0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Gwyneth Paltrow adalah aktris Amerika, penyanyi dan penulis yang gemar memberikan informasi berbau lingkungan. Tidak hanya soal lingkungan, wanita cantik berambut pirang ini juga sering kali terlibat dalam aktivitas sosial. Aktris kelahiran 27 September 1972 ini sering pula membuat tulisan tentang makanan. Melalui Goop, Gwyneth berusaha membuktikan komitmennya terhadap lingkungan dan kehidupan yang ramah lingkungan.

 

Gwyneth dilahirkan di Los Angeles, dari pasangan aktris Blythe Danner dan produser & sutradara film  Bruce Paltrow. Keluarganya cukup kental dengan dunia entertainment. Adiknya, Jake Paltrow, adalah seorang sutradara dan penulis skenario. Menjadi masuk akal karena keduanya memang dilahirkan dari orang tua yang keduanya berdarah seni.

 

Wanita cantik ini pertama kali memulai karir aktingnya dalam film televisi yang disutradarai oleh ayahnya sendiri berjudul High (1989). Setelah mempelajari penampilan ibunya selama beberapa musim panas, Ia mulai membuat menampilkan aksi panggung profesionalnya di Williamstown Theatre Festival di Massachusetts.

 

Karirnya sebagai aktris terus berlanjut meski sempat istirahat sejenak dari duia keartisan. Seiring dengan menjalani karir sebagai aktris, Gwyneth juga sering aktif dalam kegiatan sosial dan lingkungan. Ia dinobatkan sebagai duta organisasi Save the Children untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Hari Pneumonia Sedunia.

 

Perihal lingkungan, Gwyneth juga dikenal sebagai aktris yang cukup aktif melalukan aksi go green.  Pada bulan September 2008, Gwyneth meluncurkan sebuah buletin gaya hidup yang terbit dalam jangka waktu mingguan. Buletin tersebut bernama Goop, terdapat pula laman web dengan konsep yang sama dalam situs Goop.com.

 

Nama buletinnya cukup aneh didengar namun mudah diingat. Gwyneth memberi nama tersebut berdasarkan inisial namanya, G.P. Tidak ada makna khusus dari kata ‘Goop’ itu, Ia sengaja memilih kata yang tidak memiliki arti itu dengan tujuan untuk membuatnya menjadi berarti. Goop pun tumbuh semakin besar dan merambah sektor lain, seperti media iklan elektronik, kolaborasi dengan label fashion, membuka pop-up shop, menggelar KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) kesehatan, dan mencetak majalah.

 

Dalam situs web dan buletin Goop yang dibuat Gwyneth, artis cantik mantan tunangan Brad Pitt ini membagikan berbagai informasi seputar destinasi wisata, resep, teknik meditasi, detox, fashion, buku dan masih banyak lagi yang tidak jauh dari aksi go green.

 

Salah satu postingannya di tahun 2010 adalah mengajak para netizen untuk “sehari bebas daging”. Dalam hal ini, Gwyneth meminta bantuan temannya yang merupakan seorang vegetarian terkenal bernama Paul McCartney. Personil the Beatles ini memang dikenal sudah menjadi seorang vegetarian sejak tahun 1975.

 

Dalam postingan itu Gwyneth berpesan secara tersirat bahwa mencintai lingkungan harus dimulai dari diri sendiri, seperti menjadi seorang vegetarian atau vegan. Dengan begitu setidaknya mereka dapat mengurangi emisi karbon dan ini dapat berdampak baik terhadap lingkungan.

 

Berkat usahanya mengajak masyarakat untuk lebih ramah terhadap lingkungan, Gwyneth dianugerahi penghargaan dalam acara Environmental Media Association (EMA) Awards pada tahun 2015 lalu. Acara tersebut dibuat untuk mengapresiasi film atau episode-episode televisi terbaik yang memuat pesan lingkungan.

 

EMA Awards diselenggarakan oleh organisasi Environmental Media Association (EMA) yang mempunyai keyakinan bahwa televisi, musik, film, dan komunitas entertainment memiliki kekuatan untuk mempengaruhi kesadaran lingkungan jutaan orang.

 

Ini membuktikan bahwa Gwyneth tidak hanya sekadar berbicara, tapi memang benar-benar melakukan sebuah tindakan. Meskipun Ia tidak banyak terlibat dalam persoalan ramah lingkungan terkenal seperti beberapa selebriti lain, namun Ia menjalani kehidupan ramah lingkungan dalam kesehariannya. Aktris cantik ini sudah terbiasa hidup ‘hijau’ karena ibunya selalu memperhatikan isu-isu lingkungan dan kesehatan.

 

Menjalani kehidupan yang sadar lingkungan membuat Gwyneth juga ingin menurunkan kebiasaannya pada anak-anaknya. Baginya, jenis terbaik dari kehidupaan ramah lingkungan adalah dengan benar-benar menjalani kehidupan tersebut. Dengan dibuatnya Goop, masyarakat diharapkan dapat menjadi lebih sadar lingkungan seperti yang dilakukan oleh Gwyneth Paltrow.

 

gwyneth paltrow gwyneth paltrow gwyneth paltrow gwyneth paltrow

Bagikan ini: