0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Program sustainable fashion design adalah sebuah program studi yang mempelajari tentang sustainable fashion (dikenal juga sebagai eco fashion). Jenis fashion yang sustainable merupakan bagian dari filosofi desain dan tren yang ramah lingkungan.

 

Tujuan dibuatnya tren ini adalah untuk menciptakan sistem yang lebih memperhatikan dampak manusia, juga tanggung jawab lingkungan dan sosial agar dapat terus berlanjut.

 

Sustainable fashion pertama kali muncul sekitar akhir tahun 1980an dan awal 1990an, dikenalkan oleh perusahaan ternama seperti Patagonia dan ESPRIT yang membawa konsep “sustainability” dalam bisnis mereka. Konsep tersebut terinspirasi dari pemilik perusahaan yang menyaksikan adanya degradasi lingkungan yang disebabkan oleh peningkatan pemakaian.

 

Kedua pemilik perusahaan tersebut lantas melakukan penelitian tentang dampak penggunaan fiber di perusahaannya, mengacu pada prinsip sustainable fashion berdasarkan filosofi ahli ekologi mendalam seperti Arne Næss, Fritjof Capra, dan Ernest Callenbach. Hasil kerja kedua perusahaan itu lalu mempengaruhi seluruh pergerakan dalam fashion dan sustainability.

 

Dewasa ini industri fashion juga gencar mengeluarkan produk berdesain sustainable karena merasa itu adalah yang paling dibutuhkan saat ini. Konsumsi pakaian telah mencapai puncaknya sepanjang masa, oleh karenanya pendukung desain ramah lingkungan semakin aktif menyuarakan pendapat mereka.

 

Pendapat para pendukung desain ramah lingkungan nampaknya mulai didengar oleh industri fashion. Gerakan peduli lingkungan mulai dilakukan oleh para pelaku desain, seperti Council of Fashion Designers of America (CFDA) yang membuat  komite sustainability pertama yang pernah ada, Levi’s dan Zara berkomitmen untuk menggunakan bahan bebas racun, dan H&M dengan ambisius meluncurkan serangkaian proyek desain sustainable.

 

Mempopulerkan tren fashion yang lebih sustainable dan beretika tidak hanya mampu membuat bumi menjadi lebih hijau, tapi juga dapat menciptakan lapangan kerja baru. Bagi para pelamar dengan latar belakang pendidikan di bidang sustainable design tentunya akan lebih dipertimbangkan perusahaan. Pengetahuan di bidang ini dapat membuat pelamar lebih unggul dan mendorong terciptanya desain yang cerdas.

 

Dengan meningkatnya permintaan desain pakaian yang lebih sustainable dan beretika, otomatis membuat permintaan desainer terlatih dalam bidang ini semakin meningkat, sehingga dinilai perlu adanya program studi yang menekuni bidang tersebut. Oleh karena itu, dibuatlah program studi sustainable fashion design dan dari sekian banyak universitas yang menawarkan program ini, berikut kami rangkum lima program eco fashion terbaik di seluruh dunia.

 

California College of Arts (San Fransisco, California)

CCA ini menawarkan peserta didiknya gelar MBA untuk Design Strategy dan BA untuk Fashion Design. Program ini telah dibuat selama lebih dari 10 tahun, tepatnya bermula tahun 1990. Salah satu profesor yang mengajar di CCA adalah Lynda Grose, co-founder koleksi ESPRIT. Kursus dan workshop penting dalam program ini adalah tentang Eco: Sustainability Seminar, Sustainability Studio, Innovation Studio, dan Leadership by Design. Biaya masuk MBA untuk Design Management adalah $39.984, sama dengan biaya BA Fashion Design.

program sustainable fashion design California College of Arts

California College of Arts

 

London College of Fashion (London, UK)

Universitas ini menawarkan gelar MA untuk Fashion and the Environment. Kampus ini merupakan pusat Center for Sustainable Fashion (CSF) yang didirikan tahun 2008 dan kini dikenal sebagai pemimpin edukasi sustainable fashion. Salah satu profesor yang mengajar adalah Kate Fletcher, pendiri gerakan “slow fashion”. Biaya pendidikan di sini adalah £13.800 untuk siswa internasional.

program sustainable fashion design London College of Fashion

London College of Fashion

 

Parson The New School for Design (NY, USA)

Sekolah ini menawarkan pelajaran sustainable fashion, pilihan untuk spesialisasi dalam bidang sustainable. Parson adalah salah satu pelopor sekolah fashion yang mengenalkan pentingnya desain sustainable, memberikan salah satu kursus fashion pertama di dunia dengan nol limbah yang dikembangkan oleh Timo Rissanen. Kursus penting dalam sekolah ini adalah Zero Waste Design, Sustainable Fashion, Ethical Fashion, dan EcoFashion: Sustainable Solutions. Biaya masuknya sekitar $38.510.

program sustainable fashion design Parson The New School for Design

Parson The New School for Design

 

Fashion Institute of Technology (NY, USA)

Institusi ini menyediakan program Sustainable Design Entrepreneur Certificate Program, BFA. Berdasarkan juru bicara FIT, program sertifikasi mereka memberikan pengusaha desain pengetahuan, peralatan, dan akses menuju sumber-sumber yang mereka butuhkan untuk membangun bisnis yang layak berdasarkan praktik desain sustainable. Harga kelas di sini sangat terjangkau, hanya $115 per empat minggu.

program sustainable fashion design Fashion Institute of Technology

Fashion Institute of Technology

 

ESMOD Berlin (Berlin, Jerman)

Disini ditawarkan gelar MA Sustainability in Fashion. Program tersebut dimulai tahun 2011, merupakan yang pertama di bidangnya di Jerman dan yang terdepan pemikirannya, merata di seluruh Eropa. Pelajaran yang diberikan dalam program ini adalah Sustainable Design Strategies, Sustainable Marketing, Sustainable Knowledge, dan Sustainable Production & Textiles.  Biaya masuknya sebesar £14.500 untuk siswa non-Eropa.

program sustainable fashion design ESMOD Berlin

ESMOD Berlin

 

Demikian rangkuman lima Program sustainable fashion design terbaik di dunia. Semoga dapat menjadi referensi dalam memilih program sustainable fashion design yang sesuai dengan Anda.

 

Bagikan ini: