0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

For Days ialah brand pakaian yang terlahir dengan visi menjadikan masa depan lebih baik. “Menjadi lebih baik” yang dimaksud adalah di mana orang-orang dapat memiliki segalanya tanpa menimbulkan pemborosan. Oleh karenanya, label pakaian ini menciptakan pakaian dengan nol limbah.

 

Beranjak dari pemikiran sang pemilik brand, Kristy Caylor, tentang bagaimana caranya orang dapat memiliki semua yang diinginkan tanpa harus boros membuat Kristy merenung dan ingin mewujudkan pemikiran itu menjadi nyata. Mungkin terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, tapi jika ada yang dapat mulai mengatasi masalah limbah fashion meski tidak sepenuhnya, dia lah Kristy Caylor salah satunya.

 

For Days Mengampanyekan Eco Lifestyle

Brand ini memproduksi kaus, yaitu jenis pakaian paling historis di dunia yang telah menjadi kuncian dalam cara berpakaian selama lebih dari satu abad. Loop tertutup adalah sistem unik yang digunakan For Days untuk menghasilkan pakaian. Perusahaannya sangat berkomitmen pada inovasi manufaktur dan pengurangan limbah sehingga sistem produksi yang dipakai pun sangat diperhatikan dampaknya terhadap lingkungan.

 

For Days menerapkan sistem keanggotan yang berbeda. Mereka memberdayakan anggotanya untuk terbebas dari beban kepemilikan. Ketika seseorang mendaftarkan dirinya menjadi anggota, ia bisa mendapatkan tiga, enam, atau sepuluh kaus baru seharga masing-masing $12, $24, atau $36 US dolar. Jadi sistemnya seperti meminjamkan baju baru pada anggota dari hasil daur ulang pakaian lama.

 

Setelah anggota merasa sudah cukup lama memakai salah satu kausnya, mereka akan mengirimkan kaus tersebut kembali ke perusahaan produsennya—meski mungkin dikembalikan dalam keadaan kaus sudah terkena noda, warnanya pudar, atau kainnya melar. Kaus itu nantinya akan dirilis menjadi potongan-potongan, diurai menjadi bubur, dan dicetak menjadi kaus baru. Setelah proses tersebut selesai, anggota akan menerima kaus yang baru dan proses itu akan terus berulang.

 

For Days Menggunakan System Loop Tertutup

Itulah yang menjadi keistimewaan label ini dengan “sistem loop tertutup” pertama di industri. Dengan sistem tersebut berarti tidak ada material yang terbuang, barang lama terdaur ulang menjadi produk baru, yang baru menjadi tua, kemudian yang tua diperbarui kembali, dan begitu seterusnya.

 

Dengan kata lain, seluruh siklus hidup garmen dibebankan pada perusahaan, sedangkan hampir semua merek lain—bahkan yang berkelanjutan sekalipun—meletakkan tanggung jawab itu pada konsumennya segera setelah mereka membayarnya. Selanjutnya pilihan diserahkan pada konsumen, apakah akan disimpan selamanya, diletakkan di toko secondhand, atau membuangnya begitu saja.

 

Itulah mengapa For Days bertujuan untuk “membebaskan diri dari beban kepemilikan”, karena sekalipun anggotanya memakai kaus yang dibelinya setiap hari, mereka benar-benar hanya meminjamnya sampai mereka siap untuk mengirim kembali kaus-kaus itu.

 

Semua inovasi tersebut berbasis di Los Angeles, yaitu tempat kaus For Days dibuat dengan menggunakan bahan-bahan organik, kapas yang ditanam di Amerika Serikat, dan warna-warni pewarna yang ramah lingkungan.

 

Koleksi pertama label ini hadir dalam empat jenis katun super lembut berupa jersey ringan, jersey mid-weight, katun bergaris, dan katun interlock. Jenis kerah kausnya dipotong beragam, mulai dari klasik, V-neck, henley, hingga tank. Gaya baru akan selalu ditambahkan setiap saat, seperti sweatshirt hingga celana jogger atau jenis pakaian lain yang diimpikan konsumennya.

 

Kini para konsumen pakaian tidak perlu merasa bersalah lagi karena telah menumpuk barang terlalu banyak, menghabiskan banyak uang, atau memusnahkan barang lamanya. Dengan sistem yang diterapkan For Days, pelanggan tidak perlu khawatir akan kelangsungan nasib kausnya. Tidak peduli seberapa banyak noda atau lubang yang didapat, For Days akan membawa mereka kembali dan mendaur ulang mereka dengan mudah. Lebih menariknya lagi, pelanggannya akan diberi insentif untuk membeli dan menukarkan sebanyak yang diinginkannya.

 

Hal ini menjadi harapan besar bagi semua orang agar setiap perusahaan fashion menerapkan sistem ramah lingkungan tersebut di masa depan. Namun, label ini setidaknya dapat menjadi titik lompatan untuk era baru siklus perdagangan dan peningkatan kesadaran lingkungan pada 2018. Semoga hal baik yang diterapkan For Days ini juga dapat dicontoh oleh industri lain sehingga lingkungan bumi akan selalu terjaga kelestariannya.

 

for days for days for days for days for days for days

Bagikan ini: