0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Neal Unger, pria kelahiran Anaheim, California, tahun 1957 ini terus aktif menekuni hobi barunya, yaitu skateboarding. Usianya kini sudah 61 tahun. Di saat pria seusianya pada umumnya tengah menikmati masa pensiun dengan sekadar bermain golf atau bersantai ria sambil meneguk segelas jus segar, Neal justru menemukan hobi baru yang cukup menantang untuk usianya.

 

Mulanya Neal lebih suka berselancar. Sejak usia 9 tahun, Neal sudah menyukai surfing dan sering melakukan aktivitas tersebut. Namun kemudian Neal menjadi jatuh cinta pada skateboarding saat usinya 57 tahun. Agak sulit dipercaya memang ketika pria dengan usia kepala lima malah menjadi pemula dalam skateboarding.

 

Bagi sebagian besar orang akan menganggap bahwa skateboarding adalah pilihan yang buruk bagi seorang “pria tua”. Meski begitu, Neal tetap pada pendiriannya untuk terus menggeluti hobi barunya tersebut. Neal mencoba mengubah kata “tua” dalam benaknya menjadi lebih produktif dengan mendalami minatnya menjadi seorang skater dan menguasai trik-triknya yang berkaitan dengan olahraga.

 

Hal yang membuat  Neal terus maju mencapai tujuannya menjadi skater di usia 60-an ini adalah karena Ia menemukan semacam terapi mental dalam aktivitas tersebut. Ia menyadari usinya yang tidak lagi muda, tetapi Ia pun ingin mengetahui lebih dalam mengenai dirinya di usia senja ini. Dengan melakukan aktivitas yang cukup berbahaya ini, Neal menjadi lebih tahu apa yang harus dilakukan saat dirinya berada dalam situasi yang berbahaya.

 

Sebagai seorang pemula, Neal mengakui bahwa Ia belum cukup ahli dalam skateboarding. Belum semua trik bisa dilakukan olehnya, mungkin hanya sekitar 10-20 persen trik dasar yang sudah bisa Ia kuasai. Tetapi semangatnya untuk terus belajar membuat Ia tetap dalam kondisi aman ketika melakukan skateboarding. Neal menggunakan aktivitas ini sebagai meditasi dan self-discovery.

 

Prinsip hidup Neal adalah bahwa seorang manusia harus tetap kuat dan muda meski telah beranjak tua. Untuk menginspirasi orang lain, Neal menuangkan segala pemikirannya tentang kehidupan, terutama pemikirannya sebagai “pria tua” dalam eBook yang Ia tulis dengan judul Dude Logic.

 

Pria dengan julukan “The Dude” ini juga mendirikan Next Up Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak dan remaja melalui skateboarding dan action sport. Melalui organisasi tersebut Neal ingin menginspirasi generasi muda dan banyak orang bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan. Jika pria seusianya saja masih kuat melakukan skateboarding, maka yang lebih muda pun memiliki kemampuan untuk melakukannya, bahkan mungkin jauh lebih kuat darinya.

 

Neal selalu memiliki pemikiran dan perilaku positif terhadap kehidupan. Ini diakuinya berkat kepercayaan diri yang selalu Ia tanamkan pada dirinya. Ia mengibaratkannya seperti saat melakukan skateboarding, semakin kita mencoba dan mempraktikkan tirk-trik baru dalam skateboard, kemungkinan gagal pun tidak terelakkan. Namun, kita akan terus mencoba bangkit dan mengulanginya, kecuali jika kita terkapar di rumah sakit.

 

Begitu pula dengan kepercayaan diri yang membutuhkan begitu banyak kegagalan, juga kesuksesan. Kegagalan dan kesuksesan akan dengan sendirinya membangun kepercayaan diri seseorang. Mungkin tidak langsung bisa disadari, tetapi waktu akan menunjukkan bahwa segalanya akan berangsur-angsur membaik.

 

Seperti itulah Neal menjalani hidupnya. Baginya, usia hanyalah sebuah angka. Jangan menjadikan angka yang semakin besar nilainya itu sebagai pembatas untuk menjadi lebih produktif.

 

Diri kita bisa saja terjebak dalam tubuh tua yang seringnya dijadikan alasan untuk hidup bermalas-malasan, tetapi sebenarnya banyak hal yang dapat kita eksplor dengan tubuh renta tersebut. Dengan menjadi lebih produktif, badan pun akan menjadi lebih sehat karena banyak melakukan gerakan. Meski tidak seekstem yang dilakukan Neal Unger.

 

neal unger neal unger neal unger neal unger neal unger neal unger

Bagikan ini: