0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Merek fesyen Madewell meluncurkan pakaian jeans Madewell yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Jenis ini merupakan merek terbaru yang dilakukan untuk menuju denim yang lebih berkelanjutan. Seperti banyak koleksi denim yang dibuat secara berkelanjutan, jeans ini dibuat dengan kapas organik, non-GMO, serta bebas bahan kimia. Tidak seperti beberapa koleksi lainnya, jeans ini dalam proses pembuatannya dicelup secara berkelanjutan menggunakan serat dari kulit udang. Seiring dengan berkembangnya tren fesyen yang ramah lingkungan, Madewell adalah salah satu merek  yang terpacu untuk berinovasi menciptakan jeans yang modis dan tentunya ramah lingkungan.

 

Sejarah Pakaian Jeans Madewell

Madewell yang merupakan perusahaan pakaian jeans telah didirikan sejak 1937. Proses denim berkelanjutan untuk Madewell dimulai di pabrik Candiani , sebuah kota kecil  yang terletak di luar kota Milan,  Italia. Keseriusan dalam hal ini dibuktikan dengan meluncurkan koleksi jeans yang menggunakan pewarna dari kulit udang.Hal tersebut merupakan perubahan besar pada jeans andalannya dengan pewarna bahan denim yang ramah lingkungan dengan menggunakan produk yang disebut Kitotex®, yang menggunakan exoskeleton krustasea sebagai cara untuk mengurangi air dan bahan kimia dalam proses pewarnaan.

 

Kitotex dibuat dengan produk sampingan dari industri makanan yaitu kulit udang dan lobster yang dibuang. Exoskeleton tersebut mengandung chitosan, serat yang membantu mengikat pewarna ke kain serta menghilangkan beberapa bahan kimia yang secara tradisional digunakan.

 

Selanjutnya kitosan diekstraksi dan diubah menjadi Kitotex dan ketika diterapkan pada kapas  dapat mengurangi konsumsi air sebanyak 12 kali dan konsumsi energi hingga 90 persen. Ini juga berarti lebih sedikit bahan kimia yang harus digunakan dalam proses pewarnaan dan finishing untuk kapas tersebut.

 

Pakaian Jeans Madewell Menggunakan Pewarna Unik

Umumnya, denim menggunakan pewarna kimia untuk mendapatkan warna biru pada pakaian jeans namun pewarna ini berbahaya bagi lingkungan. Tidak ingin melakukan hal yang  makin merusak lingkungan, Madewell menggunakan serat dari kulit udang untuk mendapatkan warna biru klasik namun tetap bebas racun kimia. Serat yang berasal dari kulit udang tersebut kemudian diberi nama “chitosan.”

 

Dengan demikian, pakaian denim yang mereka produksi hanya membutuhkan bahan kimia 65 persen lebih sedikit dan menggunakan air 75 persen lebih sedikit daripada yang di butuhkan oleh kain rata-rata. Upaya keberlanjutan dari tersebut patut di tiru. Mereka tidak hanya membuat koleksi jeans ramah lingkungan  bahkan dalam praktik proses produksinya mereka memprioritaskan energi yang terbarukan. Limbah yang dihasilkan dalam pembuatan pakaian diubah menjadi batu bata yang pada akhirnya dapat digunakan untuk membuat perumahan dengan harga terjangkau.

 

Untuk saat ini, koleksi jeans dari bahan unik dari kulit udang tersebut hanya dapat dipesan secara online dan tersedia untuk jangka waktu tertentu saja. Jeans ramah lingkungan yang diluncurkan oleh Madewell merupakan bagian dari koleksi musim gugur 2018. Koleksi tersebut terdiri dari enam gaya

– 9 inchi Jeans high rise Skinny di Regina Wash: Edisi eco

-10 inchi Jeans high rise Skinny Bertingkat di Elinor Wash: Edisi Eco

– Boylean high rise: Edisi Eco

– Cali Demi-Boot Jeans: Edisi Eco

– Overall Skinny: Edisi Eco

-The Shrunken Stretch Jean Jacket: Edisi Eco

Rencana jangka panjang dari pakaian jeans Madewell yaitu mereka akan terus berperan serta membuat perubahan yang ramah lingkungan.

 

pakaian jeans madewell pakaian jeans madewell pakaian jeans madewell pakaian jeans madewell

Bagikan ini: