0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Larangan tabir surya di Hawaii dalam hal pemakaian dan penjualannya kini tengah masuk dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Hawaii. Jika RUU tersebut benar-benar disahkan, maka Hawaii akan menjadi negara pertama yang melarang penggunaan tabir surya di wilayahnya.

 

Menggunakan tabir surya memang baik untuk kulit karena dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Penggunaan tabir surya biasanya dikenakan saat hendak pergi ke tempat yang terpapar sinar matahari langsung, misalnya pantai. Meski baik untuk kulit manusia, namun siapa sangka, tabir surya ternyata tidak baik untuk biota laut bahkan bisa bersifat merusak.

 

Berdasarkan studi penelitian ditemukan bahwa beberapa produk tabir surya terkenal mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi ekosistem laut. Oleh karenanya, Hawaii membuat RUU yang melarang penjualan tabir surya yang mengandung bahan kimia oxybenzone dan octinoxate untuk melindungi terumbu karang yang ada di Hawaii.

 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Haeriticus Environmental Laboratory (organisasi sains nonprofit) menemukan bahwa bahan kimia yang membantu menapis sinar UV dapat menyebabkan kerusakan parah pada lingkungan laut Hawaii. Menurut beberapa ilmuwan, kedua bahan kimia yang telah disebutkan sebelumnya itu berkontribusi terhadap pemutihan karang.

 

Pemutihan karang terjadi ketika suhu laut yang meningkat membunuh alga yang tumbuh di dalam karang sehingga membuat terumbu berubah warna menjadi putih. Pemutihan tersebut juga berdampak pada hilangnya nutrisi yang menopang kehidupan laut lainnya.

 

Langkah ekstrem yang diambil Hawaii untuk melarang penggunaan tabir surya mempertimbangkan fakta bahwa lebih dari 3.500 produk tabir surya mengandung oxybenzone dan octinoxate. Pada tahun 2015 pun jurnal Environmental Contamination and Toxicology menyebutkan bahwa sebanyak 14.000 ton tabir surya memasuki terumbu karang setiap tahunnya.

 

Hal itulah yang menyebabkan Hawaii mencetuskan RUU tentang larangan tabir surya. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa Hawaii melarang penjualan tabir surya yang mengandung kedua bahan kimia berbahaya, yaitu oxybenzone dan octinoxate tanpa resep dari dokter berlisensi.

 

Di dalam RUU itu pula menyatakan kandungan bahan kimia tersebut dapat membunuh perkembangan karang, meningkatkan pemutihan karang, dan menyebabkan kerusakan genetik pada karang serta organisme laut lainnya.

 

Saat ini RUU tersebut telah dikirim ke kantor Gubernur Hawaii David Ige dan hanya tinggal menunggu tanda tangannya. Jika tanda tangannya telah didapat, maka peraturan tersebut akan mulai diberlakukan pada 1 Januari tahun 2021 nanti. Artinya, apabila gubernur telah menyetujuinya, maka aturan hukum itu akan menjadi hukum pertama di dunia.

 

Selagi menunggu RUU tersebut disahkan, upaya yang telah dilakukan Hawaii untuk melindungi terumbu karangnya adalah melalui kerja sama dengan Hawaiian Airlines. Sejak bulan lalu armada pesawat itu mulai menawarkan sampel gratis tabir surya natural tanpa bahan kimia berbahaya kepada para penumpangnya.

 

Armada pesawat tersebut juga menyediakan video dokumenter berdurasi 11 menit untuk mendorong penumpangnya mempelajari lebih dalam tentang Hawaii. Video tersebut ditunjukkan dalam setiap penerbangan, isinya mengenai tantangan lingkungan yang mempengaruhi perkembangan terumbu karang.

 

Meski demikian, larangan tabir surya ini masih menuai pro dan kontra karena beberapa ilmuwan berpendapat bahwa mereka tidak yakin larangan tersebut akan memberikan dampak yang besar. Namun, sekecil apapun upaya yang dapat dilakukan untuk melindungi terumbu karang akan membuat terumbu tersebut bertahan lebih lama.

 

Oleh karena keberadaan terumbu karang memiliki peran yang sangat penting dalam ekosistem laut, maka kita semua wajib menjaga dan melestarikannya. Jika memang RUU semacam yang dikeluarkan Hawaii diperlukan untuk melindungi habitat terumbu karang, kita pun wajib menaati peraturan larangan tabir surya di Hawaii tersebut.

 

Larangan Tabir Surya di Hawaii Larangan Tabir Surya di Hawaii Larangan Tabir Surya di Hawaii Larangan Tabir Surya di Hawaii Larangan Tabir Surya di Hawaii Larangan Tabir Surya di Hawaii Larangan Tabir Surya di Hawaii

Bagikan ini: