0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Mark Ruffalo, bernama lengkap Mark Alan Ruffalo adalah aktor asal Amerika kelahiran 22 November 1967 di Kenosha, Wisconsin. Puluhan film, program tv, dan aksi panggung telah Ia bintangi, tidak hanya itu Ia juga aktif dalam beberapa kegiatan lingkungan di Amerika.

 

Ia adalah keturunan Italia dan Amerika, yang lahir dari pasangan Frank Ruffalo dan Maria. Ayahnya bekerja sebagai arsitek dan ibunya bekerja sebagai penata rambut.

 

Saat remaja, Mark dan keluarganya tinggal di Virginia, kota di bagian timur Amerika. Kemudian Ia dan keluarga memutuskan pindah ke San Diego, kemudian pindah lagi ke Los Angeles.

 

Berbeda dengan ketiga saudaranya yaitu Scott, Tania dan Nicole yang ingin berkarir sebagai penata rambut seperti ibunya, Mark malah lebih memilih pada pilihannya sendiri yaitu akting.

 

Di Los Angeles, Mark ingin mendalami bakat aktingnya dengan mengikuti kursus akting di Stella Adler Conservatory. Di sana Ia juga mendirikan Orpheus Theatre Company, di mana Ia sebagai penulis, sutradara, dan turut ikut berperan dalam beberapa pertunjukkan. Namun pertunjukkan tersebut belum bisa melambungkan namanya.

 

Selama Sembilan tahun hidup di Los Angeles, Mark hanya mengandalkan keuangan dengan bekerja sebagai bartender. Di tahun 1996, Mark mulai mendapat peran kecil dalam beberapa judul film.

 

Pada tahun 2000, Mark bertemu seorang penulis terkenal bernama Kenneth Lonergan. Kenneth menawarkan Mark bermain pada film “You Can Count On Me” sebagai adik dari Laura Linney. Berkat film tersebut Mark mendapatkan berbagai penghargaan, seperti Academy Award tahun 2000, Los Angeles Film Critics Association dan juga Montreal World Film Festival.

 

Keberhasilan tersebut mengubah hidup Mark, dan Ia pun kembali membintangi film-film berkelas di Hollywood. Tidak hanya terkenal dalam dunia akting, Mark juga dikenal sebagai aktivis lingkungan di Amerika.

 

Pada tahun 2011, Mark mendirikan Water Defense. Water Defense adalah sebuah organisasi di New York yang mendedikasikan untuk air bersih di dunia. Di dalam Water Defense, Mark mengajak masyarakat agar terlibat menjaga pasokan air serta bertanggungjawab adanya pencemaran air dan menjaga saluran air agar sumber air terutama air yang dibutuhkan untuk minum tidak terkontaminasi dengan limbah industri.

 

Pada tahun 2015, Ia memerankan tokoh superhero bernama Dr. Bruce Banner yang berubah menjadi Hulk, pria kuat bertubuh hijau, tangguh dan pemarah. Dalam kehidupan nyata, Mark mengakui memang memiliki sifat pemarah, namun marahnya ini memperdebatkan tentang perubahan iklim yang terjadi dan masih banyak yang mengabaikan tentang hal tersebut.

 

Mark berharap para pemuda bisa berfikir logis akan dampak buruk yang ditimbulkan dari perubahan iklim. Menurut Mark, kita tidak membutuhkan kekuatan superhero untuk melindungi bumi ini, yang kita butuhkan hanyalah pendidikan dan kerja sama untuk menjaga lingkungan.

 

Pada bulan Juni di tahun yang sama, Mark juga mengadakan kampanye bernama “100%” di sebuah taman yang terletak di New York. Bersama Leonardo DiCaprio, Ia menyuarakan masyarakat untuk memusatkan perhatian tentang energi bersih yang mudah diperbaharui dan lebih terjangkau.

 

Dalam acara tersebut, Mark tidak hanya menggaet Leonardo DiCaprio, tetapi Ia juga menjalin kerja sama dengan para pimpinan di New York untuk menjadikan lingkungan lebih baik. Masyarakat yang ikut serta dalam kampanye tidak hanya dihibur oleh penari dan musisi tetapi juga disediakan pizza yang diangkut menggunakan truk bertenaga surya.

 

Mark juga mengatakan kepada masyarakat yang ikut serta dalam kampanye tersebut, bahwa New York sudah sangat berjuang menjadikan negara paling ramah lingkungan di Amerika Serikat, meskipun predikat tersebut masih dipegang California.

 

Selalu aktif menyuarakan aksi peduli lingkungan, Mark berharap dapat memberi kesadaran pada masyarakat akan pentingnya merawat lingkungan sekitar. Tidak perlu dimulai dengan hal yang besar, hal kecil seperti mematikan kran air jika tidak dipakai dan hemat daya listrik dengan cara mematikan lampu jika tidak digunakan, itu sudah cukup memberikan dampak positif bagi lingkungan, apalagi jika dilakukan oleh banyak orang. Mark Ruffalo sudah memberi arahan kepada masyarakat untuk melindungi bumi, mulai sekarang lakukanlah apa yang bisa Anda lakukan, lebih baik menyegerakan sebelum benar-benar terlambat.

 

mark ruffalo mark ruffalo mark ruffalomark ruffalo mark ruffalo mark ruffalo mark ruffalo

Bagikan ini: