0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Dutch Sustainable Fashion Week yang baru saja berlangsung bulan lalu mendapatkan respon semakin positif. Pameran mode ini di adakan setiap tahun pada bulan Oktober. Selama sepuluh hari mereka hadir memberikan inovasi yang berkelanjutan dalam acara fashion dan berkumpulnya para desainer muda yang menawarkan fashion ready-to-wear kepada khalayak ramai.

 

Para desainer tersebar di beberapa kota di Belanda dan mereka bekerja sama dengan sekolah-sekolah, toko fashion dan lembaga untuk memfasilitasi DSFW termasuk pertunjukan catwalk, festival, seminar, workshop, pameran, pemberian penghargaan dan acara diskusi di seluruh negeri.

 

DSFW berbeda dari pekan mode lainnya karena sepenuhnya berkonsentrasi pada keberlanjutan dan desain inovatif. Fokusnya juga pada koleksi baru yang siap pakai yang disorot dalam kolaborasi dengan sekitar 800 toko mode. Selain itu, mereka juga memberi perhatian khusus pada pengembangan para desainer berbakat yang masih berusia muda serta bekerja sama dengan kursus fashion & desain terkemuka.

Tema yang di usung di dalam pameran tersebut adalah :pengurangan Sampah dan inovasi terbaru untuk tekstil . Tujuannya adalah makin menciptakan desainer yang berkelanjutan. Penelitian menunjukkan bahwa 68% konsumen menginginkan pakaian yang bertanggung jawab, tetapi tidak tahu bagaimana mendapatkannya. Tidak ada komunikasi yang cukup tentang mode berkelanjutan. Berdasarkan survei, 9 dari 10 orang Belanda tidak tahu apa-apa tentang latar belakang merek yang mereka pakai.

 

Tujuan utama dari acara ini adalah untuk memberikan perkembangan, inovasi dan panggung kepada desainer dan membawa misi keberlanjutan secara lebih luas dan untuk menghubungkan semua pihak yang berkepentingan baik itu perusahaan, desainer, toko fashion, sekolah dan konsumen.

 

Sejarah dari Dutch Sustainable Fashion Week

Acara tahun ini merupakan tahun yang kelima dan berfokus pada tema mode melingkar, keberlanjutan, dan inovasi. Perancang busana wanita, Mo Benchellal ikut serta didalam peragaan busana tersebut. Pada 10 Oktober, Green Fashion Talent Awards diadakan dengan tujuan memperkenalkan merek fashion terbaru yang berkelanjutan. Pada hari Jumat 12 Oktober, acara ‘Talking Trash’ akan tayang perdana, yang berfokus pada karya duo desainer Trinhbecx yang mengembangkan koleksi couture yang terbuat dari kain yang diproduksi dari sampah organik olahan seperti kopi bubuk dan kulit nanas.

 

Selain peragaan busana, beberapa sorotan acara publik selama seminggu termasuk pembukaan Fashion for Good Experience di Amsterdam, Festival Mode yang Adil di Utrecht dan acara Fashion dan Tekstil Berkelanjutan di Amsterdam yang disajikan oleh Kamar Dagang Belanda.

 

Acara regional di seluruh negeri termasuk fokus pada pakaian desainer vintage Belgia dan Jepang di Vintage & Label oleh Hendrikus di Rotterdam, Fashion Making Sense Award exposition di department store de Bijenkorf di Maastricht dan tur berpemandu di pusat kota Den Haag yang memperkenalkan pengunjung ke toko-toko yang menawarkan mode berkelanjutan.

 

 

Dutch Sustainable Fashion Week

Fashion week ini di dirikan oleh Cecile Scheele pada tahun 2014, ia juga merupaka pemilik agensi fashion berkelanjutan Goodbrandz.Pertama kali mereka bekerjasama dengan Urgenda untuk memberikan perhatian khusus pada tema mode berkelanjutan. Tujuan: untuk membawa wirausahawan dan merek & desainer ke dalam kontak satu sama lain dan untuk memberikan wawasan kepada konsumen ke semua kemungkinan dan perkembangan. Acara ini telah berkembang sangat pesat dalam waktu singkat dan setiap tahun mitra kerjasama baru bergabung. Pada 2017 edisi keempat akan berlangsung dari 6-15 Oktober.

 

DSFW melihat keengganan dalam keberlangsungan industri fesyen, namun, ia bergantung pada kreativitas dan karakter inovatif dari desainer dan merek dari Fashion. Justru mereka memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mempercepat pasar yang berubah, ketika mereka mendapatkan platform yang tepat untuk ini. Melalui DSFW mereka membawa semua perusahaan, perancang dan organisasi yang tertarik bersama-sama dan menawarkan platform besar untuk membangkitkan kesadaran di kalangan konsumen.

 

Ambisi DSFW terdiri dari 3 pilar:

1.Meningkatkan antusiasme konsumen untuk generasi baru yang inovatif dari perancang mode dan menstimulasi perubahan permintaan pasar.

2.Menawarkan platform untuk desainer yang berkelanjutan dengan menghubungkan media, bisnis dan sektor lain agar saling mengenal.

3.Pengembangan bakat dan merangsang inovasi yang berkelanjutan

Demikian misi dari Dutch Sustainable Fashion Week yang telah selesai di adakan bulan lalu. Sampai jumpa di edisi fashion week tahun depan dengan misi yang tetap fokus meningkatkan kepedulian terhadap mode berkelanjutan.

 

dutch sustainable fashion week dutch sustainable fashion week dutch sustainable fashion week dutch sustainable fashion week

Bagikan ini: