0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Safia Minney adalah seorang pengusaha sosial dan penulis asal Inggris. Wanita cantik berambut hitam berdarah campuran Swiss dan Mauritian ini lahir di Inggris pada tahun 1964. Ia adalah pendiri People Tree, sebuah label fashion yang mempelopori sustainable dan Fair Trade  fashion yang memiliki misi untuk menyediakan pakaian cantik untuk pelanggannya. Safia Minney juga dikenal sebagai seorang pembicara dan campaigner Fair Trade, juga ethical fashion.

Awalnya Safia tidak langsung terjun dalam bisnis clothing People Tree. Ia memulai karir sebagai seorang karyawan marketing dan penerbit. Dia bekerja di kantor majalah Creative Review selama empat tahun dan di tempat itulah Safia mengembangkan passionnya dalam bidang kreativitas dan komunikasi. Ia menjadi sangat bersemangat pada penggunaan kehebatan komunikasi untuk kebaikan sosial dengan meningkatkan kesadaran sosial dan isu-isu lingkungan.

Ketertarikannya pada lingkungan semakin bertambah setelah Safia melakukan solo backpacking selama tiga bulan di Bali dan Myanmar. Sepulangnya dari sana, Safia mendirikan usahanya sendiri yang bergerak di bidang konsultan pemasaran sosial bekerja sama dengan New Statesman dan Friends of the Earth. Sejak kepindahannya ke Tokyo, Jepang, pada tahun 1990 bersama suaminya, Safia mulai mempelajari bahasa Jepang sebelum akhirnya bekerja di perusahaan penerbitan, Amnesty International lalu pindah ke the Body Shop.

Perjalanan karirnya kemudian berlanjut di Jepang. Safia merasa ada kesempatan untuk memperluas kesadaran lingkungan dan Fair Trade di Jepang. Ia lalu memulai Global Village, sebuah kampanye lingkungan dan peningkatan kesadaran kelompok sukarela di rumahnya. Gerakan tersebut berfokus pada semua aspek sustainable living.  Dari kelompok tersebut, yang terdiri dari pelajar dan teman-temannya, Safia mulai memproduksi dan meluncurkan organic listings – informasi tentang ‘kehijauan’ yang diyakini Safia dibutuhkan oleh orang-orang untuk menjalani hidup dengan lebih bergaya sustainable.

Bersama timnya, Safia Minney mula mendesain dan menjual produk Fair Trade di berbagai festival yang ada di Jepang dan mulai mendapat permintaan dari para stockist. Pada tahun 1995 Fair Trade Company dibentuk sebagai perusahaan terbatas dengan memindahkan aktivitas perdagangan Global Village ke perusahaan baru. Sebuah toko dibuka di daerah Jiyugaoka yang terkenal fashionable dan pada tahun 1996 Ia menjadi anggota WFTO, World Fair Trade Organization.

Selama sembilan tahun Safia Minney menjalankan Fair Trade Company dari rumahnya yang kian lama memakan tempat lebih banyak dibanding keluarganya. Seiring dengan semakin banyaknya jumlah permintaan dan penjualan yang meningkat, pada tahun 2000 perusahaan Safia tersebut sudah berkembang menjadi 17 orang anggota karyawan yang mencoba mengkoordinasi pembuatan katalog, penjualan ke 500 toko, event dan campaign. Saat itu lah Safia memutuskan untuk membuka sebuah kantor komersial dan pada tahun 2000 pula People Tree dibentuk. Nama tersebut didaftarkan sebagai label dari Fair Trade Company.

DNA dari People Tree adalah didasari pada kampanye sistem perdagangan lebih baik yang mempertimbangkan hak asasi manusia dan inovasi lingkungan dalam produksinya. People Tree merupakan perusahaan pertama yang memiliki pakaian bersertifikat yang dibuat di negara berkembang. Mereka berkomitmen untuk memberdayakan kaum tidak mampu, melindungi lingkungan, dan mengubah dunia menjadi lebih baik.

Safia meyakini bahwa rahasia keberlanjutan dan kesejahteraan dalam masyarakat ada pada petani dan pekerja yang ada di dunia berkembang – bersama orang-orangnya – bukan pada perusahaan besar terlebih lagi perusahan gadungan. Ia juga berpendapat bahwa sintetis adalah bahan berbahaya bagi lingkungan karena proses biodegradasinya membutuhkan waktu ratusan tahun.

Bagi Safia, bekerja dalam gaya sustainable adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Ia dapat bekerja secara teliti dengan produsen Fair Trade, melihat material sustainable dan tehnik-tehnik pembuatan yang ramah lingkungan. Ia percaya bahwa perubahan adalah sesuatu yang perlu terjadi baik bagi individu maupun kelompok. Setiap orang harus bertanggung jawab terhadap apa yang mereka beli dan dimana mereka membelinya. Menurutnya, hal ini juga penting untuk diketahui oleh orang-orang sekitar.

Pada suatu wawancara yang dilakukan oleh Safia Minney, Ia mengatakan bahwa peduli terhadap lingkungan adalah sesuatu yang keren untuk dilakukan. Jika Anda ingin menjadi salah satu dari orang yang keren, maka jangan ragu untuk mulai peduli pada lingkungan, salah satu caranya adalah dengan mengubah fashion Anda menjadi lebih sustainable.

 

safia minney safia minney

Bagikan ini: