0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Joshua Browning Carter Jackson atau lebih di kenal dengan nama Joshua Jackson lahir pada tanggal 11 June, 1978 di Vancouver, British Columbia, Canada. Ia adalah seorang aktor Hollywood yang terkenal sebagai Pacey Witter di serial televise Dawson’s Creek.

 

Selain itu juga berperan sebagai Charlie Conway dalam seri film The Mighty Ducks, Peter Bishop di Fringe, dan Cole Lockhart di film The Affair. Selain itu Jackson juga memenangkan Penghargaan Genie untuk Penampilan Terbaiknya Pemeran Utama dalam film independen Kanada, One Week.

 

Jackson lahir di Vancouver, British Columbia dari orang tua yang bernama John Carter dan Fiona Jackson. Ibunya adalah seorang direktur casting.Ia memiliki seorang adik perempuan, Aisleagh, dan dua saudara tiri yang lebih tua, Jonathan dan Lyman.

 

Jackson dibesarkan di California sampai berusia 8 tahun lalu pindah ke Vancouver bersama ibu dan adik perempuannya. Ia belajar di Sekolah Mini Ideal dan kemudian beralih ke Sekolah Menengah Kitsilano.

 

Joshua Jackson dan Oceana

Baru-baru ini yaitu pada bulan October, ia menghadiri Our Ocean Conference (OOC) 2018 yang di adakan di Bali Nusa Dua Convention Center.Kedatangannya adalah bukan sebagai perannya sebagai aktor tapi aktivis laut, ia menyuarakan kepeduliannya terhadap laut dunia melalui organisasi konservasi laut global Oceana.

 

Oceana didirikan pada tahun 2001 atas kerjasama beberapa yayasan terkemuka yaitu Oak Foundation, The Pew Charitable Trust, Marisla Foundation (sebelumnya bernama Homeland Foundation), dan Rockefeller Brothers Fund.

 

Lembaga ini didirikan atas dasar sebuah penelitian yang dilakukan sebelumnya dan menemukan bahwa kurang dari 0,5 persen dari semua sumber donasi dana yang dikeluarkan oleh para kelompok nirlaba lingkungan di Amerika Serikat disalurkan untuk perlindungan laut.

 

Hal itu berarti tidak ada organisasi yang bekerja secara eksklusif untuk melindungi dan memulihkan lautan dalam skala global. Untuk mengisi kesenjangan tersebut, Oceana hadir dan menjadi sebuah organisasi internasional yang hanya berfokus pada konservasi laut sedunia.

 

Joshua Jackson dan Konfrensi Kelautan OCC di Bali

Joshua mengaku sangat antusias menghadiri konfrensi OOC 2018 karena menurutnya konferensi ini merupakan forum yang sangat baik untuk mengumpulkan seluruh pemangku kepentingan agar bersatu dalam upaya untuk penjagaan laut tidak hanya di negara masing-masing tapi di dunia.

 

Joshua mengungkapkan bahwa setiap orang memiliki kebiasaan masing-masing dalam menggunakan kemasan plastik dan untuk menanggulangi sampah plastik tidak tepat caranya jika menyuruh masyarakat untuk langsung mengurangi kebiasaan menggunakan kemasan plastik. Perlu mencari solusi lain yang lebih tepat sebagai alternatif agar masyarakat tidak memakai plastik lagi.

 

Dalam OOC 2018, Joshua mendorong perusahaan-perusahaan yang memproduksi kemasan plastik untuk bertanggung jawab dengan kemasan yang mereka buat. Joshua juga mengekspresikan kekagumannya terhadap keindahan alam yang ada di Indonesia dan merasa sudah sepatutnya Indonesia menjaga alamnya yang sangat indah.

 

Joshua juga menceritakan ia sangat mencintai laut karena masa kecilnya hidup berdekatan dan tumbuh besar dengan laut dan senang melakukan scuba diving. Salah satu bukti lain kecintaannya kepada lingkungan terutama terhadap laut yaitu turut sertanya ia di dalam film dokumenter Years of Living Dangerously.

 

Kita patut berbangga karena semakin banyak yang peduli terhadap laut dunia  dan dengan semakin sadar bahwa perlu peran serta dari semua masyarakat. Diharapkan kita bisa saling menjaga setiap tindakan terutama mengenai kebiasaan membuang sampah plastik agar tidak berdampak buruk terhadap kelangsungan hidup laut dunia. Hal yang dilakukan oleh Joshua Jackson dalam perannya sebagai masyarakat yang sadar akan dampak sosial patut dicontoh.

 

joshua jackson joshua jackson joshua jackson joshua jackson

Bagikan ini: