0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Jeff Hong adalah seniman animasi yang berbasis di New York. Ia lahir dan dibesarkan di Los Angeles. Ia menggunakan kekuatan internet untuk menyebarkan pesan dari karyanya yang dinamakan project unhappily ever after. Ia berharap bisa mengubah cara sebagian orang menjalani kebiasaan hidup sehingga mereka bisa lebih bertanggung jawab demi keselamatan bumi.

 

Jeff Hong adalah penggemar berat serial Disney dan merasa sangat beruntung dapat bekerja sebagai seniman animasi di beberapa film Disney antara lain : Hercules, Mulan, Tarzan, dan New Groove sang Kaisar.

 

Jeff Hong memulai karirnya sebagai seniman storyboard animasi. Tepat setelah Ia lulus dari sekolah menengah, Ia dipekerjakan oleh Disney dan bekerja di sana selama empat tahun.

 

Motto Walt Disney yaitu di mana mimpi menjadi kenyataan telah Ia ubah dalam kampanyenya untuk menyadarkan masyarakat akan pencemaran lingkungan dimana-mana saat ini.

 

Apakah Anda pernah membayangkan apa yang akan terjadi pada beberapa karakter Disney yang sangat sempurna tersebut jika cerita mereka pada akhirnya tidak berakhir dengan “bahagia selamanya?”

 

Di dunia nyata, kehidupan tidak selalu berhasil dengan akhir yang sempurna dan bahagia. Dengan pemikiran ini, seniman cerita animasi New York, Jeff Hong, terinspirasi untuk mengubah sedikit hal dengan menafsirkan ulang karakter klasik seperti The Little Mermaid, Alice in Wonderland, dan Bambi.

 

Jeff hong menggambar beberapa karakter popular Disney yang berjuang melawan kondisi lingkungan yang saat ini makin menyedihkan. Ia mengingatkan bahwa saat ini kita semua sedang menghadapi perubahan iklim dan polusi.

 

Bisa dilihat dimana Ia menggambarkan putri duyung Ariel yang muncul dari laut yang kotor dan badan yang licin karena tumpahan minyak. Di gambarkan juga Cinderella yang sedang bersembunyi di gang kotor di malam hari dengan gaun pesta yang compang-camping.

 

Karakter Disney yang lain yaitu Mulan dipaksa untuk menutupi wajahnya yang cantik dan halus bagaikan porselen dengan masker mulut untuk menutupi saluran pernafasan saat Ia sedang berjalan di jalan-jalan yang berasap di China.

 

Karakter binatang Disney lain yang menggemaskan, yaitu Bambi nampak dipenggal dan berubah menjadi trofi dinding. Semua itu hanya beberapa contoh ilustrasi yang di harapkan dapat menyadarkan kita akan bumi yang makin rusak ini.

 

Seperti yang kita semua tahu, kita akan lebih mudah mengingat sesuatu dengan lebih baik jika ide tersebut mengejutkan kita. Ide yang menempatkan tokoh-tokoh Disney yang mengemaskan pada realitas kerusakan lingkungan dan penuh polusi pada akhirnya berubah menjadi protes yang disampaikan melalui ilustrasi.

 

Orang-orang biasanya memperoleh informasi melalui pesan singkat yang informatif. Jadi, apa yang bisa lebih berkesan daripada Little Mermaid yang sedang terengah-engah di pantai karena bintik-bintik minyak yang mencemari lautan? Atau Winnie the pooh diantara hutan yang ditebang, atau Elsa yang tidak bisa menghentikan pencairan es?

 

Melalui gambar-gambar yang cukup kontroversial ini, Jeff Hong berusaha membuat pernyataan lingkungan yang berani tentang kondisi bumi yang makin parah sehingga jika kita tidak melindungi bumi ini, dongeng seperti di cerita di Disney pasti tidak akan berakhir bahagia.

 

jeff hong jeff hong jeff hong jeff hong jeff hong jeff hong

Bagikan ini: