeff Bezos – The founder and CEO of Amazon

May 24th, 2022

Bagikan ini:
error: Content is protected !!