0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Mark Angelo, CM OBC lahir pada tanggal 14 Maret 1951. Ia adalah seorang konservasionis sungai dari Kanada, penulis, pembicara, guru dan juga seorang pendayung. Ia adalah pendiri dan merupakan ketua dari BC Rivers Day dan World Rivers Day.

 

Pada tahun 2009, Angelo ditunjuk sebagai ketua dari Rivers Institute di British Columbia Institute of Technology (BCIT) dan sebelum itu, ia adalah kepala Program Ikan, Satwa Liar, dan Rekreasi yang lama di BCIT. Angelo telah menerima penghargaan yaitu Orde British Columbia dan Orde Kanada sebagai pengakuan atas upaya pelestarian sungai yang telah di lakukannya.

 

Pada tahun yang sama, ia dianugerahi gelar doktor kehormatan dari Simon Fraser University karena jasanya telah melakukan konservasi sungai baik secara lokal maupun global. Angelo lulus dari Universitas Montana, dan kemudian pindah ke Vancouver, British Columbia.

 

Mark Angelo dan Pengabdiannya Terhadap Sungai

Dia terlibat dalam berbagai inisiatif konservasi dan pemulihan sungai termasuk memulihkan aliran sungai di kota yang rusak parah seperti Guichon Creek di Burnaby dan Still Creek di kota Vancouver. Pada awal tahun 2000, dia terlibat dalam pembersihan Britannia Creek hingga akhirnya pada tahun 2011 ia bisa melihat salmon kembali untuk pertama kalinya ke sungai tersebut setelah satu abad lamanya tak pernah terlihat.

 

Beberapa tahun yang silam yaitu pada  bulan September 1980, Angelo menyelenggarakan pembersihan besar-besaran Sungai Thompson di bagian selatan dari British Columbia. Acara ini kemudian dikenal sebagai BC Rivers Day.

 

Kemudian  pada tahun 2005, Angelo membantu menyiapkan perayaan Hari Sungai Dunia yaitu sebuah acara tahunan yang di rayakan pada hari Minggu terakhir pada bulan September. Hari ini dirayakan oleh jutaan orang di lebih dari 60 negara di dunia.

 

Angelo telah melakukan perjalanan ke ratusan sungai di dunia termasuk Zambezi, sungai Nil, Mekong, Amazon, dan Yangtze. Selama empat tahun yaitu dari tahun 2003 hingga 2007, ia menjadi tuan rumah program online National Geographic, “Riverworld; perjalanan pribadi ke sungai terliar di dunia”.

 

Setahun kemudian, pada tahun 2008, ia meluncurkan program tindak lanjutnya, Wild Water, Wild Earth, dengan melakukan presentasi di seluruh daratan Amerika Utara.

 

Pada tahun 2011, Mark melakukan koordinasi sehingga berhasil melakukan konser utama Water for Life di Burnaby, BC, Canada yang juga difilmkan oleh Global TV dan di tayangkan sebagai salah satu acara utama. Acara ini berfokus pada pentingnya semua sungai dan kebutuhan untuk menjadi penjaga air yang baik di mana pun kita hidup. Asal usul acara ini berasal dari pengalamannya di Lembah Sungai Omo di Ethiopia pada tahun 2010. Semua hasil dari konser Air for Life di berikan untuk pembersihan air dunia.

 

Mark Angelo dan Kecintaannya Terhadap Sungai

Mark pensiun dari BCIT pada tahun 2011 di mana ia diberikan penghargaan prestasi seumur hidup dari Alumni BCIT dan bernama Honorary Chair Emeritus dari BCIT Rivers Institute. Pada tahun yang sama, ia mendapatkan Penghargaan oleh Yayasan Real Estate British Columbia.

 

Pada tahun 2012, Kota Burnaby menghormati Mark dengan menamai sungai lokal sesuai dengan namanya. Pada tahun 2014, ia diabadikan di Fraser River Hall of Fame pada acara gala di Fraser River Discovery Center dan mendapatkan penghargaan Barsby untuk pencapaian seumur hidup, penghargaan tertinggi yang diberikan oleh 40.000 anggota BC Wildlife Federation.

 

Pada tahun 2015, Mark dinobatkan sebagai  salah satu penjelajah modern terbesar di Kanada oleh Canadian Geographic. Pada akhir tahun 2016, Mark menyelesaikan film RiverBlue, yang menceritakan perjalanannya selama tiga tahun di mana ia menemukan dan mendokumentasikan dampak polusi yang luas dari industri fesyen. Film yang di buat oleh Mark Angelo ini dipuji karena meningkatkan kesadaran publik tentang masalah yang penting karena upayanya untuk membuat industri fashion agar lebih berkelanjutan dan etis.

 

Pada musim gugur tahun 2017, Mark melakukan perjalanan di sepanjang Sungai Tijuana dari Meksiko ke California mendokumentasikan masalah polusi lintas batas sebagai subjek utama. Fitur berita kemudian memenangkan Emmy Award 2018. Mark Angelo terus mendukung dan membimbing kelompok konservasi sungai yang telah terbentuk, serta orang-orang muda yang berkepentingan dengan konservasi sungai.

 

mark angelo mark angelo mark angelo mark angelo

Bagikan ini:
error: Content is protected !!