0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Severn Cullis-Suzuki lahir pada tanggal 20 November 1979 di Vancouver, Kanada . Ia adalah seorang aktivis lingkungan dari Kanada, pembicara, pembawa acara, dan seorang penulis. Ia adalah seorang aktivis yang sering menyuarakan kepada masyarakat untuk peduli terhadap isu yang berkaitan dengan lingkungan dan mendesak masyarakat di seluruh dunia untuk peduli terhadap  lingkungan sekitar. Ia juga merupakan anak dari aktivis lingkungan yang ternama yaitu David Suzuki.

 

Ibunya adalah seorang penulis dan ayahnya adalah aktivis lingkungan dan juga ahli genetika, generasi ketiga warga keturunan Jepang Kanada. Ketika masih berumur 9 tahun di bangku Sekolah Dasar Keagamaan Lord Tennyson di Paris, ia mendirikan Enviromental Children’s Organization (ECO). Organisasi ini di dirikan untuk menyebarkan pengetahuan tentang pentingnya kepedulian terhadap lingkungan sejak kecil . Eco merupakan organisasi yang terdiri dari anak-anak yang memberikan arahan kepada anak-anak lain untuk peduli terhadap isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan.

 

Severn Cullis-Suzuki dan Pidatonya Yang Viral

Pada tahun 1992, ketika Severn berusia 12 tahun, ia mengejutkan dunia atas pidato singkatnya selama 6 menit di depan KTT tentang bumi di Rio De Janeiro, Brasil. Ia mengumpulkan uang dari anggota Enviromental Children’s Organization untuk bisa menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Bumi tersebut bersama anggota lainnya di antaranya  Michelle Quigg, Vanessa Suttie, dan Morgan Geisler.

 

“Anda tidak tahu bagaimana cara memperbaiki lubang di lapisan ozon kami, Anda tidak tahu bagaimana mengembalikan binatang yang sekarang sudah punah. Dan Anda tidak bisa mengembalikan hutan yang dulu tumbuh di tempat yang sekarang ada gurun pasir. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya saya meminta tolong kepada kalian untuk berhenti merusaknya! ” pinta Cullis-Suzuki.

 

Konfrensi yang di hadiri sekitar 10.000 pembuat kebijakan dari seluruh dunia memberinya tepuk tangan meriah atas pidatonya yang membuat seluruh peserta terdiam. Al Gore bahkan memberitahunya bahwa hal tersebut adalah pidato yang terbaik. Ia mengungkapkan ketakutannya terhadap keadaan lingkungan dan keprihatinannya terhadap generasi yang akan datang dan menyajikan isu-isu lingkungan dalam pandangan generasi muda di Konferensi Tingkat Tinggi Bumi tersebut.

 

Pidato yang disampaikan oleh Cullis-Suzuki telah menjadi pukulan keras sebagai peringatan terhadap para delegasi yang hadir dalam konferensi tersebut untuk bertindak melakukan aksi penyelamatan Bumi. Pidato yang diunggah tersebut menjadi dikenal dunia dengan julukan “The Girl Who Silenced the World for 5 Minutes”.

 

Aktivitas Lingkungan dari Severn Cullis-Suzuki

Pada tahun 1993, ia dianugerahi penghargaan oleh PBB bidang Lingkungan dan Doubleday mempublikasikan bukunya yang berjudul Tell The World setebal 32 halaman untuk kegiatan peduli lingkungan dari keluarga.

 

Cullis-Suzuki menyelesaikan pendidikan Sarjananya di Universitas Yale tahun 2002 dengan gelar Bachelor of Science dalam bidang lingkungan dan biologi. Ia juga menjadi pembawa acara di Suzuki’s Nature Quest  yang merupakan program seri televisi yang mulai mengudara di Discovery Kids pada tahun 2002.

 

Pada tahun 2002, dia membantu memperkenalkan organisasi penelitan dan advokasi untuk perlindungan sosial masyarakat yang dikenal dengan The Sky Fish Project. Sebagai anggota khusus penasihat Kofi Annan, dia dan anggota The Sky Fish Project lainnya melakukan proyek pertama mereka, sebuah ikrar yang disebut dengan Recognition of Responsibility di Konferensi Tingkat Tinggi Pembangunan Berkelanjutan Johannes Burg pada 11 Agustus 2002.

 

The Sky Fish Project akhirnya selesai pada tahun 2004 dan Severn Suzuki kembali melanjutkan pendidikannya untuk jenjang Magister di Universitas Victoria di bidang etnobotani. Severn Cullis-Suzuki sekarang sudah menikah dan memiliki dua putra dan masih tetap aktif terlibat dalam aktifitas pembelaan lingkungan.

 

severn cullis-suzuki severn cullis-suzuki severn cullis-suzuki severn cullis-suzuki severn cullis-suzuki severn cullis-suzuki

Bagikan ini: