0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Villa eco luxuries di Bali adalah penginapan mewah yang bersifat ramah lingkungan. Pada tahun 2017, Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-bangsa menetapkan sebagai Tahun Pariwisata Berkelanjutan Internasional untuk Pembangunan.

 

Maka dari itu untuk pembangunan hotel maupun vila di Indonesia dan Asia secara keseluruhan harus melakukan berbagai inisiatif yang tidak hanya mendaur ulang limbah tetapi juga mendukung program-program pariwisata ramah lingkungan lainnya. Contohnya dengan memberikan aspek hijau ke dalam desain dan arsitektur bangunannya.

 

Dari survei yang sudah dilakukan Agoda (sebuah situs pemesanan hotel terkemuka di Asia), bahwa 58% tamu hotel atau vila lebih menyukai penginapan ramah lingkungan, bahkan 40% tamu rela mengeluarkan uang tambahan permalam untuk bermalam di penginapan ramah lingkungan yang lebih nyaman.

 

Negara Asia, khususnya di Bali, Indonesia juga sudah banyak menyediakan berbagai vila ramah lingkungan. Beberapa di antaranya adalah Villa Parerepan, Villa Umah Tampih dan Sharma Springs Bamboo.

 

1.Villa Parerepan

Villa Parerepan ini terletak di Malayang, Ubud, Bali. Vila ini juga mendapat julukan sebagai Shangri-la di tengah hutan tropis di Bali.

 

Letak vila berada di tengah hutan di lembah Sungai Petanu serta dikelilingi pohon-pohon yang dedaunannya rimbun. Vila ini sangat mengusung tinggi nilai bangunan berkelanjutan (sustainable building), dengan memiliki dinding dan atap yang hanya terbuat dari bambu dan kayu.

 

Nuansa  eco-friendly sangat terlihat ketika memasuki ruangan demi ruangan karena hampir semua furniture dan material dekorasi menggunakan material ramah lingkungan dengan kualitas terbaik.

 

Tidak hanya itu saja, vila ini memiliki kolam renang dengan rancangan Golden Ratio (rasio emas). Golden Ratio ini dipercaya sebagai kunci keharmonisan dan keseimbangan yang terdapat pada alam. Kolam renangnya menjorok ketepian sehingga tamu yang berenang di kolam ini dengan mudah menghadap dan menikmati hutan tropis di Bali.

 

Pada malam hari, kerlap-kerlip cahaya kunang-kunang sangat terlihat dengan jelas bahkan serangga hutan lainnya juga ikut menyumbangkan suaranya, hal ini semakin menambah kesyahduan dan keromantisan vila ini.

Villa Eco Luxuries di Bali

Villa Parerepan

Villa Eco Luxuries di Bali

Villa Parerepan

 

2. Umah Tampih Luxury Private Villa

Villa ini terletak di Jalan Kedewatan, Ubud, Bali. Vila ini memiliki tema natural sehingga memiliki desain bangunan yang cukup unik dengan mengkolaborasikan industrial modern dan nuansa tropical Bali. Di daerah vila memang masih didominasi oleh pohon-pohon rimbun bernuasa hijau. Banyak pohon-pohon dan pemandangan sawah semakin mendukung khas pedesaan Bali yang masih sangat alami.

 

Menikmati sunrise dengan udara sejuk dan dingin di pagi hari menjadi daya tarik tersediri bagi vila ini. Meskipun sebagian besar bangunan berdinding tembok, namun nuansa kayu pada bahan bangunan lainnya masih sangat kental.

 

Orang Tionghoa percaya bahwa unsur kayu dapat menyerap energi negatif seperti rasa lelah, stress, penat dan energi negatif lainnya. Maka aksen kayu di beberapa titik bangunan dapat menimbulkan relaksasi untuk tubuh dan pikiran. Vila ini juga memiliki kolam renang yang menghadap jurang sawah-sawah yang hijau sehingga menimbulkan rasa menyatu dengan alam.

Villa Eco Luxuries di Bali

Umah Tampih Luxury Private Villa

Villa Eco Luxuries di Bali

Umah Tampih Luxury Private Villa

 

3.Sharma Spring Bamboo

Vila ini terletak di Tanah Ayu, Sibang Gede, Abiansemal, Ubud, Bali. Jika digambarkan mirip seperti istana bambu karena 90% bangunannya terbuat dari bambu.

 

Hal tersebut membuktikan bahwa vila ini sangat menjungjung tinggi sustainable building yang benar-benar bisa diterapkan di Bali. Yang paling unik vila ini adalah menggabungkan bambu hitam dan bambu putih pada material bangunannya sehingga lantai, dinding, langit-langit ruangan dan anak tangga terkesan alami namun mewah. Atapnya juga dirangkai dan disusun menggunakan bahan bambu. Furniture dan hiasan yang menghiasi setiap ruang juga bermaterial bambu.

 

Untuk menambah kesan alam vila ini sengaja dibangun di daerah hutan yang masih asri dan dekat dengan sungai. Udara yang berhembusan sangat sejuk karena udara ini dikeluarkan dari pohon-pohon yang berhembus melewati Sungai Ayung sehingga menyeruak kemana-mana.

 

Bangunan yang menjunjung tinggi sustainable building membuat penginapan ini masuk dalam tayangan stasiun televisi Amerika yaitu CBS TV dan beritanya juga pernah dimuat pada New York Magazine.

 

Berkonsep alam dan memiliki sustainable building sudah membantu dan berupaya pada gerakan peduli lingkungan. Jika semua vila di Indonesia menerapkan hal ini akan sangat bermanfaat bagi lingkungan itu sendiri dan orang-orang sekitar. Villa Eco Luxuries di Bali sudah menjadi contoh yang baik di bidang pariwisata di Indonesia.

 

Villa Eco Luxuries di Bali

Sharma Spring Bamboo

Villa Eco Luxuries di Bali

Sharma Spring Bamboo

Bagikan ini: