0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Emma Watson, dikenal sejak perannya sebagai Hermione dalam film Harry Potter. Aktris cantik ini bernama lengkap Emma Charlotte Duerre, lahir pada 15 April 1990. Ia merupakan aktris, model, sekaligus aktivis berkebangsaan Inggris.

Lulusan Brown University jurusan Sastra Inggris ini ditunjuk sebagai duta UN, advokat lama dalam sustainable fashion. Emma bekerjasama dengan organisasi Eco Age, sebuah perusahaan konsultan merek yang didedikasikan untuk mengembangkan busana ramah lingkungan. Ia memang dikenal sebagai aktivis yang cukup aktif dalam menyuarakan isu gender dan sustainable fashion.

Emma Watson sudah aktif sejak lama dalam mempromosikan fashion ramah lingkungan. Saat mempromosikan film “Regression” pada 2015 silam, Emma mengenakan busana dari beberapa perancang yang mengusung metode produksi ramah lingkungan. Demikian pula saat menghadiri perhelatan Museum of Modern Art Film Benefit di Museum of Modern Art, New York City, AS pada 15 November 2016, Emma menggunakan gaun hitam ramah lingkungan. Acara ini digelar salah satunya sebagai ajang peghormatan untuk aktor Tom Hanks.

Pada acara tersebut, Emma berpenampilan edgy. Ia mengenakan gaun velvet hitam rancangan Kitx by Kit Willow. Label asal Australia ini memang dikenal selalu mengedepankan konsep fashion yang beretika, terutama dalam hal lingkungan. Bahan yang digunakan oleh label ini sebisa mugkin adalah material yang minim dampak kerusakan terhadap lingkungan. Mereka bahkan menggunakan material dari sampah-sampah lautan dan kancing berbahan botol daur ulang pada beberapa rancangannya.

Kampanye busana ramah lingkungan yang dilakukan oleh Emma juga berlanjut dalam proyek filmnya awal tahun 2017 lalu, “Beauty and the Beast”.  Ia menggunakan platformnya untuk menyuarakan isu sustainable fashion dengan membuat akun instagram baru, The Press Tour (@the_press_tour).

The Press Tour digunakan untuk mempromosikan film yang Emma bintangi tersebut, sekaligus diharapkan mampu mempromosikan sustainable fashion. Fashion ini mengusung konsep sustainable design yang mana produknya didesain dan diproduksi dengan mempertimbangkan lingkungan dan dampak sosialnya.

Akun The Press Tour dibuat dalam kerja sama Emma dengan stylistnya, Rebecca Corbin-Murray. Saat ini akun tersebut sudah memiliki follower sebanyak 521 ribu. Setiap postingan dalam akun tersebut memberi info penampilan behind-the-scene, keterangan detail pakaian yang dipakai Emma selama mempromosikan film “Beauty and the Beast”.

The Press Tour tersebut diharapkan mampu mendidik followernya untuk mempraktikkan sustainable fashion. Seluruh informasi yang tercantum dalam postingan di akun tersebut telah diverifikasi oleh Eco Age. Emma bersama stylistnya berusaha membuktikan bahwa gaun tidak harus berasal dari hewan dan fashion menurutnya bisa juga menggunakan bahan organik dan daur ulang.

Dalam salah satu postingannya, akun @the_press_tour mengunggah foto Emma yang mengenakan coat rancangan Stella McCartney, label mewah pertama di dunia yang berkomitmen untuk tidak menggunakan kulit dan bulu dalam produknya. Emma mengatakan bahwa Stella justru menggunakan bahan seperti kasmir dan kain daur ulang, katun organik, dan kain yang ramah lingkungan. Emma juga mengenakan jumper yang dirancang oleh Filippa K, brand asal Swedia yang konsisten menerapkan 4R, Reducing, Repairing, Reusing, dan Recycling.

Di foto lainnya Emma terlihat tampil feminin dengan atasan model bustierberbahan satin dan bordir bunga dengan ikat pinggang sutra organik warna merah besar dipadu celana wol organik. Rancangan tersebut merupakan bagian dari koleksi pertama fashion ramah lingkungan dari rumah mode Oscar de la Renta.

Masih banyak lagi postingan dalam akun @the_press_tour yang memberikan informasi detil outfit yang dipakai Emma dengan konsep ramah lingkungan. Wanita yang berperan sebagai Elle di film “Beauty and the Beast” ini memang berkomitmen untuk selalu menjadi pengguna bahan-bahan ramah lingkungan. Tata rias, kosmetik, aksesoris, hingga sepatu yang Ia pakai bebas dari kulit hewan dan bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan.

Emma mendapati minat dan perhatian ekstra terhadap gaya hidup yang sustainable ini dari pemikirannya saat masih kuliah dulu. Berangkat dari pertanyaan, “Mengapa para pelaku bisnis tidak pernah mau menerapkan pemberian upah layak bagi para pekerjanya?”. Dari situlah Emma Watson berjanji bahwa Ia akan terus mengupayakan adanya perubahan yang baik bagi industry fashion.

Semoga misi Emma Watson dan tim nya ini selalu mendapat sambutan baik di masyarakat. Fashion Emma ini juga bisa kamu tiru loh. Jadi bisa tetap tampil fashionable sekaligus turut serta menjaga lingkungan. Ibarat pepatah, sambil menyelam minum air.

 

Emma Watson Emma Watson Emma Watson

Bagikan ini: