0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Jual kalung batik atau motif batik mudah didapatkan sekarang. Apakah batik itu? Ketika berbicara tentang batik, kita berbicara tentang salah satu bentuk kesenian tradisional di Indonesia yang telah ada selama berabad-abad. Pada dasarnya Indonesia adalah negara yang berhasil mengembangkan seni dengan menciptakan berbagai jenis pola, desain dan varian. Ada banyak jenis batik berdasarkan metode penciptaan dan berdasarkan daerah asalnya. Sejarah batik telah mengalami banyak perubahan dan juga mengalami perjalanan panjang.

Kata batik berasal dari kata ambatik yang berarti kain dengan titik mungil dan kecil. Tapi kata itu mungkin juga berasal dari tritik. Kata ini berasal dari  bahasa Jawa yang berarti proses di mana ia harus terikat pada area tertentu. Awalnya batik tidak eksklusif hanya untuk wilayah Indonesia. Keberadaannya bisa ditelusuri kembali sekitar 1.500 tahun yang lalu dari sampel yang ditemukan di Timur Tengah, Mesir, China, India, Jepang  dan bahkan Afrika Barat.

Jika dilihat dari pola tekstil yang ada pada patung batu di candi Jawa  seperti di Candi Prambanan atau Candi Borobudur akan mudah untuk mengasumsikan bahwa batik telah ada di Indonesia sejak zaman purba. Namun, tidak ada bukti atau temuan yang mengatakan bahwa desain bermotif pada batu itu adalah benar-benar batik.

Kebanyakan ahli percaya bahwa batik Jawa adalah salah satu desain paling rumit yang pernah diciptakan. Berdasarkan data dan temuannya, jenis desain batik ini mungkin ada setelah terciptanya kain tenun halus yang diimpor dari India sekitar tahun 1800an.

Jual kalung batik bunga

Jual kalung batik dengan motif kaum bangsawan

Beberapa orang percaya bahwa batik merupakan bagian dari kehidupan bangsawan Jawa, karena beberapa pola diciptakan hanya untuk dipakai oleh kaum bangsawan. Ada juga kemungkinan, bahwa kehidupan kerajaan mengilhami terciptanya desain dan pola tersebut. Keluarga bangsawan diakui sebagai patron kesenian tradisional sehingga perkembangan dan penciptaan banyak desain dan pola batik makin berkembang.

Tak hanya keluarga bangsawan yang melindungi batik tetapi mereka juga melindungi wayang kulit. Boneka kulit ini sering dilukis dengan berbagai desain untuk menciptakan ilusi bagus tentang pakaian, sehingga rakyat biasa membeli wayang dan jual kalung batik untuk meniru pola pakaiannya.

Meskipun bentuk seni batik sangatlah rumit, alat yang digunakan masih sangat sederhana. Canting yang diyakini merupakan penemuan Jawa murni adalah dinding tipis yang dilapisi wadah tembaga .Alat ini kadang  disebut pena lilin yang terhubung ke pegangan bambu pendek. Panjangnya biasanya sekitar 11 cm. Wadah tembaga diisi dengan lilin meleleh dan tukang kemudian menggunakan canting untuk menggambar disain pada kain.

Canting memiliki ukuran yang berbeda  tergantung jenisnya untuk mencapai efek desain yang bervariasi. Ceratunya bisa bervariasi dari diameter 1 mm untuk pekerjaan detail yang sangat halus hingga ukuran yang lebih lebar digunakan untuk mengisi area desain yang besar. Titik dan garis sejajar dapat ditarik dengan canting yang memiliki ukuran yang besar. Terkadang segumpal kapas diikat di atas mulut canting atau menempel pada tongkat yang berfungsi sebagai kuas untuk mengisi area yang sangat luas.

Jual kalung batik baju

Jual kalung batik dengan motif tradisional

Berbagai jenis dan kualitas lilin digunakan pada pembuatan batik oleh jual kalung batik. Lilin yang biasa digunakan untuk batik terdiri dari campuran lilin lebah. Ini digunakan untuk kelenturannya dan parafin. Resin dapat ditambahkan untuk meningkatkan daya tahan dan lemak hewan membuat likuiditasnya lebih besar.

Wax terbaik berasal dari pulau Timor, Sumbawa dan Sumatra. Tiga jenis petroleum based paraffin yang berwarna putih, kuning dan hitam. Jumlah campuran diukur dalam gram dan bervariasi sesuai dengan desain

Lilin harus disimpan pada suhu yang tepat. Setelah dingin akan menyumbat cerat canting. Lilin yang terlalu panas akan mengalir terlalu cepat dan tidak terkendali. Para pengrajin akan sering meniup ke cerat canting sebelum mengoleskan lilin ke kain untuk membersihkan canting dari setiap penghalang yang ada. Semua motif batik yang menawan tersebut diaplikasikan pada aksesoris sehingga para desainer bisa jual kalung batik motif Indonesia yang sangat punya ciri khas.

Bagikan ini: