0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Komunitas Global Shapers adalah jaringan anak muda di bawah usia 30 yang bekerja bersama untuk mendorong dialog, aksi, dan perubahan untuk mengatasi tantangan baik secara lokal, regional  hingga global. Komunitas ini menjangkau lebih dari 8.000 anak muda di 165 negara.

 

Tim Pembentuk membentuk hub di kota-kota di mana mereka mengatur diri sendiri untuk membuat proyek yang memenuhi kebutuhan komunitas mereka. Fokus proyek ini beragam, mulai dari merespons bencana dan memerangi kemiskinan, hingga memerangi perubahan iklim dan membangun masyarakat yang inklusif. Contoh proyek termasuk Air untuk Kehidupan yang merupakan proyek dari hub Cartagena yang menyediakan keluarga dengan filter air yang bertujuan menghilangkan racun biologis dari pasokan air dan memerangi penyakit yang dapat dicegah di wilayah tersebut. Contoh lain adalah Lab Kreativitas dari Yerevan Hub, yang menampilkan kegiatan untuk anak-anak usia 7 hingga 9 untuk meningkatkan pemikiran kreatif. Setiap cabang dari hub tersebut juga berkomitmen secara pribadi dan profesional untuk mengambil tindakan untuk melestarikan planet kita.

 

Apa yang dilakukan Komunitas Global Shapers?

Komunitas ini bekerja bersama dengan tujuan memberikan  dampak sosial yang positif. Dalam kehidupan profesional pribadi, banyak dari kita berdedikasi untuk tujuan sosial. Tetapi di luar pekerjaan kita sehari-hari, kita adalah Global shapers karena kita memilih untuk meluangkan waktu bersama untuk berkolaborasi dalam proyek yang meningkatkan komunitas kita. Beberapa Hub memulai proyek dan ide yang sama sekali baru, yang lain memperkuat kerja organisasi nirlaba yang luar biasa. Di San Francisco, anggota baru komunitas sebagian besar menetapkan agenda proyek kolektif tahunan.

 

Tujuan lain adalah untuk komunitas mereka membentuk hubungan nyata satu sama lain dan sesama pembuat perubahan di seluruh dunia. Sebagai anggota Komunitas global shapers, mereka memiliki peluang luar biasa untuk terhubung ke jaringan 5.000+ Global shapers di seluruh dunia di lebih dari 400+ Hubs setiap kota. Komunitas ini terhubung dan belajar dari satu sama lain secara lokal. Selain itu mereka juga memiliki kesempatan untuk terhubung dengan komunitas Forum Ekonomi Dunia lainnya.

 

Komunitas Global Shapers Mewakili Generasi Muda di Tingkat Internasional

Representasi: Komunitas ini juga mewakili kaum muda di forum rapat dunia. Lebih dari setengah populasi dunia berusia di bawah 30 tahun dan di banyak negara seperti Pakistan, dua pertiga populasi berusia di bawah 30 tahun. Namun, kaum muda tidak sering memiliki akses ke pengambilan keputusan di tingkat tertinggi. Dikomunitas ini, mereka percaya pada “tidak ada untuk kita tanpa kita.” Mereka mengambil peran kepemimpinan dalam komunitas dan mewakili orang-orang muda di panggung internasional. Setiap tahun, sejumlah anggota dari komunitas Global Shaper terpilih memiliki kesempatan untuk mewakili kaum muda pada Pertemuan Tahunan WEF di Davos, Pertemuan Tahunan WEF di Tiongkok, dan acara international lainnya. Hal yang \ telah dilakukan oleh komunitas ini sangat membanggakan karena diusia yang produktif sudah sangat peduli pada lingkungan.

komunitas global shapers komunitas global shapers komunitas global shapers

Bagikan ini: