0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Aqua Vida adalah merek pakaian olahraga yang ramah terhadap lingkungan dan tubuh manusia dan tentunya mengurangi emisi karbon.Perusahaan ini di dirikan di Philadelphia, Amerika Serikat.

 

Perkembangan dunia fashion yang semakin pesat sejajar dengan kemajuan teknologi  yang mempromosikan barang turut mempengaruhi gaya berpenampilan seseorang terutama wanita. Pembeli-pembeli impulsif pun bermunculan sebagai akibat diskon besar-besaran di mana-mana yang kerap digelar para pemilik merek di aneka pusat perbelanjaan baik di mall mau pun di butik-butik ternama.

 

Siklus fashion diputar lebih cepat oleh banyak pelaku industri busana mengakibatkan hasrat berbelanja para penggila fashion di kontrol agar terus membeli dan ini semua demi meraup keuntungan sebanyak mungkin yang sedih untuk di akui, kadang tidak memperhatikan apakah memberikan dampak baik atau buruk terhadap lingkungan. Hampir semua isu-isu sosial lingkungan acapkali dilupakan dalam memproduksi barang-barang fashion tersebut.

 

Kecenderungan untuk memproduksi dan mengonsumsi produk fashion yang berorientasi pada kuantitas inilah yang disebut sebagai fast fashion. Dalam situs Investopedia, fast fashion bisa didefinisikan sebagai fenomena dalam industri fashion di mana segala proses produksi dipercepat untuk menghadirkan tren berbusana yang semakin terjangkau di masyarakat.

 

Sering kita dapati bahwa pergantian tren fashion tidak lagi bergantung pada musim. Dalam seminggu,adalah hal yang biasa bagi para peretail untuk menampilkan produk-produk yang berbeda di etalase mereka.

 

Aqua Vida Dan Kepedulian Lingkungan

Namun tidak semua pelaku industri fashion yang melupakan fungsi sosial, masih banyak dan semakin bertumbuhnya para pelaku industri terutama di bidang fashion yang peduli akan dampak sosial dan lingkungan sekitar. Salah satunya  adalah dari merek perlengkapan olahraga atau sering disebut juga activewear.

 

Perlu di akui,  terkadang kita lebih mengutamakan nama brand atau desain dari produk itu sendiri namun kita sering melupakan bahwa selain nyaman, active wear tersebut juga harus ramah terhadap lingkungan dan tidak memberikan efek negatif kepada bumi. Perusahaan fitness asal Philadelphia, Aqua Vida menawarkan perlengkapan pakaian mulai dari celana legging hingga celana pendek yang 100 persen bahannya dapat didaur ulang dan dapat digunakan kembali.

 

Aqua Vida dan Bahan Amni Soul Eco

Pakaian terbuat dari bahan dasar Amni Soul Eco, yaitu benang  yang telah dikembangkan selama lima tahun oleh perusahaan kimia Rhodia-Solvay. Amni Soul Eco merupakan benang poliamida 6.6 yang telah disempurnakan dan telah memiliki daya tahan yang lebih lama di bandingkan poliamida konvensional. Bahan ini merupakan benang poliamida pertama di dunia yang dapat di-biodegradasi. Komposisi uniknya memungkinkan bakteri untuk mencerna bahan limbah, sehingga dapat mempercepat proses biodegradasi dan akan segera terurai setelah pada akhirnya harus dibuang di tempat pembuangan sampah.

 

Terobosan baru tersebut merupakan kabar gembira bagi para pelaku industri pakaian karena merupakan terobosan besar yang berkesinambungan bagi seluruh industri tekstil. Bahan ini secara drastis mengurangi dampak lingkungan dan jumlah limbah yang tersisa bagi generasi yang mendatang.

 

Proses produksinya berkelanjutan dan benangnya diproduksi dalam sistem manufaktur dengan siklus tertutup, dimulai dari mengumpulkan dan mendaur ulang sisa-sisa bahan baku dan limbah yang ditemukan di air lalu dipanaskan dalam beberapa tahap produksi. Hal ini dilakukan demi menjaga standar lingkungan sepanjang siklus industri dan akan membatasi konsumsi bahan baku alami serta mengurangi dampak terhadap bumi dan lingkungan sekitarnya.

 

Kelebihan lain adalah memberikan perlindungan dari paparan sinar UV dan antibakteri. Selain itu bahannya ringan, bersifat lentur, cepat kering, memiliki daya tahan yang luar biasa, dan dapat menyerap kelembaban. Pakaian ini cocok di gunakan dalam melakukan aktivitas yoga, berselancar atau aktivitas olahraga lainnya.

 

Mengingat “keberlanjutan” sebagai salah satu nilai, selain menjual pakaian ramah lingkungan, mereka  juga menawarkan kelas yoga stand up paddleboard dan mengadakan proyek pembersihan laut dengan tujuan mengeluarkan setidaknya 10.000 pon sampah dari jalur air pada tahun 2020.

 

Sampai saat ini Aqua Vida telah melakukan 16 proyek pembersihan laut dan mereka menegaskan bahwa untuk setiap dollar yang di belanjakan oleh pelanggannya, mereka mengalokasikan satu persen untuk upaya konservasi air setempat.

 

aqua vida aqua vida aqua vida aqua vida aqua vida aqua vida

Bagikan ini: