0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Rumah penyu di Jeen Womom adalah kawasan perlindungan terbaik untuk penyu. Kawasan ini terletak di Pantai Jeen Womom, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat. Kabupaten Tambrauw ini menjadi potensi unggulan di bidang sektor pariwisata, karena ada berbagai macam destinasi wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah dan wisata budaya dengan adanya sisa-sisa peninggalan sejarah Perang Dunia II.

 

Untuk wisata alam khususnya pada wisata bahari, Kabupaten Tambrauw memiliki Pantai Jeen Womom.

 

Pantai Jeen Womom adalah pantai terindah di dunia. Banyak yang mengatakan pantai ini lebih indah dari pada pantai-pantai yang ada di Bali, Lombok, Sulawesi, Banyuwangi, Nusa Tenggara Timur, bahkan Pantai Great Barrier Reff di Australia, Gold Coast di Amerika atau Borocay di Philipina.

 

Pantai ini cukup luas, sisinya lebar dan panjang sehingga batas ujung pantai tidak dapat tertangkap oleh mata biasa. Pantainya memiliki pasir yang sangat halus, berwarna putih dan diselingi butiran pasir menyerupai kristal, mirip dengan pasir Pantai Kuta, Lombok.

 

 

Salah satu sisi perairan pantai ini merupakan perbatasan dari Samudra Pasifik yang jernih dan membiru. Sisi lainnya, hamparan laut lepas tepat di kaki bukit hutan perawan yang hijau dan natural.

 

Banyak sekali perpaduan dan harmoni alam di pantai ini, terlihat dari pantulan sinar matahari yang menimpa permukaan laut dengan atap langit yang biru bersih serta suara deburan ombak yang dipadu dengan suara burung endemis Papua.

 

Malam harinya terlihat keindahan cahaya bulan yang memantul di atas permukaan laut, diiringi suara deburan ombak pantai, dan dipadu suara rusa, babi hutan dan kangguru yang lalu lalang di pantai ini untuk mencari makan.

 

Selain memiliki keindahan alam yang luar biasa, pantai ini sudah resmi dijadikan tempat peneluran Penyu Belimbing terbesar di dunia. Penyu-penyu ini berkembang biak secara baik di pantai ini karena nuansanya masih sangat alami, belum terjamah oleh tangan-tangan jahil manusia, dan juga memiliki jenis pasir halus sangat yang cocok untuk penyu sehingga tempat ini sangat disukai oleh Penyu Belimbing untuk bertelur di tempat ini.

 

Penyu Belimbing adalah jenis binatang langka yang harus dilindungi. Biasanya penyu-penyu ini datang dengan sendirinya ke Pantai Jeen Womom ini pada saat ingin bertelur. Melihat hal tersebut, WWF (World Wildlife Fund) Kabupaten Tambrauw, Papua, mengelola dengan baik dan menjadikan daerah tujuan wisata yang menarik karena terkenal dengan Penyu Belimbingnya.

 

Tidak hanya ada Penyu Belimbing, tetapi di pantai ini juga terdapat jenis penyu lainnya, seperti Penyu Lekang, Penyu Hijau, dan Penyu Sisik. Setiap tahunnya pantai ini dikunjungi oleh pencinta lingkungan hidup dan juga para peneliti dari berbagai negara di dunia.

 

Sarana dan prasarana Pantai Jeen Womom ini belum tersedia sehingga potensi keindahan alamnya masih sangat natural dan belum banyak dimanfaatkan. Cara paling mudah dan satu-satunya agar bisa langsung ke pantai ini dengan menyewa perahu atau speed boat.

 

 

Kabupaten Tambrauw juga memiliki potensi sebagai kawasan lingkungan hidup untuk flora dan fauna. Dengan adanya Taman Nasional Laut Pesisir Pantai Jeen Womom dan juga kawasan cagar alam lainnya, daerah ini memiliki keunikan dan mempunyai perbedaan tersendiri dan juga dapat dikatakan sebagai tempat yang sangat langka di dunia karena kealamian daerahnya.

 

Rumah penyu di Jeen Womom memang belum diperkenalkan atau dipromosikan ke mancanegara karena terkendala sarana dan prasarana yang ada. WWF Indonesia berharap agar pemerintah di dalamnya serta masyarakat dari luar ikut bekerjasama dalam upaya pelestarian dan pengembangan masyarakat, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan potensi kekayaan alamnya dengan baik dan benar.

Rumah Penyu di Jeen Womom Rumah Penyu di Jeen Womom Rumah Penyu di Jeen Womom Rumah Penyu di Jeen Womom Rumah Penyu di Jeen Womom Rumah Penyu di Jeen Womom

Bagikan ini: