0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Julia Hill atau yang lebih dikenal dengan nama Julia “Butterfly” Hill adalah seorang aktivis lingkungan asal Amerika. Wanita kelahiran 18 Februari 1974 ini terkenal dengan aksinya sebagai penunggu pohon Redwood hingga ratusan hari di California. Ia tinggal di atas pohon Redwood California setinggi 180 kaki atau sekitar 55 meter yang umurnya sudah mencapai 1500 tahun selama 738 hari.

 

Wanita berparas manis ini mulai tinggal di pohon sejak tanggal 10 Desember 1997 sampai 18 Desember 1999. Saking akrabnya dengan pohon yang Ia tinggali itu, Julia sampai memberi nama “Luna” pada pohon tersebut. Aksi tinggal di atas pohon ini tidak lain karena kepeduliannya untuk menyelamatkan Luna dari aksi tebang-habis pohon Redwood.

 

Sejak kecil Julia memang sudah terbiasa menyatu dengan alam. Ayahnya, Dale, adalah seorang traveling minister yang biasa membawa keluarganya bepergian dari kota ke kota. Ia dan keluarganya bahkan pernah tinggal di perkemahan yang terletak di ketinggian 32 kaki (9,8 meter) saat Julia masih berumur 10 tahun.

 

Saat Julia berusia 7 tahun, suatu hari Ia dan keluarganya pergi mendaki dan tiba-tiba ada kupu-kupu yang hinggap di jari Julia. Selama perjalanan mendaki, kupu-kupu tersebut masih hinggap di jarinya, dari situlah Julia mendapati panggilan “Butterfly” dan Ia memutuskan untuk menggunakan panggilan tersebut sepanjang hidupnya.

 

Panggilan hatinya untuk benar-benar mencintai lingkungan bermula saat Julia berumur 22 tahun. Saat itu Ia mengalami kecelakaan parah dan hampir saja meninggal. Mobil Yang Ia kendarai ditabrak dari belakang oleh pengemudi yang sedang mabuk dan tabrakan tersebut mengakibatkan luka parah pada Julia.

 

Setir kemudi mobil menembus tulang tengkoraknya hingga Ia mengalami kesulitan bicara dan dan berjalan secara normal selama hampir satu tahun lamanya.

 

Ketika keadaan Julia pulih kembali, sejak saat itu Ia menyadari bahwa ada yang tidak seimbang dalam hidupnya. Selama ini Ia selalu terobsesi pada karir, kesuksesan, dan materi saja.

 

Kecelakaan tersebut membuatnya sadar bahwa Ia harus melakukan apapun yang dapat Ia lakukan untuk memberi dampak positif pada masa depan. Setir mobil yang menancap di kepalanya secara tidak langsung telah mengemudikan dirinya pada sebuah kehidupan yang baru.

 

Setelah kecelakaan itu, Julia mengembara ke California dan berencana untuk mengubah hidup sepenuhnya. Pada tahun 1997, Julia merasa terpesona dengan keindahan dan aura yang dimiliki hutan Redwood yang menjulang tinggi, kemudian Ia bergabung dalam sebuah kelompok “tree sitter” di California utara yang memprotes tebang-habis pohon Redwood oleh Pacific Lumber Company.

 

Mulanya anggota kelompok bergiliran keluar masuk hutan Redwood selama beberapa hari untuk mencegah penebangan, tetapi organisasi tersebut menginginkan seseorang untuk tinggal di pohon selama satu minggu. Karena tidak ada yang mau menjadi sukarelawan, Julia pun menawarkan dirinya. Ia menyetujui protes penebangan tersebut dan memutuskan untuk tinggal di atas pohon Redwood setinggi 180 kaki yang Ia beri nama “Luna”.

 

Selama tinggal di Luna, banyak hal yang Julia alami. Ia harus menghadapi cuaca ekstrem, melawan penyakit, tindakan tidak menyenangkan dari helikopter, pengepungan oleh petugas keamanan Pacific Lumber, suhu yang tidak menentu, derasnya hujan dan angin kencang di musim dingin El Nino, dan rintangan-rintangan lainnya.

 

Tidak mudah untuk bertahan hidup di atas pohon itu. Julia menggunakan tungku propana mungil untuk memanaskan makanan dan tetap berada di sleeping bagnya sepanjang hari agar Ia tetap merasa hangat.

 

Keberanian dan kegigihannya melawan Pacific Lumber tersebut menarik perhatian media internasional dan membuatnya menjadi seperti selebriti eco. Ia menggunakan telepon genggam bertenaga surya untuk dapat berkomunikasi dengan para reporter yang ingin mewawancarai nya. Julia juga kerap muncul di acara-acara tv kabel sebagai koresponden “in- tree”.

Pada tahun 1999, Pacific Lumber mulai lelah dengan publisitas negatif yang ditimbulkan dari aksi Julia Hill. Akhirnya, perusahaan tersebut menyetujui resolusi yang melindungi 200 kaki area netral di sekitar Luna dan pohon Redwood tua lainnya.

 

Tidak hanya itu, Pacific Lumber juga memberikan dana pemulihan sebanyak $50.000 US dollar yang kemudian disumbangkan ke Humboldt State University di California untuk penelitian kehutanan. Setelah penyelesaian tersebut, barulah Julia turun dari Luna.

 

Setelah ratusan hari yang Julia Hill lewati di Luna, Ia kembali menapakkan kakinya di atas tanah dan hidup normal. Aksi Julia yang tergolong ekstrem ini membuatnya dikenal sebagai seorang pahlawan dan pelindung lingkungan.

 

Keberanian, komitmen, dan penyampaian harapan serta cintanya pada lingkungan telah menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia. Beberapa musisi bahkan menuliskan lagu tentangnya sebagai bentuk apresiasi mereka terhadap aksinya. Semoga aksi Julia Hill ini juga dapat menginspirasi kita semua.

 

julia hill julia hill julia hill julia hill

Bagikan ini: