0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

George Clooney yang bernama lengkap George Timothy Clooney lahir di Lexington, Kentucky, Amerika Serikat pada tanggal 6 Mei 1961. Pria ganteng ini  adalah seorang aktor, pembuat film, dan pengusaha. Ia adalah penerima tiga Golden Globe Awards dan dua Academy Awards di film Syriana dan co-producing film Argo.

 

Ibunya bernama Nina Bruce (née Warren) merupakan seorang ratu kecantikan dan dewan kota. Ayahnya bernama Nick Clooney merupakan mantan pembawa berita dan televisi, termasuk lima tahun di jaringan AMC. Clooney mempunyai darah keturunan Irlandia, Jerman, dan Inggris. Nenek dari nenek moyangnya, Mary Ann Sparrow, adalah saudara tiri Nancy Lincoln, ibu dari Presiden Abraham Lincoln.

 

George Clooney Dan Kiprah Hijaunya

Ia menjadi model sampul isu hijau pertama di majalah Vanity Fair bersama Julia Roberts, Al Gore and Robert F. Kennedy Jr. Bersama kesemua selebriti Hollywood tersebut, kontribusi mereka terhadap gerakan hijau atau cinta lingkungan di rangkum di dalam majalah edisi tersebut.

 

Berkaitan dengan perannya yang memenangkan penghargaan di Syriana, Clooney meluncurkan Oil Change yang merupakan kampanye untuk meninggalkan ketergantungan Amerika Serikat pada minyak import. Kampanye ini juga berusaha untuk mendidik orang Amerika mengenai masalah minyak.

Clooney menegaskan bahwa “Jika Anda melakukan sebuah film tentang konsumsi minyak dan korupsi, Anda tidak bisa hanya berbicara,kamu harus benar-benar melakukan apa yang kamu kerjakan di film tersebut.”

 

Selain itu, ia sering terlihat dan berkeliling menyetir sendiri dengan mobil listrik Tango yang ramah lingkungan. Dia menukar BMW-nya ke Tango dan menjadi orang Amerika pertama yang membeli mobil Tango tersebut.

 

George Clooney Dan Kiprah Kemanusiannya

Clooney juga sangat giat dalam kegiatan untuk membantu kemanusiaan dan selalu “walk the talk”  dalam pembicaraan tentang isu-isu lingkungan dan kemanusiaan,dan merupakan salah satu donatur paling dermawan. Dia dikenal karena memberikan sumbangan kepada tunawisma, menyumbangkan $ 25.000 kepada penulis selama pemogokan 2007 dan merupakan pendukung kampanye ONE untuk mendukung Bono dalam melawan kemiskinan. Clooney juga berada di Dewan Pengawas untuk United Way.

 

Clooney mendukung program realizing the dream ( Mewujudkan Mimpi ) sebuah organisasi yang melanjutkan pekerjaan Dr. dan Mrs. King dalam memerangi kemiskinan dan ketidakadilan, dalam lelang amal mereka. Dia menyumbangkan sore bersama dirinya di premiere Ocean’s 13, termasuk mengikuti pesta pribadi setelah acara.

 

Salah satu masalah yang paling dekat dengan hatinya adalah misinya untuk menghentikan kekejaman HAM yang terjadi di wilayah Darfur di Sudan. Selain secara pribadi mengunjungi daerah itu dan berbicara kepada para korban, Clooney mendirikan Not On Our Watch bersama 11 rekan bintangnya di Ocean, dengan tujuan yang jelas untuk menghentikan genosida yang terjadi di Darfur.

 

Badan amal Clooney telah menyumbangkan jutaan dolar untuk membantu mereka yang menderita di wilayah tersebut yang sebagian  besar dana melalui Program Pangan Dunia dari Perserikatan Bangsa-Bangsa.

 

Clooney telah membuktikan kecintaannya pada kemanusiaan dengan mengunjungi Pegunungan Nuba dengan Proyek Enough untuk mendokumentasikan kekejaman yang dilakukan pemerintah Sudan pada rakyatnya sendiri. Clooney bersaksi tentang masalah ini sebelum Komite Senat AS, beberapa hari sebelum ditangkap di kedutaan Sudan di DC dalam sebuah protes damai.

 

Hal yang dilakukan oleh Clooney baik itu berupa kepeduliannya terhadap lingkungan dan kemanusiaan sangat menginspirasi dan patut kita teladani dan aplikasikan dalam hidup kita.

 

george clooney george clooney george clooney george clooney george clooney

Bagikan ini: