0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Di usianya yang masih 17 tahun, Delaney Anne Reynolds yang berasal dari Miami, Florida sudah mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk kepentingan lingkungan hidup, tidak hanya di sekitarnya tapi juga sudah memberikan dampak positif yang lebih besar.

 

Seperti kita ketahui, untuk di negara kita sendiri dalam sehari ada sekitar 10 juta lembar kantong plastik yang digunakan oleh penduduk Indonesia. Artinya, ada sekitar 10 miliar lembar kantong plastik dalam setahun yang menjadi sampah dan tidak di daur ulang.

 

Sayangnya masih banyak penduduk Indonesia yang tidak peduli terhadap lingkungan  padahal kalau kita cermati, plastik konvensional butuh waktu lebih lama sampai ratusan tahun untuk diuraikan. Memang perlu di akui banyak kemudahan yang diberikan oleh kantong plastik, tapi jika tidak dikendalikan akan berdampak buruk bagi planet dan Indonesia khususnya.

 

Pemerintah perlu mengubah perilaku masyarakat dengan berbagai cara. Cara pertama yang dilakukan pemerintah adalah mendorong masyarakat untuk menerapkan 3R, yaitu reduce, reuse dan recycle. Solusi yang kedua, pemerintah juga perlu mensosialisasikan bank sampah dan menunjukkan bahwa sampah juga mempunyai nilai ekonomis. Yang ketiga, dengan membuat kebijakan kantong plastik berbayar yang akhir-akhir ini telah diterapkan di banyak pusat belanja terutama di kota-kota besar.

Namun kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah akan berakhir sia-sia apabila masyarakat Indonesia, terutama generasi mudanya tidak peduli dan ingin bergerak untuk melindungi alam Indonesia yang indah ini.

 

Generasi muda adalah tumpuan pemerintah,  kalau dari yang muda sudah peduli terhadap lingkungan, kebijakan pemerintah akan berdampak dan memberi pengaruh yang baik.

 

Hal lain misalnya kebiasan buruk masyarakat Indonesia yang masih membuang sampah sembarangan perlu dan bisa diubah. Orang Indonesia adalah bangsa yang berbudaya sehingga dalam skala kecil, masyarakat terutama generasi muda sudah mulai memilah sampah dan sudah merasakan manfaat dari memilah sampah tersebut.

 

Generasi Muda Teladan : Delaney Anne Reynolds

Salah satu generasi muda yang perlu di teladani adalah Delaney. Ia  tumbuh dikelilingi oleh air dan membagi waktunya antara kota modernnya dan pulau terpencil seluas 1.000 acre yang hanya memiliki 43 rumah bertenaga surya. Di kelas tiga tempat ia sekolah, kelasnya secara kolektif menulis buku, Laws of the Universe, yang menginspirasinya untuk belajar lebih banyak tentang lingkungan yang sangat dicintainya.

 

Dia terus meneliti isu-isu seperti naiknya permukaan laut dan secara bertahap belajar tentang perubahan iklim dan ancaman signifikan dan mulai mewawancarai pemimpin politik setempat, ilmuwan iklim, pemilik bisnis, dan lainnya yang terkena dampak kenaikan laut atau bekerja pada solusi untuk membantu mereka. Iklim pemanasan planet kita menurutnya adalah tantangan paling penting yang akan dihadapi generasi kita mendatang.

 

“Di sekolah menengah,  saya berpartisipasi dalam membangun sistem tenaga surya dengan memberdayakan kompleks atletik, setengah dari kantor administrasi dan gedung perpustakaan, dan termasuk stasiun pengisian tenaga surya.”tuturnya.

 

Delaney Anne Reynolds dan The Sink or Swim Project

Sekarang, ia adalah penulis beberapa buku anak-anak tentang topik lingkungan, merupakan pendiri The Sink atau Swim Project, organisasi advokasi pendidikan dan politik, dan berfungsi sebagai pembicara publik dan advokat. Menurutnya Florida Selatan adalah sebuah komunitas yang telah diberi label ‘ground zero’ dari Amerika dalam perang pemanasan global mengingat risiko yang kita hadapi dari kenaikan permukaan laut.

 

Dia menerima Penghargaan Pelayanan Remaja Nasional National Geographic Society, Beasiswa George Eastman Young Leader dari University of Rochester, sebuah induksi dalam Dewan Kepemimpinan CLEO Institute, dan banyak lagi. Dan, orang-orang muda di seluruh dunia telah menghubungi dia untuk meminta bantuan dalam komunitas mereka sendiri, dari India ke Argentina dan Italia.

 

Delaney Anne Reynolds juga berhasil melobi walikota Miami-Dade County untuk apa yang sekarang menjadi anggaran tahunan sebesar $ 1,7 juta untuk pendanaan pengurangan tingkat permukaan laut di mana sebelumnya tidak ada sama sekali. Sungguh suatu pencapaian yang memukau jika melihat umurnya yang masih sangat muda dengan sederet pengalaman dalam melindungi planet tercinta.

 

delaney anne reynolds delaney anne reynolds delaney anne reynolds delaney anne reynolds

Bagikan ini: