0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Film The Beach adalah film Amerika Serikat yang dirilis pada tanggal 11 Februari 2000. Film ini diangkat berdasarkan cerita novel yang dikarang oleh Alex Garland. Alex Garland adalah seorang novelis, penulis naskah, produser film, dan juga sutradara yang berasal dari Inggris.

 

Alex meraih kepopuleran pada tahun 1990 dengan novel buatannya yang berjudul “The Beach”,  novel dan filmnya laris di pasaran dan disambut baik oleh banyak masyarakat.

 

Film ini dimainkan oleh beberapa artis kenamaan, seperti Leonardo DiCaprio, Virginie Ledoyen, Guillaume Canet, dan masih banyak lagi. Film ini menceritakan tentang seorang backpacker yang diperankan Leonardo DiCaprio yang sedang berkunjung ke Thailand. Selama di Thailand, Leonardo tidak hanya sekedar merasakan perjalanan biasa tetapi juga merasakan sesuatu yang lebih dari sekedar perjalanan.

 

Backpacker dan keindahan alam di film ini sangat ditonjolkan sekali. Backpacker merupakan aktivitas travelling dengan memiliki dana yang efisien namun memiliki kepuasan maksimal, seperti cukup transport, tidur di mana saja, makan seadanya, dan menjelajah tempat baru dengan menggendong ransel di punggung. Seorang backpacker sejati biasanya mereka yang memang mencari tempat-tempat yang alami namun belum banyak terjamah oleh tangan-tangan manusia.

 

 

The Beach ini adalah salah satu film terbaik yang menceritakan tentang backpacker. Awal ceritanya, seorang yang bernama Ricard yang tidak lain diperankan oleh Leonardo, menempuh perjalanan yang cukup panjang untuk sampai ke Maya Bay, Thailand.

 

Sesampainya di penginapan, Ricard bertemu pria misterius yang bernama Daffy, Ia memberikan Ricard sebuah peta dan mengatakan bahwa peta tersebut adalah petunjuk jalan menuju sebuah tempat seperti surga. Ricard pun penasaran dan menerimanya. Tak lama setelah Ricard menerima peta tersebut, Daffy ditemukan sudah dalam keadaan tak bernyawa.

 

Yang dikatakan sebagai “Surga” ini adalah sebuah pantai cantik yang tersembunyi, yang belum diketahui banyak orang. Pantai ini bukan destinasi wisata yang biasa dipadati oleh para turis.

 

Akhirnya Richard mencapai pantai cantik di pulau yang tersembunyi yang Ia ketahui lewat peta. Dalam pulau cantik itu ternyata sudah ada perkumpulan kaum eksentrik, yang kebanyakan backpacker dan menetap di pulau tersebut. Mereka lebih memilih tinggal dalam jangka waktu yang lama dari pada harus pulang. Bagi mereka pulau tersebut adalah surga yang perlu dijaga keberadaannya serta kerahasiaannya.

 

Perkumpulan kaum tersebut melarang keras untuk memberitahukan kepada siapapun tentang keberadaan pulau cantik ini. Jika salah satu anggota ingin keluar pulau karena hanya ingin mencari pasokan makanan harus seizin ketua perkumpulan. Tujuannya agar kerahasiaan pulau ini tetap terjaga.

 

Di akhir cerita perkumpulan kaum ini bubar dengan sendirinya karena satu dan lain hal. Namun di sisi lain, kecantikan pulau ini sudah menjadi rahasia umum, dan tidak ada yang menjamin kealamian setelahnya.

 

Ada keegoisan yang tercipta sebab setitik surga yang tercipta dirahasiakan kepada semua orang, namun ada nilai positifnya sebab jika dinikmati secara masal maka pulau ini akan rusak keindahannya.

 

Leonardo menjadi berfikir perlu adanya perlindungan untuk menjaga alam dan bumi ini. Menjaga sebuah pulau agar tetap bersih membutuhkan sinergi yang tidak hanya dari warga sekitar tetapi pemerintah setempat harus tegas. Perlu adanya kesadaran pengunjung untuk tetap menjaga lingkungan pulau dari sampah maupun kerusakan pada makhluk hidup di sekitarnya.

 

Itulah yang membuat Leonardo bertekad untuk menjadi aktivis lingkungan. Meski ini merupakan film lawas tahun 2000, tetapi banyak makna lingkungan yang tersirat di dalamnya yang bisa kita terapkan hingga saat ini dan seterusnya. Leonardo saja bahkan dibuat tergugah oleh film ini.

 

Film The Beach mengajarkan kita bahwa pentingnya menjaga alam agar benar-benar terjaga dari tangan-tangan perusak yang hanya sekedar menikmati keindahannya saja, maka di setiap tempat alangkah baiknya kita menikmati namun tidak lupa menjaga serta merawatnya.

 

Film The Beach Film The BeachFilm The Beach Film The BeachFilm The Beach

Bagikan ini: