0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Pameran mode berkelanjutan adalah topik yang hangat dan akan tetap menjadi pembahasan. Salah satu pameran yang mengusung tema ‘Fashioned from Nature’ ini berada di musem of Art di V & A. Pameran ini cukup besar dan terdapat memenuhi dua lantai museum tersebut dan membawa pengunjung pada perjalanan akan hubungan mode dengan alam.

 

Museum Victoria and Albert atau lebih dikenal dengan V & A museum berada di London, Inggris. Museum ini adalah museum seni dan desain dekoratif terbesar di dunia, menampung koleksi permanen lebih dari 2,27 juta objek. Museum ini didirikan pada tahun 1852 dan dinamai untuk menghormati Ratu Victoria dan Pangeran Albert.

 

V & A museum terletak  di Royal Borough Kensington di daerah yang telah dikenal sebagai “Albertopolis” karena hubungannya dengan Pangeran Albert, Albert Memorial dan institusi budaya utama yang berhubungan dengannya, termasuk didalamnya adalah Museum Sejarah Alam, Museum Sains dan Royal Albert Hall.

 

Museum V &A adalah badan publik non-departemen yang disponsori oleh Departemen Kebudayaan, Media, dan Olahraga. Seperti museum nasional Inggris lainnya, pintu masuk ke museum tidak di pungut biaya sejak tahun 2001.

 

Museum ini memiliki koleksi patung post-klasik terbesar di dunia, dengan koleksi n barang-barang Renaissance Italia menjadi yang terbesar di luar Italia. Museum in mempunyai departemen Asia termasuk seni dari Asia Selatan, Cina, Jepang, Korea, dan dunia Islam.

 

Koleksi Asia Timur yang dimiliki termasuk yang terbaik di Eropa, dengan kekuatan khusus dalam keramik dan logam, sedangkan koleksi Islam adalah salah satu yang terbesar di dunia Barat. Secara keseluruhan, museum ini memiliki koleksi yang terbesar dalam segala  jenis budaya seni.

Pameran mode berkelanjutan, Fashioned from Nature’

Pada saat pengunjung pertama kali  masuk dan menjejakkan kaki kedalam gedung, pengunjung langsung disambut dengan ruangan yang dipenuhi koleksi antik. Beberapa pakaian tidak bisa disangkal keindahannya.

 

Ada beberapa gaun yang indah, terbuat dari serat seperti sutra dan katun. Motif yang terdapat disana sering terinspirasi oleh alam seperti bunga dan tumbuhan. Lantai dasar juga mendokumentasikan revolusi industri, dan bagaimana produksi pakaian secara massal membantu dalam membawa pakaian yang bercita rasa seni tinggi dengan harga yang murah ke middle class namun dampaknya adalah semakin tingginya kerusakan alam akibat tingginya permintaan akan produk mode ini.

 

Pindah ke lantai atas, suasana pameran berubah. Lantai ini mengeksplorasi dunia mode dari sisi secara berkelanjutan dan langkah-langkah yang dilakukan para desainer dan produsen untuk bersikap baik terhadap planet kita. Potongan-potongan mode ini termasuk potongan-potongan vintage dan terkini.

 

Pameran mode berkelanjutan dan desainer yang terlibat didalamnya

Desainer seperti Stella McCartney,  seorang pelopor dalam mode berkelanjutan, dan Vivienne Westwood, seorang revolusioner iklim, sangat menonjol. Disana bisa menemukan sebuah ensemble yang menarik yang dirancang oleh salah satu aktor favorit masa ini yaitu John Malkovich.

 

Disana di jabarkan bahwa Mr Malkovich meluncurkan koleksi busana pria pertamanya di tahun 2017 dan dia menyukai kain tradisional seperti linen. Bagian favorit lain dari lantai ini adalah sepasang celana panjang dari Veja, yang bekerjasama  langsung dengan koperasi untuk memproduksi kapas organik yang ditanam secara berkelanjutan.

 

Akhirnya, di dalam museum tersebut pengunjung dapat menikmati belajar tentang teknik-teknik baru dan inovatif seperti  yang di pamerkan oleh perusahaan Colorifix, yang bertujuan untuk menciptakan metode pencelupan pakaian yang rendah air sehingga bebas polusi.

 

Pameran mode berkelanjutan ‘Fashioned from Nature’ ini berlangsung hingga 27  Januari 2019. Pameran ini sangat menginspirasi karena Anda dapat melihat begitu banyak merek dan desainer yang membuat kemajuan besar dalam cara keberlanjutan dan memikirkan perubahan iklim terhadap bumi.

 

pameran mode berkelanjutan sustainable fashion exhibition pameran mode berkelanjutan sustainable fashion exhibition pameran mode berkelanjutan sustainable fashion exhibition pameran mode berkelanjutan sustainable fashion exhibition pameran mode berkelanjutan sustainable fashion exhibition

Bagikan ini: