0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Kawah Ijen merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Keindahan kawah ini tak hanya dikagumi warga Indonesia, tetapi juga warga asing. Objek wisata ini telah dikenal luas oleh para wisatawan domestik dan asing karena memiliki pesona alam yang menakjubkan.

 

Pengakuan akan keindahan objek wisata ini oleh wisatawan asing dibuktikan dengan terpampangnya foto-foto pemandangan kawah di laman New York Post. Terdapat 14 foto tentang keindahan kawah yang dipamerkan dalam edisi online media cetak New York Post yang telah eksis sejak 1801 itu. Foto-foto tersebut diunggah pada penghujung September 2017 lalu dengan judul Mining The Devil’s Gold (menambang belerang).

Foto pemandangan kawah yang masuk dalam surat kabar itu merupakan karya Claudio Sieber, fotografer yang bermukim di Swedia. Ia menjadi terkenal karena hasil jepretannya sering menjadi langganan National Geographic. Foto-fotonya tentang Kawah Ijen pun disajikan dengan indah. New York Post menuliskan dalam lamannya, “Kawah Ijen di Indonesia, salah satu danau kawah asam sulfat terbesar di dunia.”

 

Tentang Kawah Ijen

Kawah ini menjadi wisata unggulan dari Banyuwangi. Lokasinya masuk dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen seluas 2.560 hektare, termasuk hutan wisata seluas 92 hektare. Cagar alam ini sebelumnya adalah bagian dari Negeri Blambangan. Namanya didapat dari sebuah peristiwa ketika Menak Jinggo menolak untuk mengakui kekuasaan Majapahit sehingga terjadilah perang antara kerajaan Majapahit dan Blambangan.

 

Kawah terluas di dunia ini pada tahun 1722 pernah dijadikan tempat persembunyian seorang pangeran dari Kerajaan Wilis saat bergerilya melawan VOC. Namun, pangeran tersebut akhirnya tertangkap. Tekstur tanahnya yang bergelombang dengan dikeliling hutan lebat membuat tempat ini sekilas tampak menakutkan.

 

Kawah indah ini dapat dijumpai di puncak Gunung Ijen di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl di atas permukaan laut dan merupakan gunung berapi yang masih aktif. Gunung Ijen terletak berdampingan dengan Gunung Raung dan Gunung Merapi.

 

Akses menuju kawah dapat ditempuh melalui dua jalur, yakni Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Paltuding menjadi daerah pertemuan antara dua jalur tersebut dan di sanalah pintu masuk ke lokasi kawah berada. Paltuding merupakan pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam) dengan area yang luas dan dilengkapi fasilitas yang cukup memadai, seperti tempat parkir, warung makanan, dan fasilitas umum (kamar mandi, toilet, dan musala).

 

Jarak dari Paltuding ke kawah adalah 3 kilometer, hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Medan pendakian berupa tanah berpasir dan batu halus dengan sudut kemiringan beragam, antara 10 sampai 35 derajat.

 

Keindahan Kawah Ijen

Objek wisata ini berbentuk seperti danau besar yang berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang yang menghasilkan paduan kecantikan tiada tara. Udara dingin di sekitarnya menambah sensasi tersendiri dengan suhu 10o C, bahkan bisa mencapai 2o C.

 

Di kawah ini terdapat fenomena alam lain yang tak boleh terlewatkan dan tak kalah indahnya, yaitu Blue Fire atau Api Biru. Fenomena itu muncul di tengah-tengah penambangan sulfur, hanya terlihat pada dini hari hingga menjelang pagi hari sekitar pukul 05.00 WIB. Adapun waktu yang tepat untuk menikmati keindahan fenomena itu adalah sekitar pukul 02.00 WIB hingga 03.00 WIB.

 

Blue Fire termasuk fenomena langka karena hanya ada dua di dunia, yaitu di Ijen dan Islandia. Inilah yang menambah daya tarik para wisatawan, terutama turis asing. Mereka yang berkunjung tak akan merelakan kesempatan melihat keberadaan si api biru.

 

Kawah ini memiliki banyak kelebihan, tetapi ada juga kekurangannya. Fasilitas yang disediakan di sana sudah sangat cukup memadai, akses jalan pun sudah bagus. Sayangnya, tidak ada fasilitas kesehatan dan keamanan kendaraan pengunjung kurang terjaga. Selain itu, kebersihan kawah ini juga perlu diperhatikan karena banyak sampah berserakan yang mengotori lingkungan dan keindahan kawah.

 

Kesadaran itu datangnya dari diri setiap masing-masing individu. Mulailah dengan membuang sampah pada tempatnya sehingga tidak mengotori lingkungan sekitar di manapun berada. Mari kunjungi objek wisata Kawah Ijen yang luar biasa indah ini dan jaga kebersihannya.

 

Ijen Crater Kawah Ijen Ijen Crater Kawah Ijen Ijen Crater Kawah Ijen Ijen Crater Kawah Ijen Ijen Crater Kawah Ijen

Bagikan ini: