0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Komitmen H&M untuk menunjukkan bahwa fashion yang berkelanjutan memiliki tempat di karpet merah dilakukan dengan sangat serius. Perusahaan ritel pakaian multinasional Swedia tersebut minggu lalu baru saja mengumumkan peluncuran lini berkelanjutan baru mereka, yaitu  koleksi The Conscious Exclusive, yang melibatkan bahan-bahan baru yang inovatif yang menjadi populer di dunia mode yang bebas dari kekejaman, seperti kulit alternatif yang terbuat dari buah nanas dan serat buah jeruk .

 

Perusahaan ritel terbesar dari Swedia tersebut beroperasi di lebih dari 60 negara dengan lebih dari 4.500 toko telah mempekerjakan sekitar 132.000 orang, sehingga perkembangan menuju keberlanjutan dan bahan-bahan yang bebas dari kekejaman ini tentunya berpotensi memiliki dampak besar pada dunia mode yang sekarang dan juga yang akan datang. Seperti kita ketahui bersama bahwa fashion adalah industri yang paling memberikan polusi terbesar kedua di dunia.

 

Komitmen H&M terhadap Koleksi Conscious Exclusive

Menurut Emily Scarlett, Kepala Komunikasi AS di H&M, memaparkan secara jelas motivasi di balik koleksi berkelanjutan baru mereka  yaitu dengan menciptakan Koleksi Conscious Exclusive. Koleksi ini terinspirasi oleh keindahan alam di sekitar dan pentingnya alam bagi kesejahteraan kita semua. Mineral, pohon, dan tanaman telah diterjemahkan oleh tim desain dari perusahaan untuk menjadi desain yang indah dan palet warna yang serasi.

 

Koleksi H&M Conscious Exclusive adalah koleksi fesyen yang bertujuan untuk menggerakkan fashion dan pengembangan berkelanjutan serta inovasi menuju masa depan fesyen berkelanjutan.

 

Komitmen H&M menggunakan bahan Alternatif

Perusahaan retail ini juga menggunakan  kain alternatif vegan / kulit yang baru.

Bahan berkelanjutan yang baru diperkenalkan meliputi: Serat Jeruk – dibuat dari produk sisa yang telah di olah kembali  dari sisa sampah dari jus jeruk, dibuat ulang untuk membuat kain selulosa seperti sutra. Selain itu juga terdapat bahan yang terbuat dari kulit nanas (Pinatex) yang merupakan alternatif kulit alami yang terbuat dari serat selulosa yang diekstraksi dari daun nanas, limbah dari panen nanas. Bahan terbaru lainny adalah BLOOM Foam yaitu busa fleksibel berbasis tanaman yang menggunakan ganggang dari sumber air tawar yang berisiko tinggi untuk berkembangnya ganggang.

 

Koleksi pakaian daur ulang tersedia di semua toko mereka di seluruh dunia. Selain itu , para pelanggan juga dapat berkontribusi melindungi bumi dari semakin banyaknya jejak karbon dengan  menyumbangkan pakaian yang tidak terpakai dari merek apa pun ke kotak daur ulang pakaian dengan imbalan potongan 15% dari seluruh pembelian mereka.

 

Keputusan H&M untuk berhenti menggunakan bulu, mohair, dan kulit merupakan salah satu langkah yang sangat memberika dampak positif terhadap kelangsungan hidup dan kesejahteraan hewan terutama hewan yang hampir punah. Bagi perusaah ini, kesejahteraan hewan sangat penting untuk digunakan. Sebagai perusahaan, mereka ingin bertindak secara etis, transparan, dan bertanggung jawab, yang mencakup perlakuan etis terhadap hewan. H&M tidak menjual bulu asli dan hanya menerima kulit dari hewan yang dipelihara untuk produksi daging seperti sapi atau kerbau dan domba.

 

Produk vegan lain akan terus di luncurkan karena mereka terus mencari bahan dan proses inovatif yang dapat membuat produk lebih berkelanjutan. Mereka berkomitmen untuk menunjukkan bahwa fashion berkelanjutan memiliki tempat di karpet merah serta menjadikannya bagian dari penawaran standar di toko tersebut.

 

Saat ini, 56% dari bahan yang digunakan H&M untuk membuat pakaian adalah bahan organik, daur ulang atau berkelanjutan lainnya. Tujuannya adalah agar setiap tahun dapat meningkatkan pangsa bahan berkelanjutan dalam penggunaan bahan total mereka. Dengan melakukan hal itu, komitmen H&M adalah membuat pilihan yang lebih ramah lingkungan sehingga tersedia bagi sekelompok orang dengan lingkup yang lebih besar.

 

Komitmen h&m Komitmen h&m Komitmen h&m Komitmen h&m

Bagikan ini: