0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Lima tempat wisata alam di Tomohon yang perlu Anda kunjungi. Wilayah Indonesia bagian timur ini menyimpan sejuta alam bagaikan di negeri dongeng.  Kota ini diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Lokon dan Gunung Mahawu yang membuat Kota Tomohon semakin indah dan sejuk.

Iklim yang sejuk inilah membuat beraneka ragam hayati tumbuh dengan subur. Jenis flora yang berhasil ditemukan diantaranya adalah ficus minahassae, nepenthes masarangense, dan schefflera actinophylla, sedangkan fauna adalah bufo celebensis (katak bertanduk).

Pemerintah Sulawesi sudah berusaha mengembangbiakan bufo celebensis dan untuk tamanan langkanya yang telah disemaikan di persemaian Yayasan Masarang yang nantinya akan dibuat kebun raya baru.

Kebun raya baru ini juga diharapkan menjadi fasilitas pendidikan lingkungan hidup serta menjadi objek ekowisata untuk turis lokal maupun mancanegara. Selain itu ada lima tempat wisata alam yang masih terjaga kealamiannya dan perlu di kunjungi.

 

  1. Danau Linow, Lahendon

Memang banyak yang belum mengetahui keberadaan danau cantik ini. Kata linow berasal dari bahasa Minahasa yaitu lilinowan, yang artinya berkumpulnya air.

Danau ini memiliki warna-warna indah dan selalu berubah-ubah. Warna yang dikeluarkan antara lain warna hijau, biru, hingga kuning kecoklatan. Danau ini diapit oleh bukit-bukit dan pohon-pohon yang sangat rimbun .

Danau ini hanya menyajikan keindahan dari luarnya, karena air yang terkandung di dalam danau masih menyimpan zat belerang yang tinggi sehingga bagi siapapun dilarang untuk berenang di danau ini.

Untuk sampai ke danau ini  kita bisa menuju terminal bus di Kota Tomohon dan pilih tujuan Danau Linow, perjalanan ini hanya memakan waktu kurang lebih setengah jam.

Danau Linow Lahendon

Danau Linow Lahendon

 

  1. Bukit Doa, Tomohon (Prayer Hill of Tomohon)

Tersedia berbagai macam objek wisata di Tumohon, salah satunya objek wisata rohani yang dinamakan Bukit Doa, Tomohon. Bukit Doa ini berada di daerah

Berfungsi sebagai tempat ibadah dan tempat memanjatkan doa, jadi tidak heran kalau tempat ini sangat terjaga kebersihannya, indah, dan juga tenang. Tempat ini juga sangat dekat dengan Danau Linow, hanya butuh waktu setengah jam perjalanan.

Bukit Doa, Tomohon

Bukit Doa, Tomohon

 

  1. Puncak Tetetana, Kumelembuai

Puncak Tetetana terletak di Kumelembuai. Udara yang sejuk dan pemandangannya yang indah membuat kita kita seperti berada di negeri atas awan. Dari atas puncak bukit terhampar luas alam karya Sang Pencipta.

Dari atas kita bisa melihat dengan jelas hamparan biru langit dan awan-awan yang mengelilingi puncak bukit, serta laut yang terbentang luas, hutan dengan pohon-pohon yang rimbun, sawah, dan juga perkebunan sayur. Untuk sampai ke tempat ini kita bisa menuju terminal bus di Kota Tomohon dan pilih tujuan Kumelembuai dan kurang dari 30 menit telah sampai di tempat tujuan.

Puncak Tetetana, Kumelembuai

Puncak Tetetana, Kumelembuai

 

  1. Air Terjun Tumimperas, Pinaras

Jika Anda bosan dengan wisata alam pantai, danau atau pegunungan tidak salahnya untuk berkunjung ke Air Terjun Tumimperas, Kelurahan Piranas, Tumohon Selatan.

Akses jalanan yang ditempuh tidak terlalu sulit, kita hanya perlu menuruni anak tangga dengan jarak 100 meter dari perkampungan Pinaras. Saat tiba di lokasi tujuan, kita akan disuguhkan pemandangan menakjubkan dari atas air terjun yang suara air yang cukup menderu.

Nuansanya masih sangat alami, udaranya sejuk, dan di sekeliling ditumbuhi pepohonannya rindang yang menambah indah suasana di lokasi air terjun ini.

Selain untuk tempat wisata, lokasi air terjun ini sering dipakai untuk berbagai kegiatan, seperti lomba antar dusun, tempat ibadah atau retreat, bahkan tempat ini juga sering dipakai oleh TNI (Tentara Nasional Indonesia) untuk latihan perang seperti memanjat dan menuruni air terjun.

Air Terjun Tumimperas, Pinaras

Air Terjun Tumimperas, Pinaras

 

  1. Desa Rurukan

Desa Rurukan terletak di Tumohon Timur. Desa ini merupakan kawasan argowisata yang memiliki keindahan tiada duanya. Sejauh mata memandang pekarangan bunga dan perkebunan sayur bagaikan permadani yang berwarna-warni sehingga dapat menyejukkan mata. Berbagai tanaman tumbuh dengan subur karena letak geografisnya yang berada di dataran tinggi dan tepat di kaki Gunung Mahawu. Jika berjalan sedikit ke atas bukit juga terlihat jelas Danau Tondani, Gunung Klabat dan Selat Lembah.

Keindahan Tomohon memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan ekonomi masyarakatnya dengan terus mengembangkan dan membenahi segala fasilitas pendukungnya. Selain itu penanaman pohon yang dilakukan secara rutin oleh penduduk kotanya juga membantu untuk membantu melestarikan lingkungannya. Lima tempat wisata alam di Tomohon ini menjadi tujuan wisata alam yang sangat indah dan perlu di kunjungi.

Desa Rurukan

Desa Rurukan

Bagikan ini: