0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Koleksi jam tangan Syahrini mulai dari Rolex, Cartier dan yang termahal dari koleksinya tersebut adalah merk Richard Mille. Sebuah acara yang disponsori oleh Richard Mille dan pemilik kapal pesiar Perini Navi yang sebelumnya bernama Maltese Falcon, memberikan piala Perini Navi kepada seseorang yang bernama Thomas Perkins, dan Ia pun mengumumkan di televisi AS bahwa dia bisa membeli jam tangan Rolex sebanyak satu nampan dengan harga yang sama seperti Richard Mille. Pertanyaannya sekarang adalah mengapa jam tangan Richard Mille begitu mahal?

Tidak lama kemudian, Richard Mille sendiri langsung memberikan sebuah wawancara di CNBC Amerika di mana Mille ditanyakan tentang penjualan semua jam kristal safirnya dengan harga $ 2 juta dolar. “Ya! Anda harus mengerti jam tangan ini sangat teknis” jawabnya. Si reporter, bingung bahwa setiap jam bisa membuat label dengan harga yang tinggi. Tetapi apa maksud Mille yang menjawab dengan kata “sangat teknis”. Jawabannya tentu saja rumit dan menjelaskan mengapa orang bersedia berpisah dengan jutaan dolar untuk membawa jam tangan Richard Mille ke rumah mereka. Mereka ingin memiliki Jam tangan Richard Mille walaupun harganya sangatlah fantastis.

Jam tangan Syahrini

Jam tangan Syahrini terbuat dari bahan yang sempurna

Bahan casing untuk jam tangan Richard Mille

Unsur pertama yang perlu dipertimbangkan adalah casingnya dan berbentuk barel yang diproduksi Richard Mille. Sejak awal, Mille hanya menggunakan tiga logam untuk pembuatan casingnya, diantaranya adalah emas putih, emas merah dan titanium. Tetapi untuk harganya, hampir tidak ada perbedaan harga antara jam tangan yang sama pada masing-masing logam.

Jam tangan Syahrini yang bergaya sandwich ini adalah salah satu komponen yang paling mahal dan sulit diproduksi. Terdiri dari tiga susun, bezels depan dan belakang, serta bagian tengah dengan masing-masing komponen yang berbentuk melengkung. Tidak ada permukaan yang datar untuk mempermudah dalam menggunakan mesin. Terlebih lagi, ketiga permukaan melengkung ini harus disesuaikan hingga ukuran 100 milimeter untuk menghindari kelembaban atau debu masuk.

Penggunaan avant garde, material berteknologi tinggi

Element kedua dalam jam tangan Syahrini adalah, bahwa Mille telah mulai menggunakan bahan dasar dan baseplate yang biasa digunakan pada mobil Formula 1, mobil kedirgantaraan dan yacht balap. Bahan jam tangan Syahrini yang digunakan adalah menggunakan teknologi terdepan, bahkan industri pembuatan jam di luar negeri menggunakannya juga. Tidak hanya logam atau material yang baru dalam hal komposisi, kemampuan untuk menggunakannya dalam pembuatan jam juga tidak diketahui. Mille mendedikasikan bertahun tahun dan menginvestasikan jutaan franc Swiss untuk memahami materi dan cara memasukkannya bahan tersebut ke dalam arlojinya.

Karbon nanotube, keramik yang diperkuat, karbon NTPT® (awalnya dikembangkan untuk layar yacht balap), silikon nitrida, emas yang menyatu dengan karbon dan kuarsa, perfluoroelastomer dan segala macam kimia lainnya dirancang untuk memberikan kesan unik dan ketahanan yang mengesankan.  Tambahkan ke dalam tes kecelakaan pada kehidupan nyata yang langsung dilakukan oleh para atlet.

Jam tangan Syahrini red

Jam tangan Syahrini adalah teknologi millenial

Gerakan abad ke-21

Terlepas dari casingnya yang terbuat dari material kualitas tinggi, gerakan yang ada di dalam jam tangan Syahrini tersebut pun tidak standar. Gerakan arlojinya dilapisi dengan PVD (Physical Vapor Deposition) atau Titalyt. Bagian gerakan biasanya merupakan hibrida titanium dengan bahan lain yang diproduksi oleh tim pembuat jam dan insinyur mikro Mille selama bertahun-tahun.

Persamaan antara mobil Formula 1 dengan jam tangan Richard Mille adalah harga jam tangan Richard Mille sangat mahal hampir sama dengan harga mobil Formula 1. Jam tangan Richard Mille menggunakan mesin balap yang paling mahal, padahal kita semua tahu bahwa sebuah jam tangan hanya untuk pergelangan tangan saja. Sama seperti mobil Formula 1, ketepatannya jauh lebih tinggi  daripada merk lain sehingga meningkatkan ketepatan waktu yang bisa diaplikasikan ke bentuk seni teknik yang tertinggi. Inilah alasan, kenapa jam Richard Mille adalah jam tangan Syahrini yang termahal diantara koleksi jam mahalnya yang lainnya.

Bagikan ini: