0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Danau Labuan Cermin adalah tempat wisata alam yang terletak di Desa Labuan Kelambu, Berau, Kalimantan Timur. Tempat wisata alam ini dijaga serta dirawat oleh masyarakat sekitar bersama sebuah Lembaga Masyarakat Labuan Cermin. Masyarakat sekitar menamakan danau ini dengan nama Danau Labuan Cermin karena airnya yang jernih dan mengkilap seperti cermin.

 

Butuh perjuangan yang panjang untuk sampai di tempat ini. Jika Anda wisatawan dari luar Pulau Kalimantan dan menggunakan jalur udara, Anda harus transit di Balikpapan dan melanjutkan penerbangan ke Bandara Kalimarau Berau.

 

Dari Bandara Kalimarau Berau Anda harus menempuh perjalan 6 sampai 7 jam untuk sampai di Kecamatan Biduk-biduk, Berau. Di Kecamatan Biduk-biduk, arahkan kendaraan Anda ke Dermaga Labuan Kelambu.

 

Sesampainya di Dermaga Labuan Kelambu Anda akan disambut dengan papan tulisan yang bertuliskan Selamat Datang di Kawasan Wisata Bahari “Labuan Cermin” Danau Dua Rasa.

 

Dari Dermaga Labuan Kelambu Anda harus jalan sebentar menapaki jembatan kayu untuk sampai di pinggir danau. Di pinggir danau terdapat beberapa perahu yang sudah berjejer rapi dan siap mengantar Anda ke Danau tersebut, namun akan dikenakan biaya 100.000/ orang.

 

Selama menyusuri danau dengan menempuh perjalanan selama 15 menit, dari atas perahu Anda akan disuguhkan aroma dedaunan yang segar dan pemandangan hutan dengan pohon-pohon rindang yang menjorok ke atas permukaan danau. Jika Anda beruntung, Anda akan melihat monyet, berang-berang, atau beruang madu yang sedang bergelantungan di atas pohon dan juga ikan atau penyu yang berenang ke atas permukaan air danau.

 

Sesampainya di Danau yang indah ini,  Anda akan melihat panggung kayu di tepian danau. Di atas panggung kayu tersebut, terdapat bilik kayu untuk Anda berganti pakaian.

 

Di luar dinding bilik kayu juga terdapat benda-benda, seperti alat snorkeling, jaket pelampung dan ban untuk disewakan kepada pengunjung. Pada hari libur barang tersebut disewakan seharga 15.000/ jam, jika hari biasa pengunjung bisa pakai sepuasnya tanpa ada batasan waktu dan biaya tambahan.

 

Lelah yang dirasa akan terbayar jika melihat pemandangan yang sungguh cantik. Airnya yang jernih berwarna biru kehijauan membuat biota air dan putihnya pasir di dasar danau mudah terlihat.

 

Di danau ini Anda bisa melakukan aktifitas, seperti berenang, snorkeling dan diving. Bagi Anda yang kurang mahir dalam berenang, snorkeling dan diving, Anda bisa bersantai di atas ban dengan penggunakan jaket pelampung sambil menikmati pemandangan di sekeliling.

 

Yang unik dari Danau ini adalah karena memiliki dua air yang berbeda, di atas permukaan danau terdapat air tawar dan di dasar danau adalah air asin seperti asinnya air laut. Anda juga akan mengetahui mana saja jenis ikan yang hidup di air tawar dan yang hidup di air asin (air laut).

 

Disaat menyelam, Anda akan melihat ikan-ikan, penyu, dan hewan air lainnya berenang kesana kemari diantara beberapa jenis batang kayu yang menjulang tinggi dari dasar danau. Jika sudah puas dan lelah beraktifitas, Anda bisa menuju ke Dermaga Labuan Kelambu dengan menggunakan perahu dan mencari penginapan yang nyaman.

 

Untuk harga penginapan di daerah sana, berkisar 80.000 – 250.000/ permalam. Khusus rombongan backpacker, ada juga penginapan yang menawarkan harga 100.000/ seminggu. Untuk menu makanan Anda akan disuguhkan menu makanan laut. Penggunaan listrik sangat terbatas dan berlaku untuk semua rumah maupun penginapan yang ada di sana, listrik akan menyala hanya pada malam hari.

 

Masyarakat di sana sangat ramah dan mudah berbaur dengan para wisatawan yang datang. Dari ulasan singkat tentang keindahan alam Danau Labuan Cermin, apakah Anda tertarik ke sana? Jika Anda tertarik, tempat wisata ini terletak di Desa Labuan Kelambu, Kalimantan Timur ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk solo trip maupun untuk liburan bersama keluarga.

 

Setiap berlibur janganlah lupa untuk menjaga dan melindungi alamnya dengan tidak mengotori maupun merusak keindahannya sehingga bisa terlihat indah seperti Danau Labuan Cermin.

 

danau labuan cermin danau labuan cermin danau labuan cermin

Bagikan ini: