0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Charles Robert Redford, Jr.  atau lebih dikenal dengan nama Robert Redford , adalah aktor yang lahir pada tanggal  18 Agustus 1936. Selain sebagai aktor, pria berumur 82 tahun ini adalah seorang sutradara dan juga produser film di Amerika Serikat.

 

Ia lahir di Santa Monica, California, America Serikat. Pada tahun 1954, Ia lulus dari Van Nuys High School di Los Angeles, California dan mendapatkan beasiswa karena keahliannya dalam olahraga baseball sehingga bisa masuk ke University of Colorado tanpa ada pungutan biaya sama sekali. Setelah itu Robert Redford memutuskan untuk pindah ke Pratt Institute di Brooklyn untuk lebih  mempelajari tentang seni lukisan secara lebih mendalam.

 

Karirnya di dunia film semakin cemerlang sejak Ia membintangi film All the President’s Men, Butch Cassidy and the Sundance Kid, The Sting, Out of Africa, The Natural, The Way We Were, The Great Gatsby dan beberapa judul film lainnya. Selain berperan sebagai aktor, Ia juga berperan di balik layar dengan menyutradarai film The Legend of Bagger Vance, Ordinary People, Quiz Show, The Horse Whisperer, The Milagro Beanfield War, dan A River Runs Through It.

 

Robert Redford sang Pencetus Sundace Film Festival

Ia merupakan pencetus dari Sundance film festival yaitu sebuah program dari Sundance Institute yang diadakan setiap tahun di Park City, Utah, Amerika serikat. Pesertanya mencapai 46.660 pada tahun 2016 sehingga merupakan festival film independen terbesar di Amerika Serikat. Selain di diadakan pada bulan Januari di Park City dan Salt Lake City, Utah, serta di Sundance Resort, festival ini adalah tempat untuk menciptakan karya baru dari para pembuat film independen Amerika dan juga internasional.

 

Ia juga mengkampanyekan The Sundance Kid untuk   kehidupan alam di Utah, mempromosikan solar energy dan berusaha mempengaruhi pemerintah dalam hal ini mayor di tempta tersebut untuk lebih memikirkan bagaimana menanggulangi perubahan iklim yang makin mengkhawatirkan.

 

Gerakan membela lingkungan yang dilakukan Robert Redford

Selama 30 tahun Robert Redford mendedikasikan dirinya kepada board dari Natural resources Defences Council. Ia juga membuat acara mingguan selama 3 jam per episode mengenai eco programing di tv Channel Sundance yang di kelolanya.

 

Robert Redford merupakan wakil dari Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam. Selain itu Ia juga menentang Keystone pipleline ( sistem pipa minyak ) yang di miliki oleh Corporation TransCanada. TransCanada Corporation adalah perusahaan energi dari Amerika yang berbasis di Calgary, Alberta di Kanada, yang mengembangkan dan mengoperasikan infrastruktur energi di Amerika Perusahaan tersebut mengoperasikan tiga bisnis inti yaitu Pipa Gas Alam, Saluran Pipa Cair dan Energi.

Pada tahun 2013, Ia di tunjuk untuk memimpin gerakan protes anti-pipa minyak. Pada bulan April 2014, Redford bersama Pitzer College Trustee beserta Pitzer College President yaitu Laura Skandera Trombley mengumumkan bahwa perguruan tinggi akan melepaskan stok bahan bakar fosil.Pada saat itu, lembaga pendidikan tinggi tersebut merupakan pemberi sumbangan terbesar di AS untuk membuat komitmen ini.

 

Pada November 2012, Pitzer meluncurkan program yaitu Robert Redford Conservancy untuk Southern California Sustainability di Pitzer College. The Redford Conservancy bertujuan untuk mendidik generasi siswa yang merupakan generasi selanjutnya untuk menciptakan solusi untuk masalah keberlanjutan yang paling menantang dan cukup mendesak. Langkah Robert Redford dalam memelihara lingkungan tersebut cukup memberikan inspirasi kepada kita agar ikut juga memberikan kontribusi kepada bumi tercinta ini.

 

robert redford robert redford robert redford robert redford robert redford robert redford

Bagikan ini: