0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Anita Dongre yang lahir di Bandra, Mumbai Barat pada tanggal 3 Oktober 1963 adalah seorang perancang busana dari India. Ia merupakan pendiri House of Anita Dongre, sebuah rumah mode India. Ia lahir dan besar di Mumbai, Maharashtra, India.

 

Ia mempunyai empat merek berbeda, yaitu AND (pakaian bergaya Barat), Global Desi (pakaian bernuansa etnik), Anita Dongre ( gaun pengantin, gaun couture serta pakaian pria), dan Anita Dongre Grassroot (pakaian yang terubat dari bahan organik). Seiring dengan merek couture yang ia miliki, ia meluncurkan merek perhiasannya Anita Dongre Pink City, yang juga ditampilkan di bawah House of Anita Dongre.

anita dongre

Anita Dongre Sang aktivis PETA

Dongre adalah seorang aktivis vegan dan anggota organisasi hak-hak hewan, Orang untuk Perlakuan Etis terhadap Hewan (PETA). Hal tersebut yang menjelaskan mengapa produknya dijamin bebas dari kekejaman karena dia tidak menggunakan kulit atau kasmir apa pun di dalam mereknya yaitu  House of Anita Dongre.

 

Menekankan peran yang sangat penting dari Desain untuk keberlanjutan mode, Dongre memberikan sentuhan pada kebutuhan untuk mendidik desainer tentang serat yang berkelanjutan dan mengurangi limbah kain. Memberikan perhatian tentang pemberdayaan perempuan melalui kemandirian ekonomi¸ dia menyebutkan bahwa mode adalah alat yang luar biasa untuk mengembalikan pekerjaan ke desa-desa di India.

 

Untuk mempercepat transisi ke industri yang lebih berkelanjutan, ia mengemukakan gagasan lembaga audit dan agar mereka lebih mempertimbangkan melihat di luar penilaian laba dan rugi konvensional perusahaan untuk juga memasukkan dampak sosial & lingkungan yang dibuat.

anita dongre

Anita Dongre Merangkul Masyarakat Untuk Peduli Lingkungan

Perusahaan yang dibuatnya juga melakukan kolaborasi dengan jaringan LSM dan pengrajin independen merek fesyen berkelanjutan yaitu Anita Dongre Grassroot. Mereka menyediakan sumber penghasilan yang konsisten kepada para pengrajin, memberdayakan dan menciptakan mata pencaharian yang lebih baik untuk mereka.

 

Terlahir dari kebutuhan untuk menghidupkan kembali dan mempertahankan tradisi kerajinan tangan India, Anita Dongre Grassroot menerjemahkan kerajinan dari warisan turun termurun dari seni India ini ke dalam seni kontemporer dengan tetap mengutamakan keberlanjutan dalam setiap desainnya. Upaya ini membalikkan efek migrasi tenaga kerja, sambil merangkul desain yang baik untuk planet bumi.

 

Visi ini sangat jelas untuk House of Anita Dongre. Ia berkata bahwa sebagai perusahaan India, mereka akan tumbuh dengan keberlanjutan sebagai inti mereka dan bertujuan untuk menjadi rumah mode berkelanjutan pertama di India. Anita Dongre berkata bahwa ia ingin tumbuh perlahan, bermakna, dan anggun.

anita dongre

Bagikan ini: