0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Pakaian dan aksesoris yang sangat eco-fashion, saat ini sudah banyak diciptakan oleh para desainer di Indonesia. Pakaian dan aksesoris eco-fashion adalah pakaian atau aksesoris yang meminimalkan penggunaan bahan kimia dan meminimalkan pula dampak kerusakan pada lingkungan, termasuk minimalisasi bahan kimia yang digunakan pada setiap langkah pemrosesan, mulai dari proses penanaman dan pemeliharaan bahan baku hingga ke finishing menjadi produk jadi berupa pakaian, kalung, tas, dan lainnya.

Tapi pernahkah berpikir dari mana pakaian dan aksesoris yang Anda kenakan? Bukan toko di mana tempat Anda membeli pakaian dan aksesoris, tapi lebih kepada siapa yang membuat pakaian dan aksesoris Anda. Bahan apa yang digunakan untuk membuatnya? Apakah itu ramah lingkungan atau tidak?

Tahukah Anda, kalau ternyata baju atau aksesoris yang Anda kenakan setiap hari merupakan satu dari miliaran baju di dunia yang mungkin ikut menyumbang pemanasan global dan perubahan iklim, yang berarti juga menyebabkan kerusakan lingkungan.

Berkembangnya isu kerusakan lingkungan yang kian memprihatinkan rupanya cukup mengundang simpati dari banyak pihak, tidak terkecuali para desainer dan produsen pakaian lainnya. Hal ini dibuktikan dengan kemunculan berbagai merk fashion yang turut menyuarakan kepedulian terhadap alam dan lingkungan sekitar sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan seimbang.

Stella McCartney adalah seorang desainer yang sudah melanglang buana di bidang fashion, dan sangat mendukung program go green. Dan sekarang ini, Ia memulai debut kembali dengan tema eco fashion. Tema yang mengarah ke ramah lingkungan. Ia sangat mendukung program tersebut dan hal itu akan membuat dunia fashion semakin menarik karena Stella mengusung temanya tidak biasa dan unik.

Indonesia juga punya fashion tersendiri dengan masing-masing trademark yang unik dan menarik. Dan sudah ada banyak desainer yang mengikuti langkah Stella, dengan mendukung pembuatan fashion yang ramah lingkungan. Mereka tidak akan menggunakan lingkungan hanya demi gaya hidup yang mewah. Artinya, mereka orang-orang yang peduli lingkungan yang menghubungkannya dengan fashion sebagai profesi mereka.

Selain menghasilkan karya yang unik dan menarik para desainer itu juga membuat inspirasi bagi banyak orang agar lebih peduli pada lingkungan. Dan ternyata, fashion yang ramah lingkungan ini kini semakin berkembang karena banyaknya dukungan dari berbagai pihak yang setuju dengan hal ini.

Dan bila kita menyadari bahwa sumber daya di bumi ini terus berkurang dan sebagian tak bisa diproduksi kembali, sepertinya sudah waktunya kita untuk lebih perhatian dengan pilihan-pilihan yang kita buat dan apa yang kita pakai, termasuk soal bahan pakaian dan aksesoris yang ramah lingkungan.

Maka dari itu, bantulah dunia untuk mengurangi sampah atau limbah dengan menggunakan pakaian dan aksesoris yang  sangat eco-fashion, yang dibuat dari limbah atau bahan yang ramah lingkungan lainnya.

 

eco fashion eco fashion eco fashion

Bagikan ini: