0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Annabel Caren Clark. Dampak negatif dari kerusakan lingkungaan sudah gamblang dan banyak tergelar di depan mata kita. Kondisi demikian seharusnya kian menyadarkan dan meningkatkan kepedulian kita sebagai bagian dari masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan.

 

Perlu adanya kesadaran lebih dari masyarakat bahwa menjaga lingkungan bukan tanggung jawab pemerintah,relawan, aktivis atau pecinta lingungan lingkungan semata. Semua hal tersebut adalah tanggung jawab kita semua, termasuk para generasi muda penerus bangsa.

 

Dalam rangka memupuk semangat agar para generasi muda terus berpartisipasi aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, perlu adanya program yang melibatkan sekolah-sekolah tingkat dasar  agar lebih peduli dan dan sadar akan dampak sosial yang bisa di timbulkan terhadap lingkungan

Perubahan iklim, pelestarian satwa liar, dan masalah yang dihadapi planet kita mungkin tampak jauh lebih besar daripada kita semua, namun tidak perlu menunggu menjadi dewasa agar bisa memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Kita semua dapat membuat perbedaan yang luar biasa terhadap lingkungan sekitar kita.

 

Para  aktivis muda memulainya dalam skala kecil, tetapi tindakan mereka sejak itu telah membuat dampak yang begitu kuat sehingga mereka dapat membantu menyelamatkan nasib planet kita yang tercinta. Salah satu remaja paling inspiratif adalah Annabel.

 

Annabel Caren Clark Sang Aktivis Muda

Ia berasal dari Dallas, Texas dan masih berumur 18 tahun.

Gerakan aktivisme Annabel telah dimulai kecil, dia mengumpulkan teman sekelasnya di SMA untuk menanam milkweed di sekitar sekolah untuk kupu-kupu raja di puncak musim migrasi mereka.

 

Setelah rekan-rekannya menyatakan keinginan untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelestarian lingkungan namun kurangnya pengetahuan tentang bagaimana untuk mengambil tindakan, Annabel lalu mencari cara untuk terlibat dan akhirnya menemukan program Panda Ambassador World Wildlife Fund. Di dalam program tersebut  dia dipilih untuk melayani sebagai super aktivis dan bekerja langsung dengan WWF untuk memimpin dan mengadvokasi isu-isu konservasi di Amerika Serikat  dan di seluruh dunia.

 

Dari pengalaman disana, Annabel langsung membawa pengetahuan tersebut ke teman-teman sekelasnya dan ia menciptakan Klub Dana Margasatwa Dunia miliknya sendiri, di mana dia terus meneliti dan menyiapkan presentasi tentang spesies seperti macan tutul salju, gajah, dan kehidupan laut lainnya. Saat ini,group tersebut adalah salah satu grup siswa paling populer di sekolah, dan sejak itu ia juga membuat program untuk siswa sekolah menengah.

 

Annabel Caren Clark Peraih Hendrix College Book Award

Inisiatif yang telah diambilnya untuk menciptakan gerakan di mana tidak ada satu pun yang pernah meraih untuk anak seumurannya yaitu ia berhasil mendapatkan Hendrix College Book Award untuk kreativitas artistik, kesadaran global, pengembangan profesional dan kepemimpinan, pelayanan kepada dunia, dan penelitian.

 

“Ada begitu banyak potensi untuk berubah, tetapi tidak ada yang melakukan apa-apa di komunitas saya. Tindakan lingkungan tidak hanya untuk jenis orang tertentu saja. Untuk menciptakan klub yang beragam dan terwakili dengan baik, saya mencoba memasukkan aspek seni, biologi, dan politik ke dalam proyek-proyek kami, ”katanya.

 

Ia juga menambahkan bahwa orang-orang tidak harus menyesuaikan stereotip apa pun untuk menjadi pencinta lingkungan. Sarannya untuk remaja di mana-mana yang berada di seluruh dunia adalah untuk  memulai dengan berkomitmen pada beberapa kebiasaan sederhana, seperti menandatangani petisi online dan mendidik diri mereka sendiri tentang cara membantu lingkungan. Caranya adalah seperti membaca buletin dan situs web lembaga lingkungan.

 

Ia menyarankan untuk terus mengikuti kejadian terkini tentang kebijakan lingkungan, dan coba mengadakan acara dan penggalang dana dan memulai rantai email agar bisa saling berkomunikasi dengan yang lain untuk menyebarkan dan membagi informasi tersebut. Annabel Caren Clarka adalah contoh nyata bahwa jika ingin membantu melindungi planet tercinta kita ini tidak perlu menunggu dewasa, semua bisa dimulai sejak dini.

 

Annabel Caren Clark Annabel Caren Clark Annabel Caren Clark

Bagikan ini: