0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Caroline Lucas memiliki nama lengkap Caroline Patricia Lucas. Wanita berambut cepak ini lahir pada tanggal 9 Desember 1960. Dia adalah seorang politikus di Britania dan sejak tanggal 2 September 2016 lalu menjabat sebagai Co-Leader Partai Hijau (Green Party) Inggris dan Wales, berbagi posisi dengan Jonathan Bartley. Caroline sudah tergabung dalam Member of Parliament (MP) untuk Brighton Pavilion sejak pemilihan umum (pemilu) tahun 2010, saat itu lah Caroline menjadi MP pertama Green Party. Dia terpilih kembali pada pemilu tahun 2015 dan 2017 dengan jumlah pemilih yang meningkat.

Caroline Lucas terpilih sebagai pemimpin pertama Green Party pada tahun 2008 dan ditunjuk sebagai perwakilan daerah Brigthton Pavilion pada pemilu tahun 2010.  Selain dikenal sebagai seorang politikus, Caroline Lucas juga dikenal sebagai seorang campaigner dan penulis. Tulisan yang Ia buat bertema green economy, localization, alternative to globalization, trade justice, animal welfare, dan food.  Pada saat Ia bekerja sebagai politikus dan aktivis, Caroline juga berkerja dengan non-governmental organisation (NGO) dan think-tank, termasuk Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA), Campaign for Nuclear Disarmament (CND) dan Oxfam.

Keterlibatan Caroline Lucas dalam Green Party sudah dimulai sejak tahun 1986. Awal mula Ia bisa bergabung dalam partai tersebut adalah karena Ia terinspirasi dari buku “Seeing Green” karangan Jonathon Porritt. Sejak saat itu Caroline bertekad untuk bergabung dalam Green Party dan berencana mendedikasikan seluruh sisa hidupnya untuk partai tersebut. Tidak lama setelah itu Ia diangkat menjadi National Press Officer (1987-1989) dan Co-Chair (1989-1990) partai.

Pada tahun 1990 Green Party terbagi menjadi tiga bagian untuk daerah pemilih di UK dan Caroline memilih bergabung dalam Green Party Inggris dan Wales. Ia bekerja sebagai General Election Speaker dari tahun 1991 dan Regional Council Member dari tahun 1997.

Dilihat dari perjalanan karirnya, Caroline Lucas adalah orang yang senang bekerja di bidang sosial juga termasuk pemerhati lingkungan. Dari nama partai yang Ia pilih untuk terlibat di dalamnya saja cukup menunjukkan bahwa Ia seorang yang peduli lingkungan dan sosial.

Green Party sendiri adalah partai politik yang mengikuti tradisi politik hijau dan mempertahankan komitmen yang kuat pada progresivisme sosial (gerakan yang meyakini dan menginginkan kemajuan-kemajuan secara cepat). Beberapa fokus utama partai ini adalah berkomitmen pada keadilan sosial dan environmentalism (gerakan melindungi lingkungan), pelestarian spesies lain, dan sustainable society.

Sebagai Co-Leader dari Green Party, Caroline Lucas telah membantu mendorong kekhawatiran lingkungan menjadi fokus utama, terkenal membawa agenda ‘kehijauan’ itu lah yang membuat popularitas Caroline semakin naik sehingga banyak orang yang memilihnya untuk mewakili Brighton Pavilion setiap kali pemilu.

Caroline Lucas memang sosok yang menolak keras kerusakan lingkungan. Kepeduliannya tidak hanya pada lingkungan, tapi juga pada spesies lain seperti hewan. Ia bahkan pernah memenangkan penghargaan pada Michael Kay Award tahun 2006 atas “kontribusi luar biasa terhadap kesejahteraan hewan Eropa” dari RSCPA.

Politikus sekaligus aktivis wanita ini juga pernah mengeluarkan seruan kepada publik agar menekan pemerintah untuk mengatasi polusi udara yang Ia yakini sebagai krisis kesehatan publik yang “sengaja diabaikan oleh mereka yang berkuasa”. Selama bertahun-tahun Caroline menyuarakan tentang pentingnya hidup untuk menjaga kualitas udara di Inggris. Hal tersebut perlu dilakukan sehingga kematian ribuan orang akibat polusi udara dapat dihindari. Itulah pemkirannya mengenai apa yang dapat dilakukan sekarang untuk membuat perubahan yang diinginkan. Pesannya pada masyarakat adalah bahwa kita semua harus membuka mata, menyadari krisis yang kita hadapi dan membuat tindakan.

Seperti kita ketahui, polusi udara tidak hanya terjadi di Inggris, tapi di banyak negara, termasuk di Indonesia. Salah satu cara mengurangi polusi udara yang disarankan oleh Caroline adalah dengan mengubah cara kita bepergian. Pemerintah memang bertanggung jawab mengatasi krisis polusi udara, tetapi kita semua juga dapat membuat perubahan pada diri masing-masing. Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba mengurangi pemakaian mobil pribadi. Mulailah berjalan atau bersepeda ke tempat kerja, selain dapat mengurangi polusi udara juga baik untuk kesehatan.

 

Caroline Lucas Caroline Lucas

Bagikan ini: