0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Salvatore Ferragamo lahir di Bonito, Italia pada tanggal 5 Juni 1898 dan wafat pada tanggal 7 Agustus 1960 adalah seorang perancang sepatu Italia dan pendiri peritel barang-barang mewah Salvatore Ferragamo SpA. Ferragamo bekerja dengan banyak bintang Hollywood pada tahun 1920-an, sebelum kembali ke Italia dan mendirikan perusahaan sepatu yang dipesan lebih dahulu. Pendekatan ilmiah dan daya kreatifnya terhadap sepatu melahirkan banyak inovasi seperti sepat wedges dan sepatu dengan tumit berbentuk sangkar.

 

Ferragamo lahir dari keluarga miskin di Bonito dan merupakan anak kesebelas dari 14 anak. Setelah membuat sepasang sepatu pertama untuk dirinya sendiri dan sepasang sepatu hak tinggi pada usia Sembilan, Salvatore muda memutuskan bahwa dia telah menemukan panggilan hatinya yaitu kecintaannya pada sepatu.

 

Salvatore Ferragamo meninggal pada tahun 1960 pada usia 62 tahun, tetapi namanya tetap hidup sebagai perusahaan internasional, yang telah memperluas operasinya termasuk sepatu mewah, tas, kacamata, aksesoris yang terbuat dari sutra, jam tangan, parfum, dan lini pakaian siap pakai . Pada kematiannya, istrinya Wanda dan kemudian enam anak mereka yaitu Fiamma, Giovanna, Fulvia, Ferruccio, Massimo dan Leonardo yang menjalankan perusahaan ayahnya.

Penemuannya yang paling terkenal adalah “Cage Heel” dan Fiamma yang merupakan putri tertua Salvatore yang meninggal pada tahun 1998 muncul dengan sepatu ” Vara pump” pada tahun 1978.

 

Sebuah museum yang didedikasikan untuk kehidupan dan karya Ferragamo dibuka di Palazzo Spini Feroni pada 1995.

Pada Maret 2013, rumah mode Ferragamo, Salvatore Ferragamo S.p.A., mendirikan Yayasan Ferragamo di Florence. Yayasan ini dibentuk untuk memupuk perancang busana muda, berdasarkan gagasan Salvatore Ferragamo

 

Koleksi Serat Orange dari Salvatore Ferragamo

Setia dengan moto mereka, “responsible passion”, Salvatore Ferragamo adalah rumah mode pertama yang menggunakan kain Fiber yang terbuat dari orange. Kolaborasi yang sangat dinanti ini lahir dari hasrat bersama untuk inovasi kreatif, desain yang berkelanjutan, dan warisan kesayangan akan keunggulan Italia.

 

Brand Salvatore Ferragamo berusaha menelusuri kembali langkah-langkah pendirinya dalam mengembangkan koleksi dengan bahan-bahan inovatif. Perusahaan yang berbasis di Florence ini meluncurkan koleksi kapsul yang dibuat dengan Orange Fiber dan waktunya bertepatan dengan Hari Bumi edisi ke-47 pada 22 April tahun lalu. Orange Fiber yang dipatenkan adalah kain pertama di dunia yang dibuat dari buah jeruk.

 

Salvatore Ferragamo telah mencoba mematenkan prosedur untuk membuat pengganti kulit yang di bagian atasnya adalah bahan raffia. Mereka berkolaborasi dengan perusahaan Orange Fiber yaitu sebuah perusahaan Italia yang membuat kain dari sisa limbah dari jus jeruk. Hal ini berusaha untuk mengakhiri 70.000 ton limbah jeruk yang diproduksi di Italia setiap tahunnya. Untuk proyek ini, perusahaan hanya menggunakan kain yang berasal dari alam dan merupakan merek pertama yang menggunakan Serat Jeruk yang terlihat dan terasa seperti sutra.

 

Salvatore Ferragamo dan Gaya Hidup Berkelanjutan


Merek ini berkomitmen untuk membawa praktik berkelanjutan ke industri mode dan membentuk konsep baru kemewahan 3.0. Cara ini merupakan cara kontemporer untuk membangun gaya hidup etis dan berkelanjutan, yang mempertimbangkan masa depan  dan yang paling penting, masa depan dunia kita bersama.

 

Meskipun penggunaan inovasi ini tidak murah, namun proses inovatif ini menunjukkan kepada kita hal bermanfaat apa yang dapat dilakukan dengan limbah makanan yang kita hasilkan sehari-hari. Tentunya kita juga  berharap, merek-merek fesyen lainnya akan mengikuti jejak kolaborasi dari Salvatore Ferragamo dan Orange Fiber ini.

 

salvatore ferragamo salvatore ferragamo salvatore ferragamo salvatore ferragamo

Bagikan ini: