0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Wistman’s Wood termasuk hutan langka dengan pepohonan oak terbanyak yang tumbuh memenuhi lahan hutan ini. Hanya ada tiga hutan oak dataran tinggi terpencil yang tersedia dan Wistman Wood adalah salah satunya. Hutan-hutan ini terletak di Dartmoor, Devon, England. Dua hutan oak lainnya adalah Black Tor Beare di West Okement dan Piles Copse di dekat sungai Erme.

 

Nama hutan Wistman Wood ini diambil dari jenis pohon oak kerdil yang banyak tumbuh di sana. Hutan yang memiliki pemandangan menakjubkan ini berperan sangat penting bagi tumbuhan lumut dan lumut kerak yang menghiasi pepohonan dan batu-batu granit yang dapat ditemukan di hutan tersebut.

 

Cagar alam dengan luas keseluruhan 170 hektare ini merupakan hutan oak terbesar di Inggris dan menjadi contoh yang menakjubkan bagi lahan hutan oak dataran tinggi alami. Pada tahun 1964, hutan ini dipilih sebagai Site of Special Scientific Interest (SSSI), yaitu gelar konservasi yang menunjukkan sebuah area terlindugi di UK.

 

Hutan Wistman juga termasuk dalam daftar situs NCR (Nature Conservation Review) dan merupakan bagian dari National Nature Reserve. Hutan ini kaya akan burung-burung moorland. Kekayaan flora dan fauna yang dimiliki hutan ini membuatnya menjadi salah satu alasan utama pemilihan Special Area of Conservation (SAC) Dartmoor.

 

Terletak di lembah sungai Dart, hutan Wistman menawarkan pemandangan alam Devon yang luar biasa dan tidak akan dijumpai di tempat lain manapun di seluruh penjuru negeri.

 

Ada tiga blok yang membagi lahan hutan, yaitu North, Middle, dan South Groves atau Woods. Kawasan ini mencakup daerah terlindung, lereng-lereng selatan-barat yang saling berhadapan, yaitu tempat di mana tepian sungai dengan batuan granit besar (“clitter”) nampak terlihat.

 

Lahan ini dimiliki oleh Duchy of Cornwall (salah satu dari dua kerajaan di Inggris). Pengelolaan lahan sudah dilakukan sejak tahun 1961 di bawah perjanjian cagar alam dengan Nature Conservancy Council, English Nature, dan Natural England. Ketiganya adalah lembaga yang bergerak di bidang konservasi untuk wilayah UK.

 

Meski tidak ada pengelolaan secara aktif, tetapi cukup banyak orang yang mengunjungi hutan ini dengan berjalan kaki (biasanya ditempuh melalui ujung selatan South Wood). Hewan-hewan ternak seperti domba atau anjing juga diizinkan berkeliaran di hutan tersebut selama masih dalam batas teritorial.

 

Hutan ini dibuka sepanjang tahun sehingga orang-orang bisa datang kapan saja. Namun karena letaknya di dataran tinggi, cuaca di sana cepat sekali berubah dan perubahannya secara mendadak. Jika ingin berkunjung ke sana, sebaiknya pada musim dingin dan musim semi, dengan catatan pengunjung harus sudah berpengalaman dan penuh persiapan karena kemungkinan cuaca yang akan dihadapi cukup sulit. Pakaian dan alas kaki pun harus sangat diperhatikan untuk menghadapi kemungkinan perubahan cuaca yang tidak terduga.

 

Hutan ini merupakan salah satu hutan kuno yang telah menutupi daerah Dartmoor sejak zaman dahulu kala, sekitar 7000 tahun sebelum masehi. Ini dibuktikan dengan banyaknya tulisan selama ratusan tahun yang menyebutkan hutan Wistman’s Wood di dalamnya.

 

Bertahan hingga selama itu, perubahan-perubahan pada hutan sudah barang tentu terjadi. Meski tidak lagi sama dengan keadaan awal, pemerintah UK selalu berusaha untuk menjaga kelestariannya dengan menjadikan tempat ini sebagai salah satu kawasan lindung. Untuk itu, para pengunjung yang datang pun hendaknya ikut menjaga kelestarian Wistman’s Wood ini.

 

wistmans wood wistmans wood wistmans wood

Bagikan ini: