0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Maria testino yang merupakan seorang model, desainer dan juga aktivis lingkungan telah mencoba membuat kita berpikir dan menjawab pertanyaan bagaimana kita dapat mengkonsumsi dengan tetap peduli kepada dampak lingkungan ?  Setelah lulus dari jurusan marketing fesyen di Sekolah Seni dan Desain Parsons, New York, ia berusaha menciptakan merek yang menggabungkan kecintaannya pada seni dan fashion. Hasilnya adalah Point Off View, yang memiliki koleksi kapsul yang masing-masing dirancang secara unik oleh seniman yang berbeda.

 

Sekitar dua tahun yang lalu ia memulai kampanye seperti #OneDressToImpress, #CarryOnSummer dan #YellowLikeALemon untuk memprotes eksploitasi alam, tetapi juga menawarkan solusi kreatif namun sederhana tentang bagaimana mengubah hubungan kita dengan dunia mode. Dengan proyeknya saat ini, #WeSeaThrough, ia membuat kita sadar akan ancaman yang tak terlihat ke lautan dunia yaitu plastik mikro.

 

Menurut Testino, fashion adalah cara ekspresi artistik dan sosial. Industri mode kreatif dapat mengganggu, menginspirasi dan berpengaruh tergantung bagaimana mengaplikasikannya. Dari segi produksi, fashion terutama “massal, cepat dan murah” menghasilkan jumlah limbah yang mengkhawatirkan. Ketika kita mulai menggali ini, kita akan menyadari bahwa perubahan kecil dalam pilihan konsumen bisa jauh dalam memberikan dampak pada lingkungan. Tapi jangan salah, kita tidak perlu menyingkirkan tren, bahan bagus atau produk mewah, kita hanya perlu mengubah cara mereka diproduksi. Dengan kata lain, pikirkan kembali praktik konsumerisme dan produksi dalam industri fesyen dan buat industri itu melingkar. Ini perjalanan yang panjang, tetapi tidak ada planet B jadi kita harus mulai sekarang, demikian ia menegaskan.

maria testino

Dua Proyek Unik dari Maria Testino

#YellowLikeALemon dan #OneDressToImpress adalah dua dari inisiatif mengenai konsumerisme yang dimulai sebagai tantangan pribadi.

 

#OneDressToImpress adalah hasil percakapan Testino dengan temannya Danilo, ia mengeluh tentang perlunya mengganti pakaian sepanjang Fashion Week dan Danilo menantangnya untuk mengenakan setelan merah yang ia kenakan malam itu selama seminggu. Testino lalu memutuskan untuk melakukannya selama dua bulan berturut-turut. Hal tersebut membuatnya tersadar bahwa kita tidak membutuhkan banyak pakaian, cukup kreatif. Ia ingin menunjukkan kepada orang-orang bahwa it’s okay untuk mengulangi memakai pakaian, dan pada akhirnya tidak ada yang peduli.

 

#YellowLikeALemon juga dimulai sebagai tantangan untuk menunjukkan bahwa fashion yang berkelanjutan tidak “membosankan, polos, atau sederhana” dan menunjukkan bahwa hal tersebut bisa menyenangkan, penuh warna dan mewah. Tantangan ini dimulai selama Paris Fashion Week, jadi Testino tidak hanya membuat pernyataan fashion tetapi juga mengenai berkelanjutan. Testino menunjukkan kepada industri bagaimana ia  bisa menemukan semua pakaian kuning yang berkelanjutan selama seminggu penuh dan bisa beradaptasi dengan setiap kode pakaian. Jika kita semua melakukan sedikit usaha, kita semua dapat menjadi bagian dari industri luar biasa ini dan membuat pilihan yang lebih berkelanjutan.

maria testino

Maria Testino dan Proyek barunya #WeSeaThrough.

#WeSeaThrough adalah kampanye kesadaran non-komersial yang menyelidiki penyebab tersembunyi dan efek plastik mikro di laut, tetapi yang paling penting, adalah pencarian solusi. Dalam setiap pakaian sintetis mengeluarkan plastik setiap kali seseorang menggunakan / mencuci, dan serat mikro ini berakhir di lautan kita. Ini sangat membahayakan mengingat 60% dari semua pakaian dunia dibuat dengan serat sintetis. Serat mikro ini sangat berbahaya karena tidak dapat dikumpulkan, ditambah dengan pemberian dan penyerapan sejumlah bahan kimia yang tidak sehat.

 

Testino ingin menyampaikan ke konsumen untuk menjadi konsumen yang sadar, gunakan barang-barang yang benar-benar Anda sukai dan tahan lama. Jangan lakukan itu untuk gambar, lakukan untuk planet ini. Selama #YellowLikeALemon ia telah menciptakan 4S tentang Mode Berkelanjutan.

  1. Sederhanakan
  2. Bagikan (atau Sewa)
  3. Pasar Sekunder
  4. Bersumber secara berkelanjutan

Keempat pilar ini dapat membuat lemari pakaian lebih berkelanjutan tetapi pada saat yang sama Anda memiliki kemungkinan untuk mengenakan apa pun yang Anda inginkan dan berganti pakaian sebanyak yang Anda inginkan tegas Maria Testino .

 

maria testino

Bagikan ini: