0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Xiuhtezcatl Roske-Martinez atau lebih dikenal sebagai Xiuhtezcatl Martinez (di baca ‘Shoe-Tez-Caht’) lahir pada tanggal 9 May 2000 di Boulder, Colorado, Amerika Serikat. Ia adalah aktivis lingkungan yang merupakan penduduk indian asli, artis hip hop, dan direktur muda dari Earth Guardians, organisasi konservasi dunia. Ia merupakan salah satu dari banyak anak muda yang terlibat dalam gugatan yang berkelanjutan terhadap pemerintah karena gagal melindungi orang dari dampak perubahan iklim

 

Martinez adalah satu dari 21 penggugat yang terlibat dalam menggugat pemerintah di dalam kasus Juliana vs Amerika Serikat yang menuntut pemerintah federal karena gagal bertindak atas perubahan iklim. Kasus ini dimulai pada tahun 2015 yang pada akhirnya pengadilan federal menolak langkah pemerintah untuk memberhentikan kasus tersebut pada bulan November 2016.

 

Ia juga merupakan salah satu dari tujuh penggugat yang terlibat dalam gugatan baru-baru ini yaitu terhadap Komisi Konservasi Minyak dan Gas Martinez vs Colorado, yang tujuannya sama dengan tuntutan Juliana vs Amerika Serikat tetapi  berada di tingkat negara bagian. Martinez beralasan bahwa negara harus meminta regulator minyak dan gas negara untuk mempertimbangkan kesehatan masyarakat dan lingkungan di negara bagian tempat ia tinggal.

 

Selain itu ia adalah penggugat utama dalam gugatan terhadap pemerintahan Obama karena kegagalan mereka untuk melindungi atmosfer dan masa depan para penduduk terutama generasi muda.

 

Xiuhtezcatl Martinez dan Kepeduliannya terhadap lingkungan

Martinez menjelaskan mengapa melindungi bumi adalah tanggung jawab para kaum muda. Martinez menegaskan bahwa melindungi bumi bukanlah tentang menjadi seorang aktivis. Hal tersebut adalah tentang mengenali kekuatan yang ia miliki untuk membuat perbedaan.

 

Ayahnya sejak kecil telah mengajari bahwa melindungi bumi adalah tanggung jawab, sama seperti nenek moyang kita juga bertanggung jawab untuk melakukannya. Itu adalah ajaran yang tumbuh bersamanya. Ibu dari Martinez juga terlibat dalam aktivisme lingkungan, dan ia telah bekerja sepanjang hidupnya sebagai penjaga bumi. Menurut Martinez sebagai penjaga bumi telah memberinya jalan keluar untuk menggunakan hasrat dan  suaranya dan itu sangat memberdayakan.

 

Kepeduliannya terhadap lingkungan telah dimulainya sejak dini dimulai ketika ia berusia enam tahun dan berbicara di sebuah demonstrasi lingkungan lokal di daerah rumahnya. Dalam demonstrasi tersebut ia memberi tahu para orang tua betapa pentingnya mendidik anak-anak tentang perubahan iklim. Sejak itu ia telah terlibat dalam aksi unjuk rasa dan protes lokal.

 

Saat ini sebagai seorang remaja, Martinez telah memberikan ceramah TED dan telah diundang untuk berbicara di hadapan PBB tentang kebijakan lingkungan. Pada tahun 2015 di saat ia masih berumur 15 tahun berbicara di  Majelis Umum PBB dan mendesak climate action untuk segera mengatakan, “Apa yang dipertaruhkan saat ini adalah keberadaan generasi muda seperti dirinya.”

 

Xiuhtezcatl Martinez Menciptakan Lagu Speak for the Trees

Pada 2015 sebagai seorang musisi hip hop ia turut serta menyumbangkan karyanya untuk berkompetisi dengan musisi-musisi muda lainnya dari seluruh dunia. Ia mengirimkan musik yang diproduksi sendiri untuk menginspirasi negosiasi di Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim dan lagu gubahan Martinez “Speak for the Trees” terpilih sebagai Penghargaan Juri Pemenang.

 

Sekarang, ia bekerja pada isu-isu perubahan iklim, mengeluarkan pestisida dari taman, moratorium atau pemberhentian  fracking ( mengorek lubang bekas penimbunan energi ) karena Xiuhtezcatl Martinez menyadari bahwa masalah ini akan mempengaruhi semua orang terutama orang-orang kulit berwarna, masyarakat adat, dan pemuda seperti dirinya.

 

Xiuhtezcatl Martinez Xiuhtezcatl Martinez Xiuhtezcatl Martinez Xiuhtezcatl Martinez Xiuhtezcatl Martinez

Bagikan ini: