0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Christopher Raeburn pria kelahiran 13 Agustus 1982 di Kent adalah seorang desainer dari Inggris. Sepuluh tahun yang lalu, Raeburn meluncurkan perusahaan pakaian pria dengan mengusung namanya sendiri yang penuh perhatian terhadap misi berkelanjutan. Ia menggunakan bahan yang dibuat dari bahan militer daur ulang. Sekarang ketiga ‘R-nya – Recycled , Remade dan Reused atau didaur ulang, dibuat kembali dan digunakan kembali  telah menjadi mantra dalam setiap desainnya. Itu juga yang menjadi pembeda dibandingkan desainer lain pada umumnya.

 

Raeburn merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara laki-laki di kota kecil di Selatan Inggris, Kent. Ia dilahirkan di suasana alam terbuka dan budaya menciptakan. “Kami didorong untuk menggambar sesuatu dalam seminggu dan kemudian ditantang oleh ayah untuk membuatnya pada akhir pekan. Sejak usia 11 tahun, saya berada di kadet udara dan belajar terbang.”

 

Christopher Raeburn dan perjalanan karirnya

Ræburn lulus pada tahun 2006 dari Royal College of Art, London. Dia sebelumnya adalah  pemotong pola sebelum mendirikan studionya sendiri di tahun 2008, dan kemudian mendirikan labelnya sendiri. Ia berpartisipasi dalam pameran ‘Kamuflase’ di Imperial War Museum London dan karyanya ditampilkan dalam publikasi Hywel Davies ‘100 Desainer Baru’. Koleksi pertamanya pada tahun 2008 yang dipamerkan selama London Design Week adalah serangkaian pakaian kapsul reversibel yang di beri  judul Inverted.

 

Pada tahun 2009, Ræburn memamerkan busana pria di Paris dan menerima penghargaan dari International Ethical Fashion Forum dan mendapatkan dukungan dari Esthetica, yang memungkinkannya untuk tampil di London Fashion Week pada bulan September tahun yang sama. Pada tahun 2010, ia menjadi desainer pertama yang mendapatkan sponsor dari Topshop NEWGEN untuk pakaian pria dan wanita di musim yang sama.

 

Sejak dahulu Ræburn telah dikenal karena integritas etis dan berkelanjutan dari karyanya, meskipun ia mengakui hal tersebut tidak pernah menjadi tujuannya. Pada majalah edisi Vogue Amerika 2010 di bulanAgustus menyoroti kontribusi Ræburn untuk semua hal yang berkelanjutan dengan saran untuk selalu “Ingat empat R – Mengurangi, Menggunakan Kembali, Daur Ulang dan Ræburn”. Pada kesempatan tersebut disertai dengan pemotretan oleh Mario Testino dimana Blake Lively mengenakan Mantel Bulu dari Ræburn.

 

Christopher Raeburn x Victorinox

Pada tahun 2010, Ræburn Victorinox berkolaborasi dalam koleksi kapsul pakaian pria dan wanita. Victorinox bahkan mendirikan studio “Remade in Switzerland” di Ibach, tempat kelahiran pendiri Victorinox, Karl Elsener. Ræburn tidak hanya menggunakan sumber kain untuk koleksinya di sana, tetapi ia juga berhasil menemukan rumah asli di mana Elsener memulai merek Victorinox, dan di sanalah Ræburn memilih untuk membangun LAB Swiss-nya untuk menghasilkan 100 buah untuk masing-masing gaya. Kolaborasi ini diluncurkan sesuai jadwal selama New York Fashion Week pada Februari 2011.

 

Jaket Ræburn yang ikonik dibuat ulang dari parasut dan jaket inilah yang pada akhirnya membuat ia memenangkan penghargaan di bulan September 2011. Ia dinominasikan dan memenangkan penghargaan mode Inggris yaitu “Fashion Designer” 2011 untuk pakaian pria, oleh British Fashion Council.  Pada tahun yang sama dia juga dinominasikan untuk penghargaan ‘Observer Ethical Awards: Fashion Category’ dan ‘Condé Nast Traveler: desain dan inovasi’, dan juga melakukan kolaborasi ‘remade in Switzerland ‘ dengan Victorinox ditampilkan sesuai jadwal di NYFW tersebut. Sederet karyanya yang selalu peduli dengan mode berkelanjutan maka tak heran Christopher Raeburn dijuluki sebagai raja daur ulang.

 

christopher raeburn christopher raeburn christopher raeburn christopher raeburn

Bagikan ini: