0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Omkara Resort Yogyakarta adalah sebuah penginapan ramah lingkungan yang memiliki konsep menyatu dengan alam. Penginapan ini terletak di Jalan Balong, Donoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Resort ini dibangun oleh David Mark Willes, warga Amerika yang kini sudah berpindah kewarganegaraan menjadi warga Indonesia.

 

David sangat menginginkan kedamaian dan ketenangan untuk para tamu yang menginap ke resort-nya ini. Ia memilih nama Omkara karena kata tersebut diambil dari bahasa Sanskerta yang artinya kedamaian. Pada askara agama Hindu pengucapan “Om” juga berfungsi untuk membersihkan diri dan pikiran pada saat bersatu dengan Dewa Brahma (dewa pencipta alam semesta).

 

 

Sebelum menjadi resort, Omkara adalah tempat tinggal David dan keluarganya. Melihat perkembangan pariwisata yang semakin meningkat di Indonesia terutama di daerah Yogyakarta, David langsung ingin berinvestasi pada bidang properti khusus akomodasi penginapan. Pada tahun 2013, rumah miliknya itu resmi diubahkan fungsi menjadi penginapan yang dibuka untuk umum.

 

Menurut kebanyakan orang, Malioboro adalah tempat wajib untuk dikunjungi karena letaknya yang strategis. Namun, banyak yang belum tahu bahwa ada surga yang tersembunyi di daerah Yogyakarta, tepatnya di Omkara Resort.

 

Bagi Anda yang tinggal di luar Pulau Jawa, dan menggunakan jalur udara pilihlah tujuan Bandara Adi Sucipto. Dari bandara, Anda bisa memilih transportasi taxi untuk sampai ke desa Donoharjo, perjanalan ini hanya butuh perjalan kurang lebih setengah jam.

 

Sesampainya di gapura yang bertuliskan “Desa Donoharjo”, Anda masih harus menempuh perjalanan sejauh 5 kilometer dari jalanan besar untuk sampai ke Omkara Resort.

 

Dalam perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan sawah-sawah bagaikan gelaran karpet hijau yang tertata rapi, suara gemericik air pegunungan yang mengalir, wangi dedaunan yang langsung menyeruak dan hawa udara sejuk langsung terasa di kulit.

 

Sesampainya di Jalan Balong, Anda akan memasuki jalan agak kecil  dan langsung di sambut dengan gapura batu yang bertuliskan “Omkara Resort Yogya”. Resort ini menduduki lahan seluas 6000 persegi yang terletak di daerah terpencil jauh dari pemukiman warga, bahkan tempat ini sangat cocok untuk Anda jika ingin melepas penat hiruk pikuk kehidupan kota.

 

Ketika memasuki pintu gerbang bergaya Bali, nuansa sunyi dan tenang sangat amat terasa. Beberapa anak tangga yang menurun langsung mengarahkan pandangan Anda ke taman tropis yang hijau. Di sana juga ada patung-patung bergaya artistik dan juga ada kolam air mancur yang menambah kesan cantik.

 

Bangunan di resort ini sama sekali tidak mengubah kontur asli dari permukaan alam. Bahkan sang pemilik mengaku, berupaya seminim mungkin melakukan penebangan pada saat pembangunan berlangsung, karena Ia berusaha menjaga kelestarian lingkungan dengan cara tidak merusaknya.

 

Seluruh bangunan dan kamar bernuansa Jawa memiliki atap sirap kayu ulin dan menggunakan genteng yang terbuat dari tanah liat. Semua ruangan tidak menggunakan pendingin udara (AC), Anda cukup membuka jendela kamar untuk mendapatkan udara sejuk dari luar.

 

Dari jendela kamar Anda akan melihat serta mendengar gemericik air yang mengalir di sungai  dan juga terlihat air terjun mini buatan yang terdiri dari batuan.

 

Hampir semua furniture berbahan kayu, bahkan supaya pengunjung puas menikmati alam sang pemilik tidak menyediakan elektronik apapun pada penginapan ini. Namun Omkara Resort kini sudah menyediakan televisi dan wifi sebagai fasilitas tambahan.

 

Setiap kamar mempunyai penutup kerai bambu pada setiap balkonnya, dan kamar-kamar dipisahkan oleh taman. Di sana juga terdapat kolam renang yang berukuran sedang, di sekililing kolam renang terdapat berbagai tanaman dan pohon yang tumbuh secara alami, seperti pohon melinjo, pohon jambu, pohon kelapa dan pohon buah-buahan lain.

 

Tidak jauh dari kolam renang, Anda akan menuruni area bawah, di area tersebut terdapat sungai kecil yang memang mengelilingi area pemukiman resort yang airnya mengalir langsung dari kaki Gunung Merapi.

 

Untuk menu makanan terdapat makanan masakan Jawa. Bagi Anda yang vegetarian juga tersedia menu oseng sayuran dan olahan sayur lainnya. Tidak hanya menyajikan berbagai makanan lezat, resort ini juga menyediakan berbagai aneka minuman salah satunya minuman yang terbuah dari buah kawista, rasanya asam namun segar di tenggorokan, minuman ini dipercaya berkhasiat untuk mengobati diare dan disentri.

 

Tidak hanya menyediakan restoran, spa, bar, dan juga kolam renang. Omkara Resort juga memiliki tempat khusus untuk membuat tempe. Tidak hanya itu saja resort ini menyediakan gerobak sapi untuk Anda tumpangi jika ingin berkeliling desa.

 

Dengan memiliki tagline “The Pursuit Of Paradise”, David berusaha menciptakan surga dunia yang tenang, nyaman, asri, sejuk dan damai. Omkara Resort Yogyakarta bisa menjadi contoh yang baik untuk penginapan dengan cara tidak banyak mengubah kondisi alam.

 

Omkara Resort Yogyakarta Omkara Resort Yogyakarta Omkara Resort Yogyakarta Omkara Resort YogyakartaOmkara Resort Yogyakarta Omkara Resort Yogyakarta

Bagikan ini: