0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Lemari kapsul akhir-akhir ini makin populer dan tentunya untuk alasan yang bagus.Apa yang dimulai sebagai sesuatu yang jarang dilakukan dan pada akhirnya menjadi sorotan sesuai dengan pedoman dari buku yang di tulis oleh Marie Kondo yaitu estetika minimalis umum.

 

Untuk lebih memahami apa itu capsule wardrobe, kita harus belajar dari mana konsep itu pada awalnya berasal. Istilah ini pertama kali diciptakan oleh konsultan pakaian dan penulis Susie Faux pada 1970-an karena frustrasinya dengan kurangnya pakaian yang dibuat dengan baik. Namun, itu tidak menjadi trend hingga desainer Donna Karan memutuskan untuk membuat koleksi kapsul  pertama pada tahun 1985 yagn ia sebut “Tujuh Potongan Praktis.”

Saat ini, situs Bisnis Fashion mendefinisikannya sebagai sesuatu yang lebih komersial daripada koleksi mode tradisional:

 

Idenya adalah untuk membuat lemari pakaian kapsul yang hanya menampilkan bagian paling penting atau berpengaruh dari koleksi tersebut. Koleksi kapsul pada dasarnya adalah versi singkat dari visi desainer, sering kali merupakan edisi terbatas, yang melampaui musim dan tren sehingga menjadi fungsional.

 

Lemari Kapsul dan Industri Fashion

Sementara industri fashion menggunakan koleksi kapsul untuk menghasilkan suasana eksklusivitas dan ekspresi artistik seorang desainer, lemari kapsul lebih mengarah pada gaya pribadi setiap wanita yang mempunyai seni dalam pakaian yang berbeda.

 

Sebagian besar individu yang pada akhirnya pindah ke capsule wardrobe karena mereka bosan dengan “keputusasaan dalam mengambil keputusan.” Budaya konsumeris dan mode cepat telah menipu kami untuk meyakini bahwa kami harus memiliki segalanya. Hasilnya adalah menjadi lemari boneka penuh pakaian yang mungkin tidak pernah kita pakai.

 

Lemari pakaian kapsul mendorong kita untuk lebih memikirkan pakaian apa yang sebenarnya ingin kita pakai, dan apakah kita benar-benar membutuhkan setiap pakaian di lemari kita.  Mulailah membeli lebih sedikit, sehingga bisa memakai lebih banyak, dan temukan pakaian yang berkualitas tinggi. Salah satu pengadopsi awal metode ini, Caroline pemilik website Unfancy, menjelaskan konsep ini dengan cara:

 

Hal tersebut adalah praktik mengedit pakaian hingga ke pakaian favorit Anda (pakaian yang sesuai dengan gaya hidup + tubuh Anda saat ini), mencampurnya kembali secara teratur sehingga pada akhirnya Anda bisa berbelanja lebih jarang.

 

Lemari Kapsul dan Aplikasinya

Courtney Carver dari Be More With Less menyebarkan konsep ini kepada orang lain. Dia mendefinisikan lemari kapsulnya sebagai:

 

Koleksi kecil barang-barang termasuk pakaian, perhiasan, aksesori, dan sepatu yang mendorong Anda untuk mengenakan barang-barang favorit Anda setiap hari (bukan barang yang paling trendi, barang paling bergaya, tetapi barang favorit Anda).

 

Courtney berfokus untuk menemukan diri Anda di lemari pakaian dan Anda bisa menentukan gaya Anda bukan berdasarkan standar orang lain. Dia telah melangkah lebih jauh dan menciptakan garis besar yang disebut Project 333 ™, yang mendesak peserta untuk memilih 33 item yang berbeda untuk dikenakan selama 3 bulan. Proyek 333 berfokus pada lemari pakaian musiman dari gaya hidup minimalis secara keseluruhan.

 

Courtney menyarankan memilih 33 item termasuk sepatu, aksesori, dan perhiasan untuk Musim Semi, Musim Panas, Musim Gugur, dan Musim Dingin. Lemari pakaian jenis ini mendorong gaya yang lebih teratur di setiap musim. Tentu saja, ini tidak berfungsi untuk setiap wilayah. Los Angeles, misalnya, mungkin memiliki dua musim (panas terik dan kurang terik) sehingga membutuhkan satu lemari kapsul musim panas yang lebih besar dan “musim dingin” yang lebih kecil.

 

Tidak ada cara yang benar atau salah untuk memulai kapsul Anda sendiri. Jika Anda belum siap untuk sepenuhnya menyerahkan lemari Anda saat ini, Lee Vosburgh dari Style Bee menciptakan 10×10 Challenge ™. Pada 2015, Lee memutuskan untuk menyusun panduan untuk mencoba hal tersebut. Tantangan ini terdiri dari 10 hari, dan 10 potong pakaian (tidak termasuk aksesori). Seluruh situsnya didasarkan pada merayakan gaya pribadi dan belanja yang bijaksana serta mengingatkan pembaca bahwa ini semua tentang “gaya abadi dan membuat lemari ramping yang sempurna untuk Anda tanpa tekanan karena harus mengikuti mode.”

 

Bisa di simpulkan bahwa menampilkan gaya pribadi Anda sangat penting untuk menemukan kepercayaan diri yang lebih tinggi dan itulah yang merupakan salah satu tujuan penting kita memiliki lemari kapsul.

 

lemari kapsul lemari kapsul lemari kapsul

Bagikan ini: