0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Rakha adalah salah satu merek fashion yang muncul untuk menyikapi dengan semakin meningkatnya dampak buruk dari fast fashion, sehingga mencoba untuk menginisiasi gerakan slow fashion yang menjadi bagian dari eco-fashion. Berbanding terbalik dengan sistem produksi yang di lakukan oleh fast fashion, slow fashion merupakan proses manufaktur pakaian secara etis dengan mempertimbangkan aspek kesejahteraan pekerja dan lingkungannya.

 

Dalam produksi slow fashion, gaji yang layak dan fair trade menjadi prioritas di samping penggunaan material yang bisa tahan lama. Bahan-bahan alami dan organik juga menjadi pilihan dalam slow fashion yang tak bisa di pungkiri akhirnya membuat  harga lebih tinggi dibanding produk dari fast fashion. Tak jarang material tersebut didapatkan dari proses daur ulang.

 

Slow fashion pun tak terlepas dari inovasi. Dengan adanya gempuran dari peretail yang mempromosikan fast fashion, inovasi adalah harga mati untuk menghasilkan produk dengan kualitas optimal tanpa melupakan isu lingkungan dan etika. Terkait dengan etika, slow fashion juga berupaya untuk transparan terhadap pembeli, tidak seperti perusahaan fast fashion yang cenderung menyembunyikan hal-hal di balik produksi barang fashion mereka yang murah.

 

Rakha Memberikan Transparansi Rantai Pasokan Kepada Konsumen

Pemeliharaan pakaian yang dibeli kerap kali terlupakan oleh konsumen. Hal ini ingin dihindarkan oleh gerakan slow fashion seperti yang di gaungkan oleh Rakha dengan menyosialisasikan cara perawatan produk fashion supaya sampah garmen dapat diminimalisasi sedemikian rupa.

 

Selain itu, sosialisasi gerakan ini juga penting dilakukan tidak  hanya oleh pemilik merek tapi juga oleh berbagai elemen masyarakat lewat organisasi dan proyek-proyek nirlaba. Dengan demikian, pembelian produk fashion secara impulsif dapat tereduksi dan tergantikan dengan keputusan bijak berbelanja dan memilih gaya berbusana yang lebih ramah lingkungan, tahan lama, dan menghindari eksploitasi pekerja.

 

Rakha Adalah Pakaian untuk Segala Musim  

Rakha yang merupakan salah  satu label merek pakaian wanita yang berbasis di Inggris sangat mengusung konsep slow fashion. Merek pakaian ini sangat unik karena tidak mengeluarkan pakaian berdasarkan musim. Filosofi mereka adalah membuat karya yang bisa dipakai sepanjang tahun dan dari siang hingga malam. Merek ini erutama berfokus pada kenyamanan dan kesederhanaan.

 

Merek ini memproduksi dalam kondisi etis menggunakan kain ramah lingkungan seperti kapas organik bersertifikat GOTS, kain daur ulang, Lenzing Certified Cellulose Fibers, wol merino bersertifikat yang bebas racun dan tetap menjadi merek fesyen yang terjangkau. Mereka mengurangi air dan limbah beracun dengan bekerja sama dengan pabrik yang memiliki pengolahan air dan mampu membersihkan dan mendaur ulang air limbah mereka untuk digunakan berulang kali.

 

Rakha ditemukan untuk menciptakan pilihan alternatif dari mode cepat serta membuktikan bahwa mode etis tidak hanya terbuat dari pakaian kaos berwarna pucat yang membosankan. Mereka bertujuan untuk menciptakan rantai pasokan melingkar penuh dengan berfokus pada keberlanjutan aspek lingkungan dan sosial di industri Fashion.

 

Saat ini% 80 dari pakaian terbuat dari bahan bio-degradable dan% 20 dari bahan daur ulang. Merek ini baru-baru ini meluncurkan skema pelatihan di London Utara, dengan fokus memberikan pelatihan pembuatan pakaian untuk orang-orang dari komunitas yang kurang beruntung. Tujuan dari program ini adalah untuk memungkinkan orang untuk dipekerjakan di industri mereka sambil membuat produk daur ulang untuk membantu mengurangi limbah.

 

Jika Anda sedang berlibur di Inggris dan tertarik untuk datang ke butik Rakha lokasinya berada di  George crescent, Muswell Hill, London, UK N101AJ, Inggris .

 

rakha rakha rakha

Bagikan ini: