0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Tidak ada nama lain yang lebih terkait dengan Hari Bumi dibandingkan dengan Gaylord Nelson. Nelson lahir di Clear Lake, Wisconsin, Amerika Serikat pada tanggal 4 June, 1916 dan wafat pada tanggal 3 Juli 2005.

 

Pada tahun 1939, ia mengambil jurusan Ilmu Politik di Universitas San Jose di San Jose, California kemudian pada tahun 1942, ia menerima gelar LLB dari University of Wisconsin Law School di Madison dan akhirnya bisa mempraktekkan ilmunya di bidang hukum. Dia juga bertugas di Angkatan Darat Amerika Serikat.

 

Setelah kembali dari Perang Dunia II, Nelson memulai karier sebagai seorang politisi dan aktivis lingkungan hidup yang terus di geluti sampai akhir hidupnya. Sebagai seorang gubernur  dari Wisconsin, ia menciptakan Program Rekreasi luar ruang yang menyelamatkan sekitar satu juta hektar taman di daerahnya. Dia berperan dalam pengembangan sistem jalur nasional termasuk Appalachian Trail.

 

Nelson juga membantu  perjuangan Wilderness Act, Clean Air Act, Clean Water Act, dan legislasi lingkungan landmark lainnya. Dia mungkin paling dikenal sebagai pendiri hari Bumi, yang telah menjadi perayaan internasional untuk lingkungan hidup di seluruh dunia.

 

Gaylord Nelson Pejuang Lingkungan

Setelah pemilihannya ke Senat pada tahun 1962, Nelson menemukan fakta bahwa gedung putih tidak memiliki agenda politik dalam hal  lingkungan meskipun banyak masalah nasional yang mendesak.

 

Nelson segera memulai perjuangan untuk menempatkan masalah lingkungan sebagai bagian dari politik gedung putih dengan memanfaatkan pengalamannya sebagai “Gubernur Konservasi” dari Wisconsin.

 

Selama kampanye pemilihan kembali pada tahun 1968, Nelson dipuji oleh Vince Lombardi. Lombardi adalah seorang manajer umum dan mantan pelatih Green Bay Packers. Menurut Lombardi , Nelson dianggap sebagai “konservatoris nomer pertama untuk bangsa” di sebuah pesta di Oshkosh.

 

Namun kampanye Nelson mengubah pidato Lombardi menjadi iklan kampanye radio dan televisi, menyinggung Lombardi, Partai Republik Wisconsin, dan istri Vince Lombardi yaitu Marie, yang adalah seorang Republikan yang gigih.

 

Meskipun Nelson dikenal terutama untuk pekerjaan lingkungannya, Nelson juga merupakan pendukung konsumen terkemuka, juga pendukung kuat hak-hak sipil dan kebebasan sipil.

 

Pada tahun 1970, Nelson menyerukan sidang Kongres tentang keamanan pil kontrasepsi oral kombinasi, yang terkenal dengan sebutan “The Nelson Pill Hearings.” Sebagai hasil akhir dari dengar pendapat, pengungkapan efek samping pada pasien yang mengkonsumsi pil . Ini adalah pengungkapan pertama  mengenai efek samping untuk obat farmasi.

 

Nelson juga seorang pendukung terhadap bisnis kecil. Sebagai seorang ketua Komite Bisnis Kecil Senat, ia memimpin upaya sukses untuk mengesahkan Konferensi Gedung Putih modern pertama tentang Usaha Kecil. Selain itu ia juga menciptakan sistem Pusat Pengembangan Usaha Kecil di universitas Amerika Serikat, dan meningkatkan cara agar agen federal dapat mengatur bisnis kecil lainnya.

 

Gaylord Nelson pencetus hari Bumi

Pada tahun 1969, ide dari “hari nasional untuk lingkungan”  yang di kenal sekarang sebagai hari bumi di adakan pertama kali pada  22 April 1970 . Perayaan hari bumi ini membawa tekanan publik yang signifikan pada Washington DC sehingga pada akhirnya mereka membuat agenda lingkungan nasional.

 

Upaya Nelson berhasil menandai dimulainya era undang-undang federal yang berani dan pertumbuhan gerakan lingkungan modern. Ia adalah tokoh terkemuka dalam perang melawan degradasi lingkungan dan ketidakadilan sosial pada abad ke-20.

 

Jasa Gaylor Nelson terhadap lingkungan sangat banyak termasuk perjuangannya agar hari bumi menjadi peringatan internasional diseluruh dunia.

 

gaylord nelson gaylord nelson gaylord nelson gaylord nelson gaylord nelson

Bagikan ini:
error: Content is protected !!