0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Food Forward adalah sebuah organisasi nonprofit yang membantu menyelamatkan 353.000 pon surplus hasil bumi setiap minggu dari pohon buah, pasar tani, dan Pasar Grosir Hasil Bumi Los Angeles. Hasil bumi tersebut kemudian disumbangkan kepada warga yang kekurangan makanan.

 

Organisasi ini bermula ketika pada bulan Januari 2009, Rick Nahmias sebagai pendirinya melihat buah yang terbuang dalam jumlah sangat banyak di lingkungan rumahnya saat sedang berjalan-jalan di Valley Glen, California. Ia pun menyadari bahwa buah-buah yang terbuang itu dapat menjadi sebuah sumber nutrisi berkelanjutan bagi warga yang kekurangan makanan.

 

Awalnya organisasi ini dimulai oleh hanya beberapa orang saja, dua orang relawan dan satu halaman belakang. Namun, buah yang didapat saat pertama memulai adalah lebih dari 800 pon pada “petikan” pertama. Sekarang, relawan yang bergabung dalam organisasi ini sudah semakin banyak dan halaman kebun target petikan pun semakin bertambah.

 

Buah dan sayuran yang dipetik, 100% hasilnya disumbangkan ke lebih dari 575 lembaga yang memfasilitasi lingkungan yang membutuhkan di 8 wilayah di Southern California. Lembaga tersebut menyediakan bantuan bagi warga yang kelaparan di Los Angeles, Ventura, Santa Barbara, Orange, San Bernardino, San Diego, Imperial, dan Riverside Counties.

 

Ada tiga program yang dijalankan oleh Food Forward. Pertama, Backyard Harvesting. Umumnya satu pohon buah dapat menghasilkan ratusan pon buah yang sangat berlebihan jika dikonsumsi oleh hanya satu keluarga saja. Untuk itu, organisasi ini membuat program yang mana relawannya akan memetik buah dari pohon milik pribadi dan ruang publik. Seluruh hasil petikannya disumbangkan ke lembaga bantuan kelaparan lokal.

 

Program ini berlangsung di sekitaran Los Angeles, Ventura, dan Santa Barbara. Ribuan relawan per tahunnya ikut berpartisipasi dalam program tersebut. Pemilik properti akan menerima kwitansi yang telah dipotong pajak atas sumbangan mereka. Buah yang mereka sumbangkan dipastikan didistribusikan pada warga yang membutuhkan.

 

Program kedua adalah Farmers Market Recovery. Program ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2012 di Pasar Tani Santa Monica yang digelar setiap hari rabu. Idenya sangat sederhana, yaitu untuk menghubungkan buah lokal dan segar yang menyisa di hari terakhir pasar tani dengan orang-orang yang kekurangan makanan di lingkungan sekitar.

 

Saat ini, terdapat 23 pasar tani yang telah mendukung adanya program tersebut. Setiap minggunya relawan Food Forward memunguti buah yang tersisa di pasar-pasar tani yang ada di sekitar Los Angeles dan Ventura. Program ini telah menyelamatkan rata-rata 52.000 pon hasil bumi per bulan.

 

Cara kerjanya adalah relawan bertemu sebelum pasar tani berakhir, kemudian memberikan sejumlah boks kepada vendor dengan harapan mereka akan memberi donasi. Boks yang penuh dengan hasil bumi lalu dikumpulkan, ditimbang, dan dijemput oleh lembaga bantuan kelaparan. Lembaga tersebut yang kemudian mendistribusikannya kepada klien mereka selama kurun waktu 72 jam.

 

Program yang ketiga yaitu Wholesale Recovery. Program ini termasuk program terbaru dari Food Forward. Pertama kali program ini berlangsung di Wholesale Produce Market di Downtown Los Angeles, pasar grosir terbesar di California. Setiap lima hari dalam seminggu, tim membawa 2 truk berukuran 24’ ke pasar pada dini hari untuk menerima palet buah dan sayur.

 

Satu truk muatan dapat menampung sebanyak 15.000 pon hasil bumi. Sudah menjadi hal yang lumrah bagi staf Wholesale Recovery menangani dua kali lipat muatan sebelum pagi menjelang. Hasil bumi yang diperoleh akan dikirim ke lembaga bantuan kelaparan yang sangat besar untuk kemudian didistribusikan ke klien mereka. Hasilnya, pada tahun 2016 lalu program ini telah membantu memulihkan dan mendonasikan 17,4 juta pon hasil bumi.

 

Adanya organisasi ini sangat memberi banyak manfaat bagi penduduk. Alih-alih membuang lebihan buah dan sayur yang tidak dimakan atau tersisa saat penjualan, Food Forward membuatnya menjadi lebih bernilai. Kita pun dapat melakukan hal yang sama, jika memiliki makanan lebih, sebaiknya disumbangkan pada orang yang lebih membutuhkan. Seperti itu pula yang dilakukan oleh Food Forward.

 

food forward food forward food forward food forward food forward food forward

Bagikan ini: