0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Chandi Prasad Bhatt lahir pada tanggal 23 June 1934 di Gopeshwar, Chamoli, Uttarakhand, India. Ia dikenal sebagai pencinta lingkungan modern pertama di India. Prasad Bhatt dilahirkan dari keluarga petani dan pendeta dan tumbuh di lingkungan yang sederhana. Ia memulai perjalanannya menyelamatkan lingkungan ketika dia mendengar pidato Shri Jayaprakash Narayan, dan pemimpin Sarvodya setempat Shri Man Singh Rawat di Badrinath pada tahun 1956.

 

Dia sangat terkesan dengan kedua pidato tersebut, sehingga dia segera bergabung dengan gerakan Sarvodaya dan mengabdikan dirinya untuk meningkatkan kehidupan penduduk desa dalam memerangi kejahatan dan eksploitasi di antara kaum miskin di Uttarakhand.

 

Ia adalah aktivis lingkungan dan sosial Gandhi India, yang mendirikan Dasholi Gram Swarajya Sangh (DGSS) di Gopeshwar pada tahun 1964 dan akhirnya di ubah menjadi Dasholi Gram Swarajya Mandal (DGSM) .  Dasholi Gram Swarajya Mandal adalah organisasi penting dalam perang melawan penebangan di Uttar Pradesh yang dimulai  pada tahun 1964 oleh Chandi Prasad Bhatt.

Organisasi ini berbentuk koperasi yang mempekerjakan penduduk desa dan memanfaatkan sumber daya lokal.Ia mempromosikan para penduduk desa untuk menenun, memelihara lebah, pengumpulan ramuan dan industri rumahan lainnya. DGSM terinspirasi oleh prinsip-prinsip Gandhi tentang antikekerasan dan gagasan Sarvodaya, yang berarti kesetaraan dan penentuan nasib sendiri untuk semua warga negara.

 

Di bawah kepemimpinannya, DGSM memprakarsai sejumlah program penanaman pohon dan perlindungan, terutama yang melibatkan perempuan untuk menanam kembali sisi bukit tandus yang mengelilingi mereka. Usahanya yang tak kenal lelah membuahkan hasil, dalam kurun waktu singkat, tingkat kelangsungan hidup di perkebunan DGSM jauh lebih tinggi daripada perkebunan yang di buat oleh Departemen Kehutanan.

 

Chandi Prasad Bhatt dan Gerakan Chipko

DGSM kemudian menjadi organisasi ibu dari Gerakan Chipko, di mana ia menjadi salah satu pelopor , dan untuk itu ia dianugerahi Penghargaan Ramon Magsaysay untuk Kepemimpinan Masyarakat pada tahun 1982, diikuti oleh Padma Bhushan pada tahun 2005.

 

Gerakan Chipko atau dikenal sebagai Chipko andolan adalah gerakan sosial dan ekologi tanpa kekerasan oleh penduduk desa, terutama perempuan, di India pada 1970-an, yang bertujuan melindungi pohon dan hutan yang akan di tebang. Gerakan ini berasal dari wilayah Himalaya di Uttar Pradesh  pada tahun 1973 dan dengan cepat menyebar ke seluruh Himalaya India.

 

Kata Hindi chipko berarti “memeluk” atau “berpegang teguh” dan mencerminkan taktik utama para demonstran untuk merangkul pohon-pohon untuk menghalangi para penebang. Sejumlah besar wanita juga berpartisipasi dalam gerakan ini. Gerakan Chipko yang diselenggarakan oleh Shri Bhatt menarik perhatian dunia dan menyebabkan amandemen kebijakan hutan oleh Pemerintah pada tahun 1973.

 

Kecintaan Chandi Prasad Bhatt kepada Alam

Alam adalah hadiah terindah bagi umat manusia dan merupakan tugas semua orang baik pria dan wanita untuk melestarikan dan menjaganya. Bhatt membuat penduduk sekitar   dapat memahami pentingnya panggilan nasional tersebut. Seperti kita ketahui di setiap negara manusia menentang alam. Itulah sebabnya kita mengalami banjir, kekeringan, tanah longsor, dan musibah semacam itu yang disebut alami tetapi sebenarnya adalah hasil dari campur tangan manusia dengan alam.

 

Sebagai pengikut ideologi Gandhi, ia menjalani kehidupan yang sangat sederhana dan merupakan pembawa obor sejati dari prinsip-prinsip Gandhi. Dia adalah sumber inspirasi bagi pencinta lingkungan dan negara pada umumnya. Pada tahun 2013, Chandi Prasad Bhatt menerima penghargaan Perdamaian Gandhi atas perjuangannya yang tanpa henti terhadap lingkungan.

 

chandi prasad bhatt chandi prasad bhatt chandi prasad bhatt chandi prasad bhatt chandi prasad bhatt

Bagikan ini: