0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Greta Ernman Thunberg atau Greta Thunberg yang lahir di Swedia pada tanggal 3  January 2003 adalah juru kampanye lingkungan dan influencer yang hebat. Dia dikenal karena memprakarsai pemogokan sekolah untuk gerakan iklim yang dibentuk pada November 2018 dan melonjak secara global setelah Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa pada bulan Desember ditahun yang sama.

 

Thunberg pada awalnya terlihat seperti sosok yang lemah dan kesepian ketika dia memulai pemogokan sekolah untuk iklim di luar gedung parlemen Swedia Agustus tahun lalu. Orang tuanya mencoba untuk mencegahnya. Teman sekelas menolak untuk bergabung. Orang yang lewat mengungkapkan belas kasihan saat melihat anak kecil  yang tak dikenal itu duduk di atas batu besar dengan spanduk yang dilukis dengan tangan.

 

Kini , spanduk “skolstrejk för klimatet”nya (pemogokan sekolah untuk iklim) telah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Dan, yang paling mencolok dari semuanya, ia tidak sendirian lagi dalam gerakan tersebut. Pemogokan iklim global yang di prakarsainya menjadi salah satu protes lingkungan terbesar di dunia yang pernah ada dengan di ikuti oleh lebih dari 71 negara di lebih dari 700 tempat.

 

Perjuangan Greta Thunberg Dalam Membela Lingkungan

Setahun yang lalu, hal ini tak terbayangkan. Saat itu, Thunberg adalah seorang introvert, bangun jam 6 pagi siap untuk berangkat ke sekolah dan pulang ke rumah jam 3 sore. “Tidak ada yang benar-benar terjadi dalam hidup saya,” kenangnya. “Aku selalu menjadi gadis yang tidak mengatakan apa-apa. Saya pikir saya tidak bisa membuat perbedaan karena saya terlalu kecil. ”

 

Dia tidak pernah seperti anak-anak lainnya. Ibunya, Malena Ernman, adalah salah satu penyanyi opera paling terkenal di Swedia. Ayahnya, Svante Thunberg, adalah seorang aktor dan penulis. “Aku terlalu banyak berpikir. Beberapa orang bisa membiarkan segalanya berlalu, tetapi saya tidak bisa, terutama jika ada sesuatu yang membuat saya khawatir atau sedih. Saya ingat ketika saya masih muda, dan di sekolah, guru-guru kami menunjukkan kepada kami film lautan plastik, beruang kutub yang kelaparan dan sebagainya. Saya menangis karena film tersebut. Teman-teman sekelas saya khawatir ketika mereka menonton film itu, tetapi ketika film itu berhenti, mereka mulai memikirkan hal-hal lain. Saya tidak bisa melakukan itu. Foto-foto tersebut tersangkut di kepala saya. ”

 

Greta Thunberg dan Perubahan Iklim

Sekitar usia delapan tahun, ketika dia pertama kali belajar tentang perubahan iklim, dia terkejut bahwa orang dewasa tampaknya tidak menganggap serius masalah ini. “Mereka hanya mengatakan padaku semuanya akan baik-baik saja dan setelah beberapa saat, mereka mulai mendengarkan apa yang sebenarnya saya katakan. Saat itulah saya sadar saya bisa membuat perbedaan.”

 

Ayahnya bahkan menjadi vegetarian karena argumennya dan merasa lega dengan transformasi putri mereka yang sebelumnya pendiam dan murung. “Selama bertahun-tahun, saya kehabisan argumen,” kata ayahnya. “Dia terus menunjukkan kepada kami film dokumenter, dan kami membaca buku bersama. Sebelum itu, saya benar-benar tidak tahu. Saya pikir kita sudah menyelesaikan masalah iklim namun dia mengubah kita dan sekarang dia mengubah banyak orang lain.”

 

Pemogokan iklim terinspirasi oleh siswa dari sekolah Parkland di Florida, yang keluar dari kelas sebagai protes terhadap undang-undang senjata AS yang memungkinkan pembantaian di kampus mereka. Musim panas lalu, setelah rekor gelombang panas di Eropa utara dan kebakaran hutan yang menghancurkan sebagian besar tanah Swedia hingga ke Kutub Utara, Thunberg memutuskan untuk melakukannya sendiri. Hari pertama adalah 20 Agustus 2018.

 

 

Dia menepati janjinya untuk mogok setiap hari sampai pemilihan nasional Swedia. Setelah itu, dia setuju untuk berpidato di depan ribuan orang pada rapat umum Iklim Maret.

 

“Aku tidak ingin kamu berharap. Aku ingin kamu panik. Saya ingin Anda merasakan ketakutan yang saya rasakan setiap hari. Dan kemudian saya ingin Anda bertindak, ”katanya kepada mereka. Tindakan Greta Thunberg telah mengilhami orang-orang muda lainnya untuk mengikuti di seluruh dunia.

 

greta thunberg greta thunberg greta thunberg

Bagikan ini: